Bagaimana Mencegah Terjadinya Dehidrasi Di Kalangan Orang Lanjut Usia?

orang tua minum air 

Ketika usia semakin bertambah, orang-orang yang berusia lanjut rentan terkena dehidrasi dikarenakan adanya perubahan pada persepsi rasa haus, kehilangan konsentrasi ginjal, dan efektivitas vasopressin (hormon anti diuretik) yang gagal. Terdapat beberapa efek samping akibat dehidrasi termasuk diantaranya adalah infeksi, kejang, gagal ginjal, peradangan otak dan koma, serta kondisi yang paling buruk adalah kematian. Oleh karenanya mencegah dehidrasi diantara orang-orang yang sudah berusia lanjut tergolong sangat penting.

 

Kenapa Hidrasi Itu Sangat Penting?

air di dalam tubuh

Air memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Ia bertindak sebagai pembawa nutrisi dan membantu dalam mendistribusikan nutrisi-nutrisi tersebut ke seluruh tubuh. Selain itu air juga membantu dalam proses lubrikasi persendian dan jaringan di sekeliling mulut, mata dan telinga, air mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit dan berperan dalam pembuangan limbah-limbah beracun dalam tubuh melalui hati dan ginjal. Oleh karena hal tersebut, menjaga agar kondisi air tetap seimbang di dalam tubuh sangatlah vital untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

 

Bagaimana Dehidrasi Di Kalangan Orang Lanjut Usia Terjadi?

Sayangnya, dehidrasi merupakan hal yang umum terjadi di kalangan orang-orang yang berusia lanjut dikarenakan pusat rasa haus tidak bekerja dengan baik jika dibandingkan oleh orang-orang yang berusia muda. Konsekuensi hal ini adalah, orang-orang berusia lanjut tersebut tidak merasa kalau mereka sedang mengalami dehidrasi. Beberapa kondisi medis seperti diabetes juga mempengaruhi tingginya tingkat ekskresi urine dikarenakan dehidrasi. Penyebab lainnya termasuk keringat berlebihan, diare dan muntah.

 

Efek Samping Dehidrasi

Dehidrasi pertama-tama menyebabkan orang minum lebih banyak cairan, namun jika tubuh tidak dapat mengatasi hilangnya air, maka kondisi tersebut akan memburuk. Orang tersebut akan lebih sedikit berkeringat dan menjadi jarang buang air kecil. Jaringan-jaringan tubuh menjadi kering dan sel-sel tubuh mengkerut sehingga menyebabkan malfungsi. Sebagai hasilnya orang yang mengalami dehidrasi akan menjadi bingung. Ciri-ciri lain misalnya lebih gampang emosi, tekanan darah rendah dan mengigau. Gagal ginjal dan kejang-kejang juga dapat pula terjadi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat mengakibatkan koma dan kematian.

 

Cara Untuk Melawan Dehidrasi

Jika orang yang berusia lanjut tersebut tinggal seorang diri, sangatlah baik jika anggota keluarga sering mengunjungi ataupun menelpon secara teratur, dan memastikan kalau mereka minum cukup banyak air putih setiap harinya.

 

Sarankan Minum Air Putih

air putih kangen

Selama beberapa waktu, kita disarankan untuk minum sebanyak minimal 8 gelas sehari, namun mitos ini dibantah oleh sebuah studi tahun 2002 oleh Valtin mengatakan bahwa minum air ketika kita merasa haus tidaklah cukup untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Di tahun 2004, Institute of Medicine setuju dengan penemuan ini, namun membuat beberapa perkecualian untuk orang-orang yang tinggal di lingkungan yang lebih hangat serta orang-orang yang mengalami masalah-masalah medis. Namun demikian terlepas dari semua hal ini, standar minimal yang bisa kita terapkan adalah setidaknya sarankan para orang tua tersebut minum air putih paling minimal 8 gelas sehari. Itu sudah menjadi standar yang setidaknya cukup baik.

 

Perkenalkan Dengan Berbagai Variasi Minuman

Jika ada orang tua yang mengalami kesulitan minum air putih, perkenalkan juga variasi minuman lain di samping air putih seperti teh ataupun jus buah segar. Untuk alkohol, minuman bersoda dan kopi harus dihindari dikarenakan jenis minuman tersebut dapat mengakibatkan efek diuretik (merangsang untuk buang air kecil) yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya kehilangan jumlah air di dalam tubuh menjadi lebih banyak lagi. Minum air putih yang berkualitas seperti Kangen Water juga sangat disarankan karena jenis air putih ini sangat bagus bagi kesehatan tubuh, membantu menambah energi dan membantu dalam proses sirkulasi darah yang sehat.

 

Tambahkan Pula Makanan Yang Mengandung Banyak Air 

semangka berair

Mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang juga membantu mengatasi dehidrasi. Buah-buahan seperti semangka, strawberi, blewah, serta sayur-sayuran seperti brokoli, wortel dan kentang memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu orang yang berusia lanjut tersebut memenuhi kebutuhan asupan air harian sebagai tambahan mereka di samping mengkonsumsi sup ataupun masakan yang direbus. 

 

Minum Air Putih Berkualitas Baik

air putih kangen

Air putih Kangen Water yang dihasilkan melalui mesin ionisasi air Kangen Water teknologi Jepang menjadikan air putih memiliki sifat alkali, kaya antioksidan dan berukuran molekul yang lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh sel-sel tubuh ketika diminum. Air putih Kangen Water memiliki kualitas yang lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan air biasa. Rutin minum air putih Kangen Water ini setiap hari menjadikan proses hidrasi yang maksimal serta tidak menimbulkan rasa kembung ketika diminum, hasilnya, para orang yang berusia lanjut dapat minum air putih lebih banyak dengan cara yang lebih enak.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kami mitra usaha PT. Enagic Indonesia, Kangen Water Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk seluruh kota di Indonesia.

Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Enagic Kangen Water Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!