Konsumsi Kacang-Kacangan Yang Bersifat Alkali Baik Bagi Tubuh

kacang alkali

Tubuh manusia yang sehat biasanya memiliki cadangan alkali yang banyak untuk menyeimbangkan level keasaman tubuh. Asidosis, yaitu sifat asam yang berlebihan di dalam tubuh, dapat terjadi akibat konsumsi diet modern zaman sekarang yang sebagian besar didominasi oleh makanan yang membentuk sifat asam seperti daging-dagingan, makanan berbahan telur dan susu, serta makanan olahan lainnya. Menambahkan makanan yang membentuk sifat alkali ke dalam menu makanan harian kita dapat membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh asidosis seperti penyakit kardiovaskular, athritis dan diabetes. Makanan yang membentuk sifat alkali termasuk diantaranya adalah sayur-sayuran, buah-buahan dan beberapa jenis kacang-kacangan. Pada artikel ini kita akan membahas kacang jenis apa yang bersifat alkali dan bagus untuk dikonsumsi tubuh?

 

Kacang-Kacangan Yang Bersifat Alkali

1. Almond

kacang almond alkali

Dari segala jenis kacang, kacang almond adalah yang paling bersifat alkali. Kacang almond menyediakan lebih banyak kalsium dibandingkan kacang-kacangan lainnya, dan tingginya kandungan kalsium ini diiringi dengan kandungan magnesium yang juga tinggi sehingga membuat kacang almond membentuk sifat alkali, seperti yang dijelaskan dalam buku "The pH Balance Diet." Dikarenakan almond mengadung 60% lemak, ia juga tinggi kandungan kalorinya. Dalam 28 gram sajian kacang almond mengandung sekitar lebih dari 170 kalori, dimana 102 kalori adalah lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Kacang almond merupakan sumber yang sangat baik atas protein, potasium, zat besi, seng dan vitamin E, serta juga merupakan sumber antioksidan flavonoid. Sama seperti kacang-kacangan lainnya, kacang almond membantu mengurangi level kolesterol LDL dan membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan jantung.

 

2. Kacang Chestnut 

kacang chestnut alkali

Hampir sama dengan kacang almond, kacang chestnut atau kacang kastanye juga tergolong jenis kacang-kacangan yang memiliki sifat alkali yang paling tinggi. Sifat kacang ini yang menimbulkan efek alkali pada tubuh dikarenakan kandungan airnya yang tinggi, kacang chestnut sekitar 52 persennya adalah air. Kandungan kelembabannya yang tinggi juga membuat kacang ini rendah lemak dan rendah kalori. 28 gram kacang chestnut panggang atau kering menyediakan 70 kalori dan hanya 1 gram lemak. Chestnut juga merupakan satu-satunya kacang yang mengandung vitamin C, yaitu sebuah nutrisi antioksidan yang vital. Sebuah sajian 85 gram chestnut kering menyediakan sekitar 45 persen dari vitamin C harian yang direkomendasikan. Chestnut juga merupakan sumber mangan dan tembaga yang sangat baik, disamping juga sebagai sumber magnesium, asam folat dan vitamin B1, B2 dan B6.

 

3. Hazelnut

kacang hazelnut alkali

Kacang hazelnut kaya akan vitamin E serta asam folat, potasium, mangan dan tembaga. Beberapa peneliti mengatakan bahwa Hazelnut ini sedikit bersifat alkali, namun ada juga yang mengatakan bahwa kacang ini sedikit bersifat asam. Terlepas dari itu konsumsi kacang ini tetap bagus bagi tubuh. Hazelnut sendiri biasanya sering dimakan bersama campuran salad ataupun sebagai cemilan ringan yang sehat.

 

4. Kacang Lainnya

kacang macadamia kacang mede

Sementara kacang almond dan chestnut dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang paling membentuk sifat alkali dan diakui oleh sebagian besar ahli, dalam artikel “The Acid Alkaline Food Guide,” juga mengkategorikan kacang mede dan kacang macadamia juga turut membentuk sifat alkali.  

Di lain pihak jika anda menanyakan contoh kacang yang bersifat asam, para ahli menyatakan bahwa contoh kacang yang bersifat asam tinggi adalah kacang walnut dan kacang tanah.

  

Rutin Mengkonsumsi Kacang

Konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat membantu menunjang kesehatan gigi dan tulang, menurunkan kadar kolesterol LDL, mendukung sistem imun yang lebih baik, menurunkan resiko penyakit arteri koroner, meningkatkan konsentrasi dan melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Konsumsi kacang diiringi dengan minum Kangen Water setiap hari dapat membantu tubuh anda menjadi lebih sehat dan lebih baik.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water Yogyakarta siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Yogyakarta (Jogja) demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Enagic Kangen Water IndonesiaChange Your Water, Change Your Life!

 

Sumber:

  • “The Encyclopedia of Healing Foods”; Michael Murray, N.D., et al.; 2005
  • “The Acid Alkaline Food Guide”; Dr. Susan E. Brown, et al.; 2006
  • “The pH Balance Diet”; Bharti Vyas, et al.; 2007
  • “Alkalize or Die”; Dr. Theodore A. Baroody; 1991