Diet Alkali, Kunci Panjang Umur dan Menjaga Tubuh Tetap Sehat

 manfaat diet alkali

Ada berbagai jenis diet yang bisa anda temui. Ada diet yang bagus, ada pula diet yang tidak bagus, namun informasi yang mungkin bermanfaat bagi anda adalah diet alkali merupakan salah satu jenis diet yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat serta membantu proses pemulihan tubuh dari penyakit. 

Sebuah review tahun 2012 yang dipublikasikan oleh Journal of Environmental Health mengatakan bahwa diet alkali bermanfaat untuk mengurangi kerentanan tubuh terhadap serangan penyakit, baik penyakit ringan maupun kronis seperti hipertensi, diabetes, arthritis, osteoporosis, dll.

Bagaimana cara kerja diet alkali? Penelitian menunjukkan bahwa diet alkali dijalankan dengan secara konsisten mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi sifat alkali seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar akan menghasilkan level pH urine yang lebih bersifat alkali, dimana diet alkali ini dapat membantu melindungi sel-sel yang sehat serta menyeimbangkan level mineral esensial di dalam tubuh. Diet alkali (sering juga disebut dengan istilah diet abu alkali) menunjukkan manfaatnya dalam mencegah formasi pembentukan plak di dalam pembuluh darah, mencegah kalsium terakumulasi pada urine, mencegah batu ginjal, menjadikan massa tulang lebih kuat, mengurangi terjadinya keram atau kejang otot, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bagus bagi kesehatan.

 

Kenali Lebih Dalam Mengenai Diet Alkali

Diet alkali atau sering juga disebut diet abu alkali merupakan pola diet yang membantu menyeimbangkan level pH darah dari cairan di dalam tubuh anda, termasuk darah dan urine. pH tubuh anda sebagian besar dipengaruhi oleh kepadatan mineral dari makanan yang anda konsumsi. Semua makhluk hidup dan berbagai bentuk kehidupan di bumi sangatlah tergantung akan penjagaan level pH tubuh yang tepat. Dan seringkali pula dikatakan bahwa penyakit tidak dapat bertumbuh di dalam tubuh yang memiliki level pH yang seimbang.

Prinsip hipotesis dari abu asam (acid ash) membantu dalam membentuk prinsip-prinsip diet alkali. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Bone and Mineral Research, "Hipotesis abu asam menyatakan bahwa protein dan biji-bijian, dengan kandungan potassium yang rendah, menghasilkan diet dengan beban asam, Eksresi Asam Bersih (net acid excretion) , meningkatkan kalsium pada urin, dan pelepasan kalsium dari tulang, sehingga memicu terjadinya osteoporosis." Diet alkali mencegah terjadinya hal ini dengan jalan mengkonsumsi makanan sambil mempertimbangkan level pH-nya sebagai bagian dari tujuan untuk membatasi asupan diet yang menghasilkan sifat asam bagi tubuh.

Meskipun tidak semua ahli sepenuhnya setuju dengan pernyataan ini, namun hampir sebagian besar setuju bahwa kehidupan manusia membutuhkan level pH darah yang terkontrol dengan sangat ketat pada kisaran 7.35 hingga pH 7.45. Seperti yang dikatakan majalah Forbes, "Tubuh kita berusaha keras untuk mempertahankan level pH yang aman." pH Tubuh anda dapat memiliki kisaran 7.35 hingga 7.45 tergantung waktu, diet yang anda jalankan, apa yang terakhir kali anda konsumsi dan kapan terakhir kali anda ke toilet. Jika anda mengalami ketidakseimbangan elektrolit dan sering mengkonsumsi makanan-makanan yang bersifat asam (disebut juga dengan istilah makanan yang menghasilkan abu asam), maka tubuh anda akan mengalami perubahan level pH yang dapat mengakibatkan meningkatnya acidosis atau sifat asam berlebih pada tubuh.

 

Manfaat Menjalankan Diet Alkali

Berikut ini manfaat baik yang bisa anda peroleh jika anda menjalankan diet alkali:

1. Melindungi Kepadatan Tulang dan Massa Otot

kepadatan tulang

Asupan mineral ke dalam tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga dan mempertahankan struktur tulang. Penelitian menunjukkan bahwa semakin bersifat alkali buahan dan sayuran yang seseorang konsumsi, maka semakin baik pula perlindungan yang didapatkan orang tersebut dari menurunnya kekuatan tulang dan pengecilan otot ketika orang tersebut bertambah usia atau disebut juga sarkopenia.

Diet alkali dapat membantu menyeimbangkan rasio mineral yang penting dalam membangun tulang dan menjaga massa otot yang baik, termasuk kandungan kalsium, magnesium dan fosfat. Diet alkali juga meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dan penyerapan vitamin D, dimana hal ini melindungi tulang lebih baik lagi disamping mengurangi resiko tekena penyakit kronis.

 

2. Mengurangi Resiko Terkena Hipertensi dan Stroke

manfaat diet alkali stroke

Salah satu efek anti-aging dari diet alkali adalah ia dapat mengurangi peradangan dan memberikan peningkatan pada produksi hormon pertumbuhan. Hal ini menunjukkan peningkatan pada kesehatan kardiovaskular dan memberikan perlindungan pada masalah-masalah kesehatan yang umum seperti kolesterol tinggi, hipertensi (tekanan darah tinggi), batu ginjal, stroke bahkan hilangnya memori.

 

3. Mengurangi Rasa Sakit Kronis dan Peradangan

Hasil studi menunjukkan koneksi antara diet alkali dan berkurangnya level penyakit kronis. Asidosis kronis (atau sifat asam berlebih dalam tubuh) berkontribusi terhadap sakit punggung, sakit kepala, keram otot, gejala-gejala menstruasi, peradangan dan sakit pada persendian.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Society for Minerals and Trace Elements di Jerman menemukan bahwa pasien dengan sakit punggung kronis yang diberikan asupan suplemen alkali setiap hari selama 4 minggu, hasilnya 76 dari 82 orang pasien tersebut mengalami pengurangan rasa sakit seperti yang diukur dalam "skala rating Arhus untuk sakit punggung".

 

4. Mempercepat Penyerapan Vitamin dan Mencegah Kekurangan Magnesium

Peningkatan asupan magnesium sangatlah dibutuhkan untuk menjalankan fungsi dari ratusan sistem enzim dan proses-proses di dalam tubuh. Banyak orang mengalami defisit magnesium dan akibatnya mengalami komplikasi jantung, sakit otot, sakit kepala, susah tidur dan mudah cemas. Ketersediaan magnesium juga dibutuhkan untuk mengaktifkan vitamin D dan mencegah kurangnya asupan vitamin D, dimana hal ini  sangatlah penting bagi fungsi keseluruhan sistem imun dan endokrin.

 

5. Membantu Meningkatkan Fungsi Sistem Imun dan Proteksi Terhadap Kanker

diet alkali untuk kanker

Ketika sel-sel tubuh kekurangan mineral untuk membuang limbah atau oksigenasi tubuh secara komplit, maka tubuh secara keseluruhan akan menderita. Penyerapan vitamin akan menjadi terganggu oleh hilangnya mineral, di lain sisi toksin dan patogen akan berakumulasi di dalam tubuh dan melemahkan sistem imun.

Penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Radiology menunjukkan bahwa kematian sel kanker (apoptosis) lebih mungkin terjadi di dalam tubuh yang bersifat alkali. Pencegahan kanker diyakini terkait dengan perubahan alkali dalam pH karena perubahan muatan listrik dan pelepasan komponen dasar protein. Sifat alkali dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi dan resiko terkena penyakit seperti kanker. Selain itu diet alkali juga menunjukkan manfaat bagi agen-agen kemoterapi yang membutuhkan pH lebih tinggi untuk bekerja dengan baik.

 

6. Dapat Membantu Anda Menjaga Berat Badan Yang Sehat

diet alkali menguruskan badan

Membatasi konsumsi makanan yang membentuk sifat asam dan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang bersifat alkali dapat membantu melindungi tubuh anda dari obesitas. Dengan jalan mengurangi level leptin dan inflamasi, yang mempengaruhi rasa lapar dan kemampuan membakar lemak. Dikarenakan makanan yang membentuk sifat alkali merupakan makanan yang berjenis anti peradangan, menjalankan diet alkali akan memberikan tubuh anda sebuah kesempatan untuk memperoleh level leptin yang normal dan rasa kenyang ketika mengkonsumsi sejumlah kalori yang benar-benar dibutuhkan tubuh anda.

 

 

Bagaimana Cara Menjalankan Diet Alkali?

Berikut ini merupakan tips bagi anda yang ingin memulai diet alkali:

makanan organik

Sekiranya memungkinkan, belilah bahan makanan alkali yang ditanam secara organik alias tidak menggunakan pestisida dan bahan-bahan kimia. Ahli nutrisi meyakini bahwa salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan dalam menjalankan diet alkali adalah dengan memiliki pengetahuan mengenai jenis tanah yang digunakan untuk menumbuhkan bahan makanan alkali tersebut dikarenakan buah-buahan dan sayuran yang ditumbuhkan pada media tanah yang organik dan kaya mineral memiliki kecenderungan untuk menghasilkan buah dan sayuran yang lebih bersifat alkali pula. Penelitian menunjukkan bahwa jenis tanah yang digunakan sebagai media tersebut memiliki pengaruh yang signifikan pada kandungan vitamin dan mineral, dan hal ini artinya tidak semua makanan yang bersifat alkali memiliki kandungan yang setara. 

pH tanah yang ideal untuk ketersediaan nutrisi esensial secara menyeluruh bagi tanaman adalah berkisar pada pH 6 - pH 7. Tanah yang bersifat asam dengan pH di bawah 6 kemungkinan kurang mengandung kalsium dan magnesium, dan tanah di atas pH 7 dapat mengakibatkan ketidak tersediaan zat besi, mangan, tembaga dan seng secara kimiawi. Tanah yang dirotasi dengan baik, dipertahankan secara organik dan terpapar dengan satwa liar atau hewan ternak cenderung merupakan jenis tanah yang subur.

kertas lakmus ph

Jika anda penasaran dengan level pH tubuh anda sebelum memulai tips di bawah ini, anda dapat mengujinya dengan membeli kertas lakmus pengukur pH di toko farmasi atau toko alat kesehatan terdekat di rumah anda. Anda dapat mengukur pH tubuh melalui air liur atau urine. Urinasi kedua di pagi hari akan memberikan hasil test yang paling baik. Anda dapat membandingkan hasil test pH pada kertas lakmus dengan bagan warna pH yang turut disertakan saat pembelian kertas lakmus tersebut. Di siang hari, waktu terbaik untuk mengetes pH tubuh anda adalah satu jam sebelum makan siang atau 2 jam setelah makan siang. Jika anda mengetes pH air liur, kisaran pH yang baik adalah pada pH 6.8 hingga 7.2.

 

Sumber Makanan Alkali Terbaik:

makanan yang bersifat alkali

  • Buah-buahan dan sayuran segar memiliki kandungan alkali paling baik. Beberapa contoh buah dan sayuran yang memiliki sifat alkali yang tinggi dan bagus bagi tubuh misalnya jamur, buah-buahan sitrus, jeruk bali, kurma, kismis, bayam, tomat, alpukat, lobak hitam, rumput alfalfa, mentimun, kale, bengkoang, wheat grass, brokoli, oregano, bawang putih, jahe, kacang hijau, sayur endive, kubis, seledri, bit merah, semangka, buah ara, dan pisang yang matang.
  • Semua makanan mentah: Idealnya cobalah konsumsi bahan makanan dalam keadaan mentah. Buah dan sayuran yang tidak dimasak dipercaya bersifat biogenik atau "pemberi kehidupan." Memasak makanan biasanya akan mengurangi kandungan-kandungan mineralnya. Tingkatkan asupan makanan mentah atau cobalah membuat jus maupun sedikit saja merebus bahan makanan (sayuran) anda untuk mempertahankan kandungan gizi alamiahnya. 
  • Protein kedelai,: Kacang almond, baked beans / navy beans, kacang lima dan jenis kacang-kacangan lainnya merupakan pilihan yang bagus.
  • Air Alkali: Air alkali seperti Kangen Water memiliki pH 8.5 hingga pH 9.5. Air jenis ini sangat bagus dikonsumsi tubuh. Dikarenakan proses pembuatan air Kangen Water menjadi bersifat alkali dengan menggunakan teknologi listrik, maka air ini bisa dikatakan sangat aman karena tidak dicampurkan bahan kimia untuk menjadikannya bersifat alkali. Anda dapat menghasilkan sendiri air minum alkali di rumah melalui mesin air alkali Kangen Water buatan perusahaan Enagic Kangen Water Jepang
  • Air lemon atau jeruk nipis: Alternatif lain untuk minum air alkali yang alami adalah dengan menggunakan irisan lemon atau jeruk nipis. Baik lemon maupun jeruk nipis meskipun rasanya asam namun ia bersifat alkali di dalam tubuh. Cobalah minum perasan lemon atau jeruk nipis ini setiap hari. Andapun bisa membuat infusion water menggunakan jeruk lemon maupun jeruk nipis ini pada air putih yang anda konsumsi sehari-hari.
  • Minuman berwarna hijau: Minuman yang dibuat dengan menggunakan sayur-sayuran hijau ataupun bubuk yang berasal dari rerumputan dipenuhi dengan sumber makanan pembentuk sifat alkali dan klorofil. Klorofil secara struktur sama seperti darah kita dan memantu mengalkalisasi darah.
  • Makanan lainnya yang bagus dikonsumsi ketika anda menjalani diet alkali misalnya kecambah, kamut, tahu, tempe dan biji-bijian.

 

Makanan bersifat asam yang harus dihindari atau dikurangi ketika menjalankan diet alkali:

makanan bersifat asam

Berikut ini contoh-contoh makanan dan minuman yang bersifat asam yang seharusnya dihindari atau dikurangi karena bersifat tidak baik bagi tubuh dan menjadikan tubuh bersifat asam (kebalikan dari sifat alkali):

  • Makanan dengan kandungan sodium (garam) yang tinggi: Makanan olahan mengandung banyak sekali sodium chloride atau garam daput, yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan sifat asam di dalam tubuh
  • Sereal olahan seperti corn flakes
  • Telur
  • Minuman berkafein seperti kopi dan alkohol
  • Susu: produk-produk berbahan susu tinggi kalsium menyebabkan tingkat osteoporosis yang tinggi. Hal ini dikarenakan ia menyebabkan naiknya sifat asam di dalam tubuh. Ketika aliran darah anda menjadi terlalu asam, maka ia akan mencuri kalsium (yaitu substansi yang bersifat alkali) dari tulang untuk menyeimbankan level pH. Jadi cara terbaik untuk mencegah osteoporosis sebetulnya bukanlah mengkonsumsi susu melainkan lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau yang bersifat alkali.
  • Kacang tanah dan kacang walnut.
  • Pasta, nasi, roti dan produk-produk berbahan ragi.

 

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah meningkatnya sifat asam bagi tubuh:

kebiasaan buruk

  • Konsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan
  • Konsumsi minuman tinggi kafein seperti kopi
  • Konsumsi antibiotik berlebihan
  • Penggunaan pemanis buatan
  • Stress kronis
  • Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat
  • Jarang berolahraga
  • Mengkonsumsi daging-dagingan terlalu banyak
  • Paparan zat kimia dan radiasi dari produk pembersih rumah tangga, alat-alat elektronik (tv, komputer, HP, microwave)
  • Penggunaan pewarna dan pengawet makanan
  • Olahraga yang terlalu berlebihan
  • Makanan terpapar pestisida dan herbisida
  • Polusi 
  • Kurang tidur

 

Hal-hal lain yang perlu anda ketahui sehubungan diet alkali

Beberapa jenis makanan yang masuk dalam kategori bersifat asam mungkin akan mengagetkan anda, contohnya telur dan kacang walnut. Jenis makanan ini bersifat asam bagi tubuh, namun tidak perlu sampai membuat anda takut untuk mengkonsumsinya. Baik telur maupun kacang walnut juga memiliki fungsi lain yang bermanfaat bagi tubuh yaitu ia kaya akan asam lemak omega 3, karena itu boleh-boleh saja mengkonsumsi makanan ini.

Hal yang patut dicatat sebetulnya adalah bagaimana caranya kita menjaga keseimbangan diet yang sehat. Tujuan utama kita adalah lebih banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang membentuk sifat alkali yang baik bagi tubuh ketimbang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang membentuk sifat asam yang merugikan tubuh. Sederhananya adalah, dalam menjalankan diet alkali, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang utuh dan mentah (sayur dan buahan), dan batasi konsumsi makanan yang terlalu banyak diolah (gorengan, makanan kalengan, jajanan, dll), maka ada telah mulai menerapkan pola hidup alkali yang sehat.

 

Kesimpulan Akhir dari Diet Alkali

air alkali kangen water

  • Diet alkali memiliki efek yang postif terhadap level pH, baik bagi darah dan urine.
  • Manfaat rutin menjalankan diet alkali yaitu kondisi jantung yang lebih sehat, tulang yang lebih kuat, mengurangi rasa sakit dan memberikan asupan nutrisi yang berguna bagi tubuh.
  • Bahan makanan yang menjadi titik berat dalam menjalankan diet alkali adalah buah dan sayuran utuh, makanan mentah, jus berbahan sayuran hijau, polong-polongan dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang bersifat asam dan disarankan untuk dibatasi konsumsinya ketika menjalankan diet alkali adalh makanan yang tinggi kandungan garamnya, terlalu banyak konsumsi protein hewani, makanan manis dan mengandung terlalu banyak gula serta susu.
  • Konsumsi air putih alkali sangat membantu dalam menjalankan diet alkali yang sehat. Air alkali yang bagus dan kami rekomendasikan untuk dijadikan air putih untuk minum sehari-hari yang terbaik adalah air putih alkali Kangen Water.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda!

Kami Kangen Water Jakarta Barat siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta Barat seperti Cengkareng, Duri Kosambi, Kedaung, Kapuk, Kedaung Kali Angke, Rawa Buaya, Pantai Indah Kapuk (PIK), Grogol, Grogol Petamburan, Jelambar, Tanjung Duren, Tomang, Wijaya Kusuma, Taman Sari, Glodok, Keagungan, Krukut, Mangga Besar, Maphar, Pinangsia, Tangki, Tambora, Angke, Duri, Jembatan Lima, Kali Anyar, Krendang, Pekojan, Roa Malaka, Tanah Sereal, Kebon Jeruk, Duri Kepa, Kedoya, Kelapa Dua, Sukabumi, Kalideres, Kamal, Pegadungan, Semanan, Tegal Alur, Palmerah, Jatipulo, Kemanggisan, Kota Bambu, Slipi, Kembangan, Joglo, Meruya, Srengseng, demikian juga untuk daerah lain di seluruh wilayah Jakarta. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha PT. Enagic Indonesia Jakarta - Change Your Water, Change Your Life!