Alasan Utama Kenapa Kita Menjadi Tua dan Solusi Mencegah Penuaan Dini

solusi mencegah penuaan secara alami 

Pernahkah anda berpikir tentang penuaan atau menjadi tua? Pastinya pernah bukan? Topik tentang penuaan biasanya sering dipikirkan semua orang, termasuk anak-anak muda.. meskipun dalam pikiran anak-anak muda berbeda kasusnya dan biasanya lebih ke arah sudut pandang yang positif seperti menjadi lebih mandiri, menyetir kendaraan sendiri, memiliki rumah sendiri, berkeluarga, dll.

Seringkali, semakin kita bertambah tua, semakin topik mengenai "penuaan" menjadi cenderung ke arah negatif. Ya, saat ini ilmu pengetahuan dan obat-obatan masih terus berusaha keras untuk menciptakan bagaimana caranya agar orang-orang dapat terus hidup lebih lama dan lebih sehat. Yuk coba kita lihat salah satu caranya..

Jika anda tidak suka matematika, jangan khawatir. Anda akan memahami persamaan berikut ini pada akhir penjelasan artikel, terus saja baca:

<level serum bikarbonat = > diet yang bersifat asam

> diet yang bersifat asam = > resiko terkena penyakit

 Mari kita lihat satu persatu persamaan tersebut, kemudian nanti akan kita gabungkan bersama:

1. Serum (darah) bikarbonat

bikarbonat

Salah satu komponen darah adalah bikarbonat (HCO3). Jika anda suka membuat kue atau roti, maka anda tak akan asing dengan yang namanya sodium bikarbonat (alias baking soda). Sodium bikarbonat biasanya juga merupakan obat untuk masalah sakit perut. Beberapa pil antasida masih memiliki "karbonat" sebagai salah satu bahannya. Sama pula dengan yang terjadi di dalam darah kita, bikarbonat berperan sebagai antasida.

 

2. Level serum bikarbonat dan diet yang bersifat asam

Ketika sel-sel di dalam tubuh kita bekerja, mereka akan memproduksi limbah. Limbah ini sifatnya asam. Ketika tubuh berfungsi secara normal, limbah ini akan dibuang keluar dari tubuh kita. Sederhananya, tugas utama untuk serum bikarbonat adalah untuk menjaga agar darah kita tidak terlalu asam. Bikarbonat akan menetralisir asam di dalam darah kita, sehingga pH darah akan tetap dijaga pada level yang benar yaitu pada kisaran 7.35 - 7.45, dan limbah-limbah asam dibuang dari tubuh.

Ketika tidak tercukupinya bikarbonat, darah tak dapat mengatur untuk melakukan pembuangan limbah secara benar. Kelebihan asam ini akan terakumulasi di dalam tubuh dalam bentuk kolesterol, asam lemak dan asam urat, serta batu ginjal. Dengan kata lain, terlalu sedikitnya serum bikarbonat dalam darah artinya ada terlalu banyak asam dalam tubuh.

lynda frassetto penurunan bikarbonat seiring usia 

Dr. Lynda Frassetto merupakan seorang peneliti, internis dan spesialis ginjal di UCSF Medical Center, Amerika. Penelitiannya menunjukkan bahwa secara umum, semakin kita bertambah tua, level bikarbonat dalam darah kita akan semakin menurun. Hal ini menyebabkan level asam di dalam tubuh kita meningkat, sehingga mengakibatkan metabolik asidosi level rendah.

 

3. Diet Asam dan Resiko Terkena Penyakit

diet asam

Seperti yang diutarakan di atas, asam yang berlebihan di dalam tubuh kita disebut asidosis. Penelitian tentang asidosis menunjukkan, dan terus menunjukkan, bahwa asidosis sering diasosiasikan dengan terjadinya penyakit. Dengan kata lain, semakin banyak tingkat asam di dalam tubuh, semakin mudah bagi penyakit untuk berkembang. Masalah-masalah kesehatan seperti sindrom metabolik, osteoporosis, lebih rentan terpapar racun pada lingkungan, dan juga kanker merupakan contoh masalah asidosis alias berlebihannya sifat asam dalam tubuh. Beberapa contoh efek negatif lain dari asidosis berdasarkan penelitian adalah masalah pada ginjal dan fungsi kognitif (otak) yang memburuk.

 

Secara keseluruhan, level bikarbonat yang benar dalam darah dapat membantu kita untuk menjadi sehat lebih lama.

Beberapa peneliti mulai berpikir dengan cara yang baru. Mereka mengatakan "Alih-alih mengatakan bahwa berkurangnya bikarbonat darah merupakan HASIL dari penuaan, kemungkinan situasi inilah yang merupakan PENYEBAB terjadinya penuaan. Jikalau demikian, apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar level bikarbonat darah tetap normal untuk jangka waktu yang lebih panjang?"

Dengan kata lain, bagaimana kita memerangi trend alamiah ke arah asam atau bagaimana cara kita menjaga agar tubuh lebih ke arah alkali?

 

Lakukan Hal-Hal Ini Untuk Memperlambat Proses Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Makanan dan Pola Diet

makanan sehat alkali

Beberapa data menunjukkan bahwa diet alkali berguna bagi tubuh yang dapat mengurangi resiko penyakit. Sekarang mari kita lihat bagaimana makanan yang kita konsumsi dapat berpengaruh pada tingkat keasaman tubuh.

Pastinya kita pernah mendengar sesuatu seperti "ayo bakar kalori!". Hal tersebut karena tubuh membakar makanan untuk mendapatkan energi. Ibarat seperti api yang membakar, maka akan ada abu yang tersisa. Tergantung dari komponen makanan yang dikonsumsi, akan ada abu yang tersisa, entah itu asam, netral atau alkali. Teorinya adalah bahwa abu inilah yang dapat mempengaruhi pH tubuh anda. Kosumsi makanan yang bersifat alkali (buah dan sayuran) akan meninggalkan abu alkali (alkaline ash) di dalam tubuh yang tentunya berkebalikan dengan jika kita mengkonsumsi makanan yang bersifat asam (seperti daging-dagingan) yang akan meninggalkan abu asam (acidic ash) di dalam tubuh. Konsumsi makanan yang bersifat alkali atau menjalankan diet alkali secara rutin dalam jangka panjang akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

 

Olahraga

olahraga awet muda

Jika anda suka berolahraga, itu hal yang bagus. Jika anda tidak suka, maka anda harus mulai membiasakan diri untuk berolahraga. Hal ini karena olahraga merupakan faktor penting untuk menjaga tubuh kita untuk tetap sehat. Berolahraga membakar kelebihan kalori serta menjaga agar berat badan kita ada dalam standar yang normal. Berolahraga membuat kita menjadi berkeringat. Limbah-limbah asam dapat dibuang melalui keringat.

 

Lingkungan dan Pola Hidup

polusi udara

Seorang peneliti dari bulgaria, Dr. Prakova, melakukan penelitian selama lebih dari 10 tahun terhadap para pekerja. Beberapa sampel diambil dari 100 orang yang bekerja di pabrik yang terpolusi. Beberapa sampel lainnya diambil pada pekerja yang bekerja di tempat yang lebih bersih yaitu ruangan kantor. Setelah 10 tahun, Dr. Prakova kembali memeriksa orang dari 2 grup ini. Ia menemukan bahwa level serum bikarbonat dalam darah orang yang bekerja di pabrik terpolusi secara signifikan lebih sedikit dibanding orang yang bekerja di dalam ruangan kantor.

Lingkungan dan gaya hidup seperti yang kita ketahui berperan besar dalam mempengaruhi tingkat kesehatan kita. Makanan dan minuman yang tiap hari kita konsumsi, kebiasaan harian kita (misal merokok, mengkonsumsi obat-obatan), stress, polusi, semuanya berdampak besar bagi kesehatan dalam jangka panjang. Ada beberapa hal dalam pola hidup kita yang bisa kita ubah dan perbaiki, ada yang (karena suatu kondisi) tidak bisa, namun setidaknya sebisa mungkin kita menjaga agar level bikarbonat dalam darah tetap baik agar kita bisa hidup lebih sehat dan lebih lama.

 

Air Alkali Ionisasi

air alkali ionisasi

Air alkali ionisasi telah dikembangkan di Jepang sejak tahun 1950an. Saat ini manfaat air alkali ionisasi seperti air alkali Kangen Water telah dikenal luas. Sebagian Dokter Homeopati dan dokter holistik telah mempelajari dan memahami tentang kebaikan air alkali bagi tubuh. 

Bagaimana caranya air alkali ionisasi diproses oleh tubuh dan memberikan keuntungan bagi tubuh dalam bentuk bikarbonat? Berikut ini berdasarkan penjelasan dari Sang Whang, salah seorang ilmuwan dan peneliti mengenai air alkali, serta penulis buku yang berjudul "Reverse Aging":

Proses produksi Hydrochloric Acid (HCL) atau Asam Klorida di dalam lambung sbb:

H2O + CO2+ NaCl = HCl + NaHCO3

Dengan kata lain:

Air + Karbon dioksida + garam sodium = Hydrochloric acid + Sodium bikarbonat

 

Hydrochloric acid masuk ke dalam lambung sementara sodium bikarbonat masuk ke aliran darah. Lambung tidak bisa memproduksi hydrochloric acid tanpa memproduksi bikarbonat di waktu yang bersamaan.

Jadi semakin banyak air alkali yang kita minum, semakin banyak HCL yang diproduksi, dan di waktu yang sama semakin banyak pula bikarbonat yang masuk ke dalam aliran darah. Sehingga hal ini menguntungkan bagi tubuh kita.

 

Kesimpulan

Ketika kita mulai kehilangan bikarbonat dalam darah kita pada kisaran usia 45 tahun, maka kita akan menjadi bertambah tua secara fisiologi, termasuk akan menjadi lebih rentan terkena penyakit. Dengan menambahkan bikarbonat ke dalam darah dapat membantu kita untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal inilah yang merupakan dasar dari memperlambat proses penuaan atau dengan kata lain menjadi tetap awet muda secara alami.

wanita awet muda

Memperlambat proses penuaan secara alami dan menjaga tubuh tetap awet mudah bukan berasal dari penggunaan suntik botox atau obat-obatan anti kerut yang efeknya hanya sementara dan terlihat dari luar saja. Yang paling penting adalah hal apa yang bisa kita lakukan dari dalam dan efeknya memancarkan kecantikan dan kesehatannya ke luar dalam jangka waktu yang lama. Usia boleh menua, namun fisik tetap terlihat awet muda. Itulah yang perlu kita mulai lakukan dari sekarang.

mesin air alkali 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water Jakarta siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water Indonesia, Mitra Usaha PT. Enagic IndonesiaChange Your Water, Change Your Life!