Ketahui Mengenai Apa Itu ORP dan Hubungannya Dengan Kangen Water

apakah orp kangen water itu 

ORP merupakan singkatan dari Oxidation-Reduction Potential atau Potensi Reduksi-Oksidasi. Di beberapa gbagian dunia, ia dikenal juga dengan sebutan Redox Potential atau Potensi Redoks. Terkadang anda akan melihat kata "Oksidasi" dan "Reduksi" dituliskan tanpa menggunakan tanda penghubung "-" diantara kedua kata tersebut. Penggunaan tanda penghubung (dalam bahasa Inggrisnya adalah hypen) dikarenakan kedua reaksi kimiawi tersebut benar-benar saling berkaitan satu sama lainnya, salah satu hanya dapat terjadi jika reaksi yang satunya lagi juga ikut terjadi.

api

Ketika ahli kimia menggunakan istilah tersebut pada akhir abad ke-18, kata "oksidasi" artinya "berkombinasi dengan oksigen." Dulu hal tersebut merupakan sebuah konsep yang cukup radikal. Sampai sekitar 200 tahun yang lalu, orang-orang benar-benar menjadi kebingungan dengan sifat materi tersebut. Dibutukan seorang ahli kimia yang pintar untuk membuktikan, contohnya, bahwa api tidak terlibat terhadap pelepasan substansi yang misterius atau tidak diketahui, melainkan terjadi ketika oksigen berkombinasi secara cepat dengan suatu benda yang dibakar. 

apel coklat oksidasi

Kita dapat melihat contoh-contoh oksidasi di sepanjang waktu dalam kehidupan kita. Mereka terjadi dalam kecepatan yang berbeda-beda. Ketika kita melihat sebatang besi berkarat, atau ketika apel yang dipotong berubah menjadi kecoklatan, kita sebetulnya sedang melihat contoh-contoh dari oksidasi yang tergolong perlahan. Ketika kita melihat api, kita sebetulnya sedang melihat sebuah contoh oksidasi yang terjadi secara cepat. Sekarang kita tahu bahwa oksidasi terlibat dalam pertukaran elektron diantara 2 buah atom. Atom yang kehilangan sebuah elektron dalam prosesnya disebut "teroksidasi," sedangkan atom lainnya yang memperoleh sebuah elektron disebut "tereduksi." Ketika mengambil elektron ekstra tersebut, atom tersebut kehilangan energi elektrik yang menyebabkannya menjadi "lebih lapar" terhadap elektron yang lebih banyak.

Kita juga telah mengetahui bahwa materi dapat diubah namun tak dapat dihancurkan. Anda dapat mengubah strukturnya dan dapat menaikkan atau menurunkan jumlah energi yang dikandungnya, namun anda tidak dapat mengeliminasi blok pembangun dasar yang menjadikan suatu materi tersebut.

"Potensial" merupakan sebuah kata yang mengacu pada kemampuan alih-alih sebagai aksi. Kita sering mendengarnya terutama dalam dunia olahraga contohnya "Anak baru tersebut memiliki banyak sekali potensi, meski kita belum melihatnya melakukan apapun, namun kita tahu bahwa ia memiliki kemampuan untuk dapat menjadi seorang yang dapat menghasilkan sesuatu.)

Energi potensial merupakan energi yang tersimpan dan siap untuk digunakan. Meski ia belum bekerja, namun kita tahu bahwa energi tersebut ada di sana dan dapat kita gunakan kapanpun ketika kita membutuhkannya. Kata lainnya dari potensial mungkin adalah kata tekanan.

tiup balon

Tiuplah sebuah balon, maka akan ada tekanan udara di dalamnya. Selama kita membuat balon tersebut terikat rapat, maka tekanan yang ada di dalamnya akan tetap menjadi suatu energi potensial. Coba anda buka pengikat balon tersebut, maka seketika itu juga udara yang ada di dalamnya terhembus keluar, mengubah dari energi potensial (energi yang memungkinkan), menjadi energi kinetik (gerakan).

Dalam istilah elektrikal, energi potensial diukur dengan satuan volts. Energi yang aktual (aliran energi saat ini) diukur dengan satuan amps (ampere). Ketika anda meletakkan alat pengukur volt di antar ujung baterai, nilai yang terukur yang anda dapatkan adalah perbedaan tekanan elektrikal, yaitu potensial, di antara kedua ujung baterai tersebut. Tekanan ini mewakili kelebihan elektron yang ada di salah satu kutub baterai (diakibatkan, secara tidak sengaja, oleh sebuah reaksi kimia di dalam baterai) yang siap sedia untuk mengalir ke ujung baterai yang satunya lagi.

Ketika kita menggunakan istilah potensial dalam menjelaskan mengenai ORP, kita sebetulnya sedang berbicara mengenai potensial elektrik atau voltase. Kita sedang membaca voltase yang sangat kecil yang dihasilkan ketika sebuat logam ditempatkan di dalam air terhadap kehadiran agen pereduksi dan pengoksidasi. Voltase ini memberikan kita indikasi terhadap adanya potensial transfer dari elektron-elektron.

 

Hubungan Antara ORP dan pH

orp meter

ORP dan pH merupakan dua buah pengukuran yang berbeda, namun mereka berdua memiliki kedekatan satu dengan yang lainnya. Cairan yang bersifat asam memiliki ORP bernilai positif (dengan nilai lebih besar dari 0), sedangkan cairan yang bersifat basa atau alkali seringnya memiliki ORP yang bernilai negatif (dengan nilai angka kurang dari 0). Air yang diproses dengan cara ionisasi atau pemberian arus listrik seperti pada air minum Kangen Water yang diproses menggunakan mesin ionisasi air Kangen Water, memiliki nilai ORP negatif yang tinggi dan karenanya ia memiliki kandungan sebagai suatu antioksidan.

Jadi ketika anda mengatakan bahwa sesuatu itu merupakan "antioksidan", maka anda sedang mengatakan bahwa ia memiliki ORP yang bernilai negatif. Semakin tinggi nilai ORP negatifnya, maka semakin kuat pula nilai kandungan antioksidan yang dikandungnya. Air minum Kangen Water dengan pH 9.5 yang dihasilkan melalui mesin Kangen Water tipe SD 501 dapat mengadung antioksidan sangat tinggi yaitu berkisar antara -600 mV hingga -800 mV ketika diukur menggunakan ORP meter. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa air minum Kangen Water merupakan antioksidan yang kaya elektron dan sangat baik dalam membantu mencegah atau menetralisir bahaya oksidasi di dalam tubuh.

Berikut ini hasil video pengukuran ORP negatif (antioksidan) yang terkandung di dalam Kangen Water menggunakan alat pengukur ORP:

 

Artikel berikut ini merupakan kutipan dari tulisan mengenai Manfaat dari Air Alkali Ionisasi yang ditulis oleh Dr. Hidemitsu Hayashi, MD, Direktur Water Institute of Japan.

"Pada dasarnya, reduksi maksudnya adalah penambahan sebuah elektron (e-), dan sebaliknya, oksidasi, artinya adalah pembuangan sebuah elektron. Penambahan sebuah elektron, atau reduksi, menyimpan energi dalam senyawa tereduksi. Pembuangan sebuah elektron, atau oksidasi, membebaskan energi dari senyawa teroksidasi. Kapanpun suatu zat atau substansi direduksi, maka yang lainnya akan teroksidasi.

potensi redoks

"Untuk mengklarifikasi istilah ini, bayangkan dua molekul apa saja, misalnya A dan B. Ketika molekul A dan B mengalami kontak, inilah yang akan terjadi: B mengambil sebuah elektron dari molekul A; molekul A menjadi teroksidasi dikarenakan ia kehilangan sebuah elektron; disisi lain nilai muatan bersih dari molekul B menjadi tereduksi dikarenakan ia memperoleh sebuah elektron negatif (e-).

"Dalam sistem biologis, pengurangan atau penambahan terhadap sebuah elektron merupakan mekanisme yang paling sering terhadap reaksi reduksi oksidasi. Reaksi reduksi oksidasi sering disebut dengan istilah reaksi redoks." - Dr. Hayashi merupakan seorang dokter spesialis jantung dan juga direktur dari Water Institute of Japan.

 

Mesin Penghasil Air Antioksidan

mesin air antioksidan 

Demikianlah pengetahuan mengenai ORP. Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kami Enagic Kangen Water Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha PT. Enagic Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!