Berapa Sih Standar Minimal Minum Air Putih Setiap Hari Untuk Menjaga Tubuh Kita Agar Tetap Sehat?

minum air putih kangen water

Kita tentunya sering mendengar nasihat agar minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari, namun apakah hal itu sudah dianggap cukup atau malah kurang? Berapa jumlah minum air putih yang ideal sebetulnya dan bagaimana cara menghitungnya?

Berdasarkan data dari Mayo Clinic, berapa banyaknya jumlah air putih ideal yang kita minum setiap hari sebetulnya turut dipengaruhi dari aktivitas fisik harian kita maupun wilayah tempat kita tinggal. Orang-orang yang hari-harinya dipenuhi aktivitas fisik yang tinggi serta tinggal di daerah panas atau beriklim lembab akan membutuhkan asupan air ke dalam tubuh yang lebih banyak ketimbang orang yang memiliki aktifitas fisik harian rendah. Namun secara umum, para ahli merujuk pada pedoman yang dibuat oleh The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine dimana disarankan untuk mengganti cairan yang ada di dalam tubuh setiap hari baik melalui makanan atau minuman paling tidak sebanyak 3,7 liter total air perhari bagi pria dewasa dan bagi para wanita dewasa sebanyak 2,7 liter total air perhari. Dari angka tersebut, jika kita rata-ratakan hanya dengan mengasup air putih saja (alias cairan yang berasal dari makanan tidak turut dihitung), maka paling tidak sebaiknya pria minum air putih sebanyak 3 liter perhari (sekitar 13 gelas) dan wanita sebanyak 2,2 liter perhari atau sebanyak 9 gelas air putih perhari. Jika anda dapat minum air putih lebih banyak dari jumlah tersebut tentunya akan semakin bagus.

 

Bahaya Dehidrasi

Setiap hari kadar air di dalam tubuh anda akan berkurang melalui proses pernapasan, keringat, air seni dan buang air besar. Agar tubuh anda dapat bekerja secara maksimal, maka anda harus menggantikan air yang hilang dalam tubuh dengan mengkonsumsi minuman terutama air putih serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air.

chart urine dehidrasi

Kenali gejala-gejala dehidrasi atau kurangnya kadar air dalam tubuh anda. Jika air seni anda terlihat berwarna gelap dan memiliki bau yang menyengat, maka bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa tubuh anda kekurangan cairan alias anda mengalami dehidrasi. Selain itu gejala-gejala lain yang bisa anda rasakan kala tubuh anda kekuarangan cairan misalnya mulut yang terasa kering, sakit kepala atau pusing, rasa lelah dan lekas emosi. Jika hal ini tidak segera anda atasi maka tahapnya akan berlanjut ke tingkat yang lebih buruk seperti jantung berdegup kencang dan cepat, delirium atau hilang kesadaran, serta bisa jadi anda harus diinfus jika tubuh anda terlalu banyak kehilangan cairan dan tidak lekas diganti.

 

Alasan Penting Kenapa Minum Air Putih Adalah Sebuah Kewajiban

Selain hal di atas mengenai bahaya dehidrasi, ada alasan-alasan lain yang tak juga kalah pentingnya kenapa kita harus terus menerus banyak minum air putih setiap hari, bahkan meskipun kita tidak sedang merasa haus. Berikut ini alasan-alasan penting tersebut:

1. Menjaga Fungsi Otak Selalu Baik

otak butuh air

Banyak orang yang dapat merasakan sendiri bahwa jika mereka mengkonsumsi air dalam jumlah yang sedikit setiap harinya selain level energi mengalami penurunan, daya konsentrasi otak serta kecepatan berpikir pun juga mengalami penurunan. Sebenarnya ada banyak penelitian bahwa air putih sangat bepengaruh bagi kinerja otak seperti yang dijelaskan oleh seorang ahli nutrisi yaitu Dr. Corrine Allen. Selain penelitian dari Dr. Corrine Allen, ada juga penelitian dari jurnal ilmiah PUBMED bahwa dehidrasi ringan yang terjadi pada wanita dapat mempengaruhi mood dan tingkat konsentrasi, serta meningkatkan frekuensi terjadinya sakit kepala.

2. Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat badan

Berdasarkan sebuah penelitian, minum air sebanyak 500 ml dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24-30% untuk sementara waktu. Selain peningkatan metabolisme, berdasarkan hasil penelitian orang-orang yang menjalani diet yang rutin minum air putih sekitar 500 ml sebelum makan dapat mengurangi nafsu makannya sehingga pada akhirnya hal ini dapat membantu dalam upaya menurunkan berat badan yang sehat.

3. Mengganti Cairan yang Hilang Ketika Berolahraga

Jika saat anda sedang berolahraga dan mengeluarkan keringat yang banyak, maka pastikan anda mengisi ulang kembali cairan yang hilang di tubuh anda dengan banyak minum air putih. Konsumsi air putih saat berolahraga memastikan energi anda kembali meningkat dan mengurangi rasa lelah pada otot.

4. Membantu Mengurangi Sakit Kepala

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat memicu sakit kepala dan migrain pada orang-orang tertentu. Beberapa studi menunjukkan bahwa minum banyak air putih dapat membantu meredakan rasa sakit kepala, terutama bagi orang-orang yang biasa minum air dalam jumlah sedikit setiap harinya.

5. Membantu Meredakan Konstipasi

susah buang air besar

Konstipasi atau sembelit adalah kondisi dimana seseorang susah untuk buang air besar. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka hal ini dapat membantu memperlancar pergerakan usus serta membantu dalam proses buang air besar. Minumlah beberapa gelas air putih secara teratur setiap bangun tidur di pagi untuk memastikan proses buang air besar anda lancar pada hari itu. Akan lebih baik jika air putih yang anda minum adalah Kangen Water dikarenakan ukuran cluster molekul air ini yang lebih kecil dibandingkan air putih biasa sehingga dapat membantu memperlancarnya proses pergerakan usus anda dalam membuang limbah yang menumpuk di dalam tubuh.

6. Membantu Dalam Mencegah Masalah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan hal yang menyakitkan dimana terjadinya penumpukan kristal mineral di dalam sistem urinoir sehingga menghambat proses buang air kecil. Banyak mengkonsumsi air putih setiap hari dapat membantu mencegah masalah batu ginjal di kemudian hari.

7. Menjaga Kelembaban Kulit

kulit indah minum air putih

Rajin minum air putih dalam jumlah yang banyak setiap hari memastikan kulit di seluruh tubuh anda terjaga kelembabannya. Dengan kulit yang terjaga kelembabannya maka kita dapat menghindari masalah-masalah yang umumnya terjadi pada kulit seperti kulit kering, kasar, keriput maupun jerawat. Hidrasilah kulit anda dari dalam dengan banyak mengkonsumsi air putih berkualitas seperti Kangen Water setiap harinya serta dikombinasikan dengan menyemprotkan air kecantikan Beauty Water ke wajah anda agar terjaga kesegaran dan kelembabannya.

8. Peremajaan Tubuh

Dikarenakan hampir 70% tubuh manusia terdiri atas air, maka mengganti air di dalam tubuh kita dengan yang air yang baru dan segar setiap hari bisa dikatakan sebagai sebuah upaya untuk meremajakan tubuh. Untuk memastikan anda banyak mengkonsumsi air putih setiap hari cobalah bawa selalu botol air minum anda sendiri kemanapun anda pergi dan targetkan untuk menghabiskan air tersebut setiap harinya. Jika anda tidak menyukai rasa air putih yang tawar, anda dapat mengubahnya menjadi infused water dengan menambahkan irisan buah lemon, strawberry, nanas ataupun daun mint segar agar air putih tersebut memiliki rasa yang anda sukai.

 

Air Putih Yang Baik

mesin air putih kangen water

Jika anda menginginkan asupan air putih yang memiliki kualitas yang baik, cobalah minum air putih yang fresh baru diproduksi dari mesin Kangen Water. Air putih yang diproses menggunakan mesin Kangen Water memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta lebih gampang diserap oleh tubuh dikarenakan ukuran cluster molekulnya yang lebih kecil jika dibandingkan air putih biasa. Rajin mengkonsumsi air putih Kangen Water setiap hari dapat turut membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh anda beserta keluarga. Sudahkah anda minum air putih yang banyak hari ini?

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kami Kangen Water Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk kota Jakarta, Kangen Water Bandung, Surabaya, Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi, Aceh, Solo, Papua, Kendari, Ambon, Maluku, demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha PT. Enagic Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!