Punya ORP Meter? Ketahui Cara Merawatnya Agar Tidak Mudah Rusak

orp meter 

ORP merupakan singkatan dari Oxidation Reduction Potential. Mesin kangen water memproduksi air minum yang bagus bagi anda karena ia bersifat alkali serta mengandung antioksidan yang tingi. Banyak ilmuwan yang ahli dalam bidang ionisasi air sekarang cenderung berkata (meskipun keduanya sama penting) adalah bahwa antioksidan yang terkandung dalam air alkali sebenarnya jauh lebih penting ketimbang pH.

 

pH (potential of Hydrogen)

ph darah 

Manusia sangatlah sensitif terhadap pH dan plasma darah, sebagai contoh, darah tidak boleh melebihi dari angka ph yang sempit yaitu kisaran pH 7.35 hingga 7.4 5dimana nilai pH 7.365 pada ph darah merupakan yang paling sehat. Hal inilah kenapa menyeimbangkan pH tubuh anda sangatlah penting! Tubuh anda akan menghentikan proses mencerna makanan, mengubah suhu atau temperatur tubuh, maupun mencuri kalsium dari tulang demi menjaga agar pH darah tetap ada dalam jarak yang sempit ini. Kenapa hal tersebut harus dilakukan oleh tubuh secara mati-matian dalam mempertahankan pH darah dalam jalur yang sempit ini? Hal itu dikarenakan jika tidak demikian maka alternatifnya adalah kematian. Semua yang memiliki kemampuan untuk berikatan dengan asam dan menetralisirnya disebut buffer alkali. Anda akan sangat banyak membantu tubuh anda jika anda rajin minum air yang bersifat alkali seperti Kangen Water maupun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang diketahui berkontribusi dalam menyediakan buffer alkali bagi tubuh.

 

ORP (Oxidation Reduction Potential)

orp meter 

Semua cairan memiliki tingkat Oxidation Reduction Potential atau Potensi Reduksi Okksidasi atau yang biasa disingkat sebagai ORP. Hal ini merupakan potensi dari suatu cairan untuk mengurangi / menghentikan / ataupun memperlambat oksidasi. Oksidasi dapat dilihat ketika anda memotong apel menjadi setengahnya dan membiarkannya terkena udara terbuka. Oksigen di udara akan bereaksi terhadap apel yang terbelah tersebut kemudian mengoksidasinya (alias menghilangkan elektron yang bermuatan negatif dari dalam apel tersebut), sehingga apel tersebut berubah warnanya menjadi kecoklatan. Jika anda merendam apel dalam cairan yang memiliki ORP negatif yang tinggi misal pada air Kangen Water yang memiliki antioksidan yang tinggi, maka apel tersebut akan lebih lambat berubah warna menjadi coklat (alias teroksidasi) ketimbang anda merendamnya dalam air biasa yang tidak memiliki kandungan antioksidan.

oksidasi apel 

Anda juga dapat merendam apel ke dalam jus lemon. Jus lemon sendiri sangat kaya akan antioksidan, dan anda akan menyaksikan sendiri bagaimana apel tersebut akan tetap menjadi berwarna putih meskipun sudah berhari-hari. Oksidasi terjadi di dalam tubuh atau yang biasa juga disebut sebagai kerusakan akibat radikal bebas yang dapat diperlambat jika anda mengkonsumsi sesuatu yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti minum air Kangen Water. Hanya ORP negatif yang dapat mereduksi atau mengurangi tingkat oksidasi. ORP sendiri dapat diukur besaran nilainya.

 

Kebanyakan air seperti air keran atau air kemasan botolan ketika diukur akan menunjukkan nilai ORP yang positif dan berkisar pada angka +150 hingga +400. Mesin Kangen Water contohnya tipe Leveluk SD501, mampu mengubah air ini dari yang tadinya bersifat mengoksidasi kemudian memproses dan mengubahnya di dalam mesin Kangen Water sehingga air ini akan berubah menjadi penuh dengan antioksidan dengan nilai ORP NEGATIF pada kisaran -300  bahkan hingga sampai -700. Dengan kata lain air kangen water yang dihasilkan melalui mesin Kangen Water mengandung jumlah yang fantastis dari antioksidan yang alami dan mudah diserap oleh sel-sel tubuh. Semua cairan yang mengandung ORP negatif yang lebih dari -300 dikatakan merupakan substansi yang menguntungkan bagi tubuh atas kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan sendiri dikenal akan kemampuannya dalam menetralisir bahaya dari radikal bebas. Suatu cairan dapat diukur tingkat ORP-nya dengan menggunakan suatu alat yang dinamakan ORP meter.

 

Apakah setiap pemilik mesin Kangen Water seharusnya memiliki sendiri ORP meter?

orp meter 

Tidak, ORP meter ini harganya cukup mahal dan cukup sulit untuk dirawat. Cairan pH tester atau pH drops yang anda dapatkan ketikan membeli mesin Kangen Water sebenarnya merupakan suatu alat yang lebih dapat diandalkan untuk digunakan dalam mengukur jika mesin Kangen Water anda masih dapat mengionisasi air dengan baik. Sekali mesin Kangen Water anda telah didesain dan ditentukan sistemnya, maka rasio dari pH dan ORP-nya dapat dikatakan sudah disetel dengan sangat baik dari pabrik Enagic Kangen Water di Jepang.  Semakin kuat tingkat orp atau antioksidan dari mesin Kangen Water per unit pH-nya, maka semakin baik pula manfaat air kangen water itu bagi tubuh anda. Ini merupakan sebuah test dari desain dan kualitas atas air alkali untuk menjadi lebih kuat atau memiliki lebih banyak orp negatif pada setiap unit pH-nya. Jika mesin Kangen Water anda telah diujicoba level ORP-nya, dan ia baik pada permulaannya, maka ia akan terus menerus baik dan dapat terus menerus menghasilkan air alkali Kangen Water yang berkualitas selama pelat elektroda di dalam mesin tetap bersih. Anda dapat mengujicoba tingkat kebersihan dari pelat elektroda tersebut dengan mengetes pH macam-macam air yang bisa dihasilkan dari mesin Kangen Water anda seperti Strong Acidic Water ph 2.5, Beauty Water ph 6.0, Clean Water pH 7.0, Kangen Alkaline Water pH 8.5 hingga ph 9.5 dan Strong Kangen Water ph 11.5.  Anda tidak perlu secara konstan mengecek ORP dari air yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water anda. Anda dapat melakukan pengetesan pH ini sebulan sekali dan mencatat hasilnya. Jika anda menyadari bahwa pH nya menurun terus seiring berlalunya waktu, maka anda juga dapat mengambil kesimpulan bahwa ORP nya juga mengalami penurunan, dan sudah saatnya anda membersihkan mesin Kangen Water anda dengan cara E-Cleaning rutin maupun sistem Deep Cleaning.

 

Cara Merawat ORP Meter

probe orp meter 

Jika anda memiliki ORP meter sendiri, maka anda harus tahu cara untuk merawat ORP meter ini.

Pada orang-orang yang yang berharap memiliki dan menggunakan sendiri ORP meter, maka mereka harus mengetahui bahwa ada prinsip umum mengenai cara membersihkan dan merawat ORP meter ini. Tanpa pemahaman akan hal ini maka ORP meter anda akan rusak hanya dalam waktu satu bulan saja atau kurang setelah anda membelinya. Berikut ini cara untuk merawat ORP meter:

1. Jagalah agar probe (kepala ORP meter) agar tidak sampai kering.

2. Jagalah probe ORP meter untuk dimasukkan dalam cairan pH level yang sangat rendah alias bersifat asam pada selang waktu setiap penggunaan.

3. Kebanyakan ORP meter memiliki tutup yang datang bersamaan dengan probe dan anda dapat memenuhi tutup tersebut dengan cairan ph yang sangat asam sebelum memasukkan probe tersebut ke dalam tutupnya. Simpan di tempat yang tidak membuat cairan yang ada dalam tutup probe ini agar tidak cepat kering.

4. Jika probe ini kering diantara waktu testing, bersiaplah untuk melakukan proses bersih-bersih yang butuh usaha.

5. Gunakan sikat gigi khusus untuk menggosok dengan perlahan kepala probe ini.

6. Gunakan kertas amplas yanga amat sangat lembut seperti berukuran 220 grit untuk membersihkan lapisan kerak yang menutupi kepala probe tersebut. Lakukan hal ini sesuai kebutuhan dan dengan sangat hati-hati.

7. Bersiaplah untuk selalu menyimpan probe itu dalam cairan low acid atau cairan yang bersifat asam rendah selama berhari-hari dan lakukan proses pembersihan secara berulang kali hingga ORP meter anda kembali pada kondisi seperti semula dan dapat beroperasi dalam tingkat operasi yang benar. 

Demikianlah hal-hal yang harus anda perhatikan, lakukan dan anda rawat jika anda memiliki orp meter sendiri yang sifatnya sangat sensitif dan perlu perawatan yang intensif agar tidak cepat rusak.