Tanda-Tanda Jika Tubuh Anda Bersifat Terlalu Asam (Acidosis)

 over acidic

Beberapa elemen dalam pola makan anda mungkin bersifat asam, namun untuk menjalani pola makan yang sehat bagi tubuh disarankan untuk mengasup makanan yang bersifat alkali. Untuk menjaga agar tubuh tetap bersifat alkali anda harus memonitor masuknya makanan atau minuman yang bersifat asam seperti soda, kopi, alkohol, makanan berlemak dan makanan yang diproses. Semua jenis makanan dan minuman tersebut dapat berpotensi menghasilkan acidosis (kelebihan asam) di dalam tubuh anda. Jika tubuh anda bersifat telalu asam, maka gejala-gejala berikut akan tampak:

 

Tanda Pada Area Mulut

Saat sifat asam terakumulasi di dalam tubuh, ia dapat menimbulkan gejala "kerusakan" pada mulut. Sebagai contohnya, anda mungkin akan merasakan air liur anda menjadi lebih asam dan terkena sariawan. Bagian ujung mulut anda akan pecah dan berdarah dan kemungkinan terjadi infeksi berulang pada tenggorokan dan tonsil anda. Gigi pun akan terkena dampaknya. Gusi akan mengalami peradangan sehingga gigi akan menjadi lebih kendur saat menempel di gusi. Gigi akan menjadi sangat sensitif terhadap makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin dan dapat rusak dengan sangat mudah.

 

Tanda Pada Rambut dan Kuku

Kelebihan asam dapat berdampak negatif pada kulit, rambut dan kuku anda. Kulit anda akan terasa kering, gatal-gatal dan berbintik merah ataupun terkena iritasi pada area dimana anda berkeringat. Rambut akan mengalami kerontokan, pecah-pecah dan bercabang, terlihat kering dan kusam. Kuku akan terlihat tipis dan sangat mudah retak atau patah.

 

Tanda Pada Mata

Orang yang mengalami kelebihan asam apda tubuhnya akan melihat juga pertanda pada matanya. Mata akan mudah mengalami iritasi dan air mata akan sering keluar. Korena dan kelopak mata akan dengan mudah mengalami konjungtivitis (peradangan selaput yang meliputi bagian depan mata atau konjungtiva dan menyebabkan mata berwarna kemerahan).

 

Tanda Pada Kondisi Mental dan Emosional

Tubuh yang bersifat asam dapat mengakibatkan gejala pada perubahan kondisi mental dan emosional ke arah yang negatif seperti kehilangan minat terhadap aktifitas yang biasanya disukai dan berkurangnya semangat untuk melakukan sesuatu. Selain itu, orang yang mengalami masalah dengan asam akan selalu merasa gugup, tegang, gampang terluka dan sensitif terhadap suara yang keras. Orang-orang ini cenderung akan lebih mudah mengalami depresi dibandingkan orang lainnya.

 

Tanda Pada Sistem Pencernaan

Sifat asam akan berefek besar pada saluran pencernaan. Orang yang tubuhnya bersifat asam akan mengalami regurgitasi (naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual maupun kontraksi otot perut yang sangat kuat) atau mengalami naiknya asam lambung. Kondisi kelainan pada perut seperti ulcer (luka) atau gastritis (radang) pada lambung (alias sakit maag).

 

Hidup Dengan pH Yang Seimbang

 makanan alkali vs asam

Tubuh yang sehat memiliki pH yang seimbang. Kurangi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan sifat asam berlebih pada tubuh serta perbanyak konsumsi makanan yang bersifat alkali seperti buah-buahan dan sayuran hijau segar. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi air putih yang bersifat alkali dan kaya akan antioksidan seperti air putih Kangen Water agar pola diet harian anda menjadi lebih baik dan seimbang.

Mari bersama kita jaga tubuh kita agar tetap sehat hingga lanjut usia. Salam sehat, salam Mesin Ionisasi Air Kangen Water Indonesia.