Tips Mengatasi Sembelit dan Melancarkan Pergerakan Usus

tips mengatasi konstipasi sembelit

Memiliki sistem pencernaan yang sehat merupakan salah satu hal yang sangat krusial bagi tubuh anda. Mengalami konstipasi atau sembelit alias susah buang air besar tak hanya akan membuat anda merasa tidak nyaman, namun hal itu juga dapat mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan anda. Dan saat ini tampaknya semakin banyak orang yang bermasalah dengan kondisi susah air besar ini. Melalui artikel ini mari kita bahas mengenai masalah sembeli serta cara mengatasinya.

 

Apa itu konstipasi alias sembelit?

Konstipasi atau sembelit adalah suatu masalah dalam sistem pencernaan yang menyebabkan feses menjadi keras sehingga susah untuk dikeluarkan. Secara umum kita dikatakan mengalami konstipasi atau sembelit jika proses buang air besar kita hanya sekitar 3 kali ataupun kurang dari itu dalam 1 minggu.

 

Bagaimana Sembelit Terjadi?

bagaimana sembelit terjadi

Sembelit terjadi ketika tinja di dalam usus anda mengalami dehidrasi. Air diserap dari usus besar untuk menghidrasi tubuh. Ketika hanya sedikit tersedia air di dalam usus, maka tinja akan menjadi kering, keras dan susah untuk bergerak dalam saluran usus.

Penyebab terjadinya sembelit ini dikarenakan kita tidak cukup banyak minum air putih, sedikit makan buah-buahan dan sayuran dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan, junk food, yang secara umum tidak mengandung serat.

 

Apakah Konsumsi Obat-obatan Laksatif atau Pencuci Perut Ketika Sembelit Merupakan Solusinya?

obat laksatif pencahar kuras perut

Sebagian besar orang akan mengkonsumsi obat laksatif / obat pencahar / obat pencuci perut ketika mereka mengalami konstipasi atau sembelit ini, namun tahukah anda bahwa hal ini ternyata bukanlah sebuah ide yang terbaik. Obat-obatan laksatif diibaratkan sebagai sebuah bom kecil yang masuk ke dalam kolon atau usus anda. Obat-obatan laksatif ini dapat mengakibatkan pergerakan usus sehingga menimbulkan rasa sakit perut dengan jalan mengiritasi usus. Hal ini menyebabkan otot-otot di usus menjadi kejang sehingga secara artifisial mengeluarkan tinja melalui proses buang air besar.

Tentu saja hal ini bukanlah suatu hal yang baik karena ia melatih usus untuk bergantung pada bantuan dari luar untuk proses BAB. Secara esensial, obat-obatan laksatif membuat otot-otot di usus menjadi "malas." Hal ini pada akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya konstipasi kronis dan ketergantungan akan obat-obatan laksatif ini. Terkecuali hanya jika dokter yang menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat-obatan laksatif terhadap masalah sembelit anda, maka anda sebaiknya tidak berinisiatif sendiri untuk mengkonsumsi obat-obatan ini. Obat-obatan laksatif ini bukanlah jawaban dan dapat mengakibatkan masalah sembelit anda menjadi lebih parah di kemudian hari.

 

Lalu Bagaimana Solusi Yang Aman dan Alami Untuk Mengatasi Masalah Konstipasi atau Sembelit Ini?

Pada sebagian besar kasus, sembelit dapat diatasi dengan mudah dengan melakukan 5 langkah sederhana ini:

1. Minum air putih yang banyak

minum air putih kangen water konstipasi sembelit

Dikarenakan konstipasi berhubungan erat dengan terjadinya dehidrasi pada usus, maka anda harus memastikan bahwa anda minum air putih dalam jumlah yang banyak. Ketika tubuh anda terhidrasi dengan baik, maka akan lebih sedikit air yang ditarik dari usus sehingga hal ini dapat membuat kotoran atau tinja di dalam usus menjadi lembut dan mudah untuk dikeluarkan. 

Jika anda minum air putih yang berkualitas baik seperti Kangen Water, maka ia akan lebih cepat "membasahi" seluruh sel dan organ-organ tubuh anda termasuk membantu proses pembuangan menjadi lebih lancar, aman dan alami. 

 

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Banyak Serat dari Buah dan Sayuran

buah sayur serat untuk konstipasi sembelit

Terdapat 2 jenis serat, yaitu serat yang dapat larut dan serat yang tidak dapat larut. Kedua jenis serat ini penting untuk menjaga agar proses buang air besar anda tetap lancar. Serat yang dapat larut menyerap dan berikatan dengan toksin dan kolesterol sehingga ia dapat dikeluarkan ketika anda buang air besar. Serat yang mudah larut ini juga dapat menjaga agar tinja anda tetap lunak dikarenakan ia menyerap air. Di sisi lain, jenis serat kedua yaitu serat yang tidak dapat larut juga penting karena ia dapat menambahkan volume pada tinja dan ia dapat diibaratkan sebagai sebuah sapu, ia dapat membantu membersihkan seluruh kotoran-kotoran yang tertinggal di dalam saluran pencernaan.

Bagaimana dengan konsumsi suplemen yang mengandung serat? Jawabannya adalah, solusi yang paling baik, aman dan alami yang harus anda utamakan adalah mengkonsumsi makanan berserat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan alami. Itulah yang lebih baik ketimbang menggunakan produk artifisial.

 

3. Tambahkan Pola Makan Anda dengan Makanan yang Mengandung Omega 3

minyak ikan untuk konstipasi sembelit

Minyak omega 3 dapat membantu melumasi saluran pencernaan anda sehingga baik makanan maupun limbah sisa dapat bergerak melalui usus anda dengan mudah. Minyak ikan sejauh ini merupakan sumber terbaik untuk omega 3, alternatif lain adalah flaxeed oil juga bagus untuk anda konsumsi.

 

4. Olahraga Untuk Mencegah Konstipasi / Sembelit

aerobik untuk sembelit

Rajin berolahraga seperti aerobik juga bagus untuk dilakukan untuk mencegah masalah konstipasi di kemudian hari. Contoh lainnya selain aerobik yaitu berlari. Tipe olahraga ini dapat membantu menimbulkan getaran di dalam tubuh dan membuat saluran usus bergerak, kemudian teciptalah gravitasi dan membuat isi di dalamnya (termasuk tinja / feses) melaju.

  

5. Kurangi Stress

meditasi

Tahukah anda stress ternyata juga memiliki dampak besar terhadap masalah konstipasi atau sembelit. Cobalah hindari stress dengan relaksasi dan memfokuskan diri pada hal-hal yang positif. Jika anda melakukan hal ini, dampaknya tak hanya akan bagus bagi saluran pencernaan anda, namun juga bagi pikiran dan jiwa anda. 

Demikianlah 5 langkah untuk mengatasi maupun mencegah masalah sembelit secara aman dan alami. Sebagai tambahan berikut ini merupakan ciri-ciri yang harus anda ketahui bahwa tubuh anda tidak mengalami masalah sembelit dan proses BAB anda dikatakan normal.

 

Ciri BAB (Buang Air Besar) yang Normal

ciri tinja yang baik

  • Saat anda BAB, anda tidak perlu mengejan. Tinja dapat keluar dengan mudah. Jika anda mengejan maka itu merupakan ciri tubuh anda telah mengalami konstipasi.
  • Tinja berbentuk satu bentukan yang padat namun lembut seperti sosis atau hotdog.
  • Tinja anda tenggelam di dalam air. Jika ia mengapung maka kemungkinan lemak yang terkandung dalam pola makan anda tidak dicerna secara benar.
  • Warna tinja kuning kecoklatan dan tidak berwarna coklat terlalu gelap.
  • Baunya tidak terlalu menyengat.

Mengetahui bahwa proses BAB anda lancar merupakan satu hal yang penting. Memastikan bahwa proses BAB anda terjadi secara reguler setiap hari merupakan salah satu indikator kesehatan anda. Jika anda tidak buang air besar secara teratur setiap hari serta ciri-ciri tinja atau kotoran anda tidak seperti yang tertulis di atas maka anda bisa curiga bahwa ada sesuatu yang salah.

Ketika hal ini terjadi, cobalah kembali ke solusi paling dasarnya yaitu minum cukup banyak air putih (terutama air putih yang berkualitas baik seperti Kangen Water untuk menghindari terjadinya dehidrasi, konsumsi makanan berserat alami yang berasal dari sayuran dan buahan, mengkonsumsi omega 3, berolahraga ringan serta menghindari stress. Salam sehat selalu.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda!

Kami mitra usaha resmi Enagic Kangen Water Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta, Surabaya, Bandung maupun untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!