Bagaimana Cara Mengetahui Jika Anda Sudah Cukup Minum Air Putih?

cukup minum air putih kangen water

Sepanjang hari, tubuh anda akan kehilangan air melalui urinasi dan keringat, bahkan meskipun anda juga tidak sedang berolahraga sekalipun tubuh anda akan mengeluarkan air. Sebagai hasil dari hal ini maka anda harus secara konstan mengisi ulang cairan ini dengan air putih yang berkualitas tinggi seperti Kangen Water, dan satu hal lagi, soft drinks atau minuman bersoda maupun kopi tidak dihitung sebagai air yang tepat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ini.

Kopi dan soda secara umum merupakan jenis minuman yang tinggi kafein, yang bertindak sebagai diuretik alias memicu buang air kecil sehingga dapat membuat anda menjadi dehidrasi. Yang lebih parah adalah soda, jus buahan yang tidak alami, serta minuman dengan tambahan pemanis merupakan sumber utama fruktosa yang hanya akan berakibat buruk pada kesehatan anda.

Jadi kunci untuk mengganti cairan tubuh yang paling baik adalah dengan minum air putih yang bersih seperti air Kangen. Namun tahukan anda berapa banyak air yang butuh untuk anda minum setiap harinya? Beberapa ada yang mengatakan anda harus minum air 8 gelas setiap harinya, sementara hal ini terkadang ada orang yang merasa terlalu banyak dan ada juga orang yang merasa jumlah ini kurang. Kebutuhan air putih bagi tubuh anda bervariasi tergantung dari berbagai faktor seperti tingkat aktivitas dan kondisi cuaca. Untungnya tubuh anda dilengkapi dengan suatu mekanisme yang dapat memberitahukan anda kapan saatnya anda harus mengisi ulang cairan di dalam tubuh anda dimana mekanisme otomatis dari tubuh ini disebut dengan yang namanya rasa haus. Dan ada cara yang paling sederhana untuk mengukur apakah anda cukup minum air sekalipun anda tidak merasakan haus.

 

Bagaimana Cara Membaca Tanda-Tanda Kebutuhan Air Bagi Tubuh Anda

haus dehidrasi kangen water

Ketika tubuh anda kehilangan 1 atau 2 persen dari total air di dalam tubuh, maka ia akan mengeluarkan sinyal dengan jalan membuat anda merasa haus. Menggunakan rasa haus sebagai patokan untuk seberapa banyak air yang harus anda minum merupakan salah satu cara yang baik untuk memastikan kebutuhan individual anda akan air putih dapat terpenuhi setiap harinya. Namun ketika mekanisme rasa haus memberikan sinyalnya pada anda, itu juga artinya anda telah mengalami sedikit dehidrasi.

Rata-rata studi menunjukkan bahwa 2/3 orang mengalami dehidrasi sehingga perlu minum air yang lebih banyak. Hal ini khususnya benar bagi orang-orang yang berusia lanjut. Oleh karena itu jadilah bijak dengan jalan mengetahui ciri-ciri lain jika tubuh anda membutuhkan air selain dari rasa haus. Sinyal-sinyal ini biasanya juga diberikan tubuh dengan gejala yang tidak terlalu terasa atau sangat halus, karena itu anda harus belajar mengetahui tanda-tanda ini juga seperti:

1. Rasa lelah atau mood tidak stabil

2. Merasa lapar meskipun anda baru saja makan

3. Sakit punggung atau sakit pada persendian

4. Kulit kering dan kusam serta mulai tampak keriput

5. Jarang buang air kecil, dan ketika buang air kecil warnanya gelap

6. Konstipasi atau sembelit

 

Warna Urine Anda Sebagai Penanda Penting

warna urine yang sehat kangen water

Disamping mendengarkan sinyal rasa haus, hal yang patut anda perhatikan juga adalah dengan melihat warna air seni anda untuk mengetahui apakah tubuh anda kekurangan air atau tidak. Anda harus minum air yang banyak untuk mengubah warna urine anda menjadi berwarna kuning cerah ataupun putih yang menandakan asupan air di tubuh anda tercukupi.

Urine yang berwarna kuning gelap bahkan cenderung coklat memberitahu bahwa ginjal anda sedang menahan cairan dalam upayanya untuk mempertahankan fungsi sistem tubuh termasuk dalam proses detoksifikasi. Sebagai hasilnya, urine anda akan tampak terkonsentrasi dan menjadi berwarna gelap. Selain itu air yang tertahan di ginjal ini juga mengakibatkan anda akan buang air kecil lebih jarang. Semua itu merupakan sistem mekanisme otomatis tubuh agar cairan yang keluar dari tubuh tidak terlalu banyak dan jumlah sisa air di dalam tubuh menjadi sangat berharga bagi tubuh anda agar tubuh bisa tetap berfungsi.

Dikarenakan sistem mekanisme rasa haus anda akan mengalami penurunan sedikit demi sedikit seiring berlalunya waktu, orang-orang yang berusia lanjut harus memberi perhatian ekstra pada warna urine mereka untuk memastikan bahwa terdapat jumlah cairan yang mencukupi.

Harap diingat bahwa riboflavin (vitamin B2, yang juga ditemukan pada sebagian besar multivitamin) akan mengubah urine anda menjadi terang atau kuning yang berpendar. Jadi jika anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B2, maka akan cukup sulit untuk menilai apakah kebutuhan air anda mencukupi hanya berdasarkan melihat warna urine saja.

Frekuensi buang air kecil juga dapat sebagai penentu mengenai asupan air ke dalam tubuh anda. Organ yang sehat biasanya buang air kecil rata-rata sebanyak 7 hingga 8 kali sehari. Jika frekuensi buang air kecil anda sedikit atau anda tidak buang air kecil selama beberapa jam, hal ini mengindikasikan bahwa anda tidak cukup minum air yang banyak.

 

Gejala-Gejala Dehidrasi Kronis

dehidrasi kronis kangen water

Gejala utama dari dehidrasi adalah rasa haus, kulit kering, urine yang berwarna gelap pekat dan rasa lelah. Namun ada hal lain yang umumnya tidak diperhatikan mengenai gejala-gejala yang bisa jadi menunjukkan bahwa anda telah mengalami dehidrasi kronis baik akut maupun tidak akut. Gejala-gejala tersebut misalnya:

1. Masalah dalam pencernaan seperti heartburn atau konstipasi

2. Rasa bingung dan gelisah

3. Infeksi pada saluran kencing

4. Penuaan dini

5. Kolesterol tinggi

Jika anda mengalami gejala-gejala ini, segera lakukan perbaikan dengan mengasup air putih lebih banyak. Sangat disarankan bagi anda untuk minum air putih berkualitas tinggi seperti Kangen Water karena ia bersifat alkali dan kaya antioksidan sehingga sangat bagus dalam menghidrasi, membilas dan membantu menbersihkan tubuh anda.

 

Dehidrasi Umumya Terjadi Pada Orang Yang Lanjut Usia

dehidrasi orang tua

Berdasarkan penelitian terbaru, satu dari lima orang berusia lanjut tidak cukup minum air setiap harinya. Diantara semua orangtua tersebut yang tidak memiliki asistem pribadi, jumlahnya bisa meningkat hingga satu berbanding empat orang. Selain itu orangtua yang mengalami demensia atau pikun resikonya meningkat bahwa mereka mengalami dehidrasi 6 kali lipat dibandingkan orangtua yang normal.

Dehidrasi menjadi hal yang umum diantara orang-orang yang makan obat-obatan medis. Berdasarkan berita dari BBC sebagai berikut:

"Dalam sebuah sertifikat analisa kematian pada tahun 2013 oleh Kantor Statistik Nasional Inggris menunjukkan bahwa 1.158 orang yang tinggal di panti mengalami kematian akibat hal yang berhubungan dengan dehidrasi antara tahun 2003 hingga tahun 2012.

Namun Dr. Lee Hooper mengatakan bahwa angka tersebut tidak sepenuhnya pasti dikarenakan pasien-pasien tersebut sering berhenti makan dan minum di penghujung usia mereka. Dr. Lee Hooper juga menekankan bahwa sementara panti dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik, hal yang juga penting adalah mengindentikfikasi dehidrasi dan memecahkan masalah tersebut juga tak kalah kompleksnya.

Alasan mengapa orang yang lanjut usia tidak minum cukup air adalah karena seiring bertambahnya usia, kita kehilangan rasa haus, jadi kemungkinan orangtua ini tidak merasa haus atau bisa juga penyebabnya mengenai orangtua ini tidak minum karena membatasi diri karena mereka memiliki banyak sekali interaksi sosial atau bisa juga mereka susah bolak balik ke kamar mandi serta bisa jadi mereka lupa untuk minum."

 

Minumlah Air Putih Sehat Yang Lebih Banyak

minum distributor kangen water indonesia

Minum banyak air putih yang berkualitas baik seperti air putih Kangen Water akan menjaga agar tubuh anda tetap terhidrasi atau terjaga asupan cairan di dalam sel-sel tubuh sehingga mekanisme tubuh dapat bekerja secara lebih efektif dan pada akhirnya dapat membantu anda melaksanakan aktivitias sehari-hari dengan penuh semangat.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water Jakarta siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, mitra usaha Enagic Kangen Water Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!