pH Tubuh Yang Seimbang Sangatlah Penting, Mari Ukur pH Tubuh Kita

ukur ph tubuh 

Sifat asam yang berlebihan (over acidity) dapat menjadi suatu kondisi yang serius yang dapat melemahkan sistem tubuh, merupakan suatu hal yang umum di masa kini. Hal ini dapat meningkatkan sebuah lingkungan internal yang konduktif bagi penyakit untuk berkembang, sedangkan tubuh yang baik dan berfungsi normal serta memiliki daya tahan terhadap penyakit membutuhkan lingkungan tubuh dengan pH yang seimbang. Suatu tubuh yang sehat mempertahankan cadangan mineral alkali yang mencukupi untuk dapat digunakan sewaktu-waktu dalam keadaan darurat. Ketika kelebihan asam harus dinetralisir, cadangan alkali di dalam tubuh akan dipergunakan, dan jika terjadi terus menerus kelebihan sifat asam di dalam tubuh dapat mengakibatkan cadangan mineral-mineral alkali ini terus menipis sehingga daya tahan tubuh pun akan semakin melemah.

william howard hay

Konsep ketidakseimbangan asam dan alkali pada tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit bukanlah suatu pengetahuan yang baru. Di tahun 1993, seorang dokter asal New York yang bernama William Howard Hay mempublikasikan sebuah buku terobosan, A New Health Era dimana ia mengatakan bahwa semua penyakit diakibatkan oleh autotoksifikasi (atau "meracuni diri sendiri") dikarenakan akumulasi sifat asam di dalam tubuh:

"Saat ini kita menjauh dari segi kesehatan dengan jalan kita mengijinkan cadangan alkali pada tubuh kita mulai menghilang melalui asupan makanan yang membentuk sifat asam berlebihan dalam jumlah yang sangat besar... Mungkin rasanya terdengar aneh untuk dikatakan bahwa semua penyakit itu sama saja, apapun sebutannya, semua penyakit itu pada dasarnya sama. - William Howard Hay

 

Yang paling baru dalam bukunya yang luar biasa berjudul Alkalize or Die, Dr. Theodore A. Baroody secara esensi mengatakan hal yang sama:

alkalize or die theodore baroody

"Adanya begitu banyak nama-nama penyakit sebetulnya bukan itu intinya. Yang menjadi inti adalah bahwa semua penyakit-penyakit tersebut berasal dari satu akar penyebab yang sama.. terlalu banyak limbah asam jaringan di dalam tubuh!" - Theodore A. Baroody, N.D., D.C., Ph.D.

 

Memahami pH 

skala ph asam basa 

pH (potensial hidrogen) merupakan pengukuran terhadap kadar asam atau basa pada suatu cairan. Ia diukur menggunakan skala dari 0 hingga 14, dimana semakin rendah pH nya maka semakin asam pula sifat cairan tersebut, sementara semakin tinggi pH maka semakin alkali (basa) pula cairan tersebut. Ketika suatu tidak bersifat asam atau basa, maka ia memiliki pH 7 yang disebut sebagai pH netral.

komposisi air pada tubuh

Air merupakan  senyawa yang paling banyak di dalam tubuh manusia, dimana ia menyusun sekitar 70% dari tubuh manusia. Tubuh memiliki rasio asam basa yang disebut pH dimana ia merupakan keseimbangan antara ion-ion yang bermuatan positif (pembentuk sifat asam) dan ion-ion bermuatan negatif (pembentuk sifat alkali). Tubuh secara kontinyu berjuang untuk mempertahankan keseimbangan pH. Ketika keseimbangan pH ini terganggu, maka akan terjadi banyak masalah dari sisi kesehatan. 

Sangatlah penting untuk memahami bahwa kita tidak sedang membicarakan mengenai asam lambung atau pH lambung. Yang kita bicarakan adalah pH cairan tubuh dan jaringan dimana hal ini merupakan satu hal yang berbeda.

 

Test Tingkat Asam atau Basa Tubuh dengan kertas pH

kertas ph 

Direkomendasikan bagi anda untuk mengetes level pH anda untuk menentukan apakah pH tubuh anda membutuhkan perhatian yang segera. Dengan menggunakan kertas pH, anda dapat menentukan faktor pH anda secara cepat dan mudah secara privat di rumah anda sendiri. Jika pH urin anda berfluktuasi antara 6.0 hingga 6.5 pada pagi hari dan antara 6.5 dan 7.0 di sore hari, maka tubuh anda berfungsi pada jangkauan pH yang sehat. Jika air liur anda berada pada pH 6.5 dan 7.5 sepanjang hari, maka tubuh anda berfungsi pada jangkauan pH yang sehat. Waktu paling baik untuk mengetes pH tubuh anda adalah saat 1 jam sebelum makan dan 2 jam setelah makan. Ujilah pH anda sebanyak 2 kali dalam 1 minggu.

 

pH Air seni (Urin)

ph air seni urin 

Hasil dari test pH urin mengindikasikan mengenai seberapa baiknya tubuh anda dalam menerima mineral-mineral, terutama kalsium, magnesium, sodium dan potasium. Semua mineral ini disebut sebagai "buffer asam" karena mereka digunakan oleh tubuh untuk mengontrol level asam. Jika level asam terlalu tinggi, maka tubuh tak mampu untuk mengeluarkan asam. Tubuh akan memilih salah satu, entah ia akan menyimpan kelebihan asam tersebut dalam jaringan tubuh (auto toksin / meracuni diri sendiri) atau membuffernya, yaitu dengan meminjam mineral-mineral dari organ-organ tubuh, tulang, dll demi dapat menetralisir sifat asam yang berlebihan tersebut.

 

pH Air Liur (Saliva)

ph air liur 

Anda juga harus menguji pH air liur (saliva) anda. Hasil test pH air liur mengindikasikan aktifitas dari enzim pencernaan di dalam tubuh, terutama aktifitas liver dan lambung. Hal ini mengungkapkan aliran enzim yang berjalan melewati tubuh anda dan menunjukkan efek mereka terhadap semua sistem tubuh. Beberapa orang akan memiliki hasil pH asam baik pada air seni dan air liur, hal ini disebut sebagai "keasaman ganda."

 

Menjaga Keseimbangan pH Tubuh Untuk Memperoleh Kesehatan yang Maksimal

Tubuh anda mampu mengasimilasi (menyerap) mineral-mineral dan nutrisi dengan baik hanya ketika pH tubuh seimbang. Bisa saja anda telah mengkonsumsi nutrisi-nutrisi yang sehat namun tubuh anda tak mampu menyerapnya dengan baik. Jika anda tidak mendapatkan hasil yang diharapkan ketika menjalankan program nutrisi dan herbal, mungkin anda perlu melihat apakah terjadi ketidakseimbangan asam basa pada tubuh anda. Bahkan program herbal yang benar sekalipun tidak dapat bekerja jika pH tubuh anda jauh dari seimbang.

 

Apa yang Menyebabkan Tubuh Menjadi Bersifat Asam?

akibat asidosis tubuh asam 

Alasan kenapa asidosis (sifat asam berlebih) merupakan suatu hal yang umum dalam masyarakat di zaman modern ini dikarenakan tipikal diet zaman modern ala Barat, dimana terlalu banyak makanan berbahan dasar hewani  yang memproduksi sifat asam yang tinggi seperti daging-dagingan, telur dan produk berbahan susu, serta rendahnya penyediaan makanan yang dapat membentuk sifat alkali seperti sayur-sayuran segar. Tambahan pula, kita mengkonsumsi makanan olahan yang memproduksi asam seperti tepung putih dan gula serta konsumsi minuman yang menambah tingkat keasaman tubuh seperti kopi dan soft drinks. Selain itu konsumsi obat-obatan juga akan membentuk sifat asam di dalam tubuh, penggunaan pemanis buatan atau aspartam juga membentuk sifat asam yang ekstrim bagi tubuh. Salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki sifat asam tubuh yang berlebihan adalah dengan jalan membersihkan tubuh melalui pola diet yang sehat dan pola hidup yang baik.

Kebanyakan orang yang mengalami ketidakseimbangan pH, tubuhnya bersifat asam. Kondisi ini memaksa tubuh untuk meminjam mineral, termasuk kalsium, sodium, potasium dan magnesium, yang berasal dari organ vital dan tulang untuk membuffer (menetralisir) asam dan secara aman membuangnya dari tubuh. Dikarenakan ketegangan ini, tubuh dapat menderita kerusakan akut dan dalam jangka panjang oleh karena sifat asam yang berlebihan, dan menyedihkannya lagi kondisi ini mungkin tidak akan terdeteksi selama bertahun-tahun hingga suatu saat secara mendadak muncul penyakit besar di dalam tubuh seperti kanker, diabetes, dll.

Penyakit yang diakibatkan oleh asidosis (sifat asam berlebih) pada tingkat menengah misalnya:

  • Kerusakan sistem kardiovaskular, termasuk penyempitan pembuluh darah dan berkurangnya asupan oksigen
  • Obesitas dan diabetes
  • Masalah pada kandung kemih dan ginjal, termasuk batu ginjal
  • Sistem imun lemah
  • Percepatan kerusakan akibat radikal bebas, kemungkinan dapat berkontribusi terhadap mutasi sel-sel kanker
  • Penuaan dini
  • Osteoporosis, tulang menjadi lemah dan rapuh, patah tulang pinggul dan timbulnya benjolan pada  tulang
  • Sakit pada persendian dan otot serta penumpukan asam laktat
  • Sering lemas dan kelelahan kronis

Sebuah studi selama 7 tahun yang dilakukan oleh Universitas California, San Fransisco, pada 9000 wanita menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki asidosis kronis memiiki resiko hilangnya kepadatan massa tulang ketimbang orang yang memiliki level pH tubuh yang normal. Para ilmuwan yang melakukan eksperimen ini mempercayai bahwa banyak kasus patah tulang pinggul yang umum di kalangan wanita paruh baya berhubungan dengan tingginya tingkat asam yang diakibatkan oleh konsumsi makanan berbahan dasar hewani dan kurangnya konsumsi sayur-sayuran. Hal ini mengakibatkan tubuh meminjam kalsium dari tulang demi mempertahankan keseimbangan pH, menurut American Journal of Clinical Nutrition.

air kangen alkali

Oleh karena itu hal paling baik dalam menjaga pH tubuh agar tetap seimbang, terutama menyikapi pola diet di zaman modern ini adalah dengan jalan memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang membentuk sifat alkali pada tubuh seperti sayur-sayuran dan buah-buahan serta minum air alkali seperti Kangen Water.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda!

Kami Pusat Penjualan Mesin Kangen Water Jakarta siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water IndonesiaChange Your Water, Change Your Life!