6 Tips Sederhana Untuk Memperoleh Kulit Yang Cantik dan Sehat 

tips kulit cantik sehat 

Baik perempuan maupun laki-laki, siapa sih yang tidak mau kulitnya sehat, bersih dan terawat dengan baik? Untuk mendapatkan kulit yang sehat tentunya ada hal-hal dan perawatan khusus yang harus kita lakukan. Perawatan tersebut bukan artinya harus pergi ke pusat perawatan kecantikan yang mahal. Ada hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan sendiri juga di rumah untuk menjaga dan merawat kesehatan dan kecantikan kulit kita. Yuk simak 6 tips sederhana untuk mendapatkan kulit yang cantik berikut ini:

1. Minum air putih 

minum air putih kulit cantik 

Mungkin salah satu dari hal yang paling esensial dari kulit yang sehat adalah tingkat kelembaban kulit itu sendiri, baik di bagian dalam maupun di bagian luar. Ketika kita membicarakan tentang kesehatan dan kecantikan kulit, maka hidrasi atau kecukupan kadar air merupakan salah satu kunci yang penting. Air menjaga agar kulit anda sehat dan tetap elastis dengan jalan membawa nutrisi-nutrisi ke dalam dan membuang toksin-toksin atau limbah-limbah yang tidak dibutuhkan tubuh keluar. Pastikan anda minum jumlah air putih yang mencukupi setiap harinya, paling minimal sebanyak 8 gelas perhari. Jika anda minum air putih lebih banyak maka tentu saja lebih bagus. Anda dapat membaca artikel mengenai seberapa banyak kita harus minum air putih setiap hari?

Ketika anda mengkonsumsi air putih yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh, anda tak hanya membuat kulit menjadi lebih sehat dan indah, tetapi juga manfaat positif lainnya dari banyak mengkonsumsi air putih adalah peningkatan energi tubuh, membantu dalam mencapai berat badan yang sehat, mencegah sakit kepala dan konstipasi, membuat persedian tubuh menjadi lebih sehat dan banyak lagi manfaat dari banyak minum air putih setiap hari.

Bicara mengenai air putih, tentuk tak lepas dari kualitas air putih yang kita minum. Jika anda menginginkan kualitas air putih terbaik bagi tubuh anda, kenapa tidak mencoba untuk minum air putih Kangen Water yang kaya antioksidan serta bersifat alkali yang baik bagi tubuh? 

Kangen Water dihasilkan melalui kecanggihan teknologi dari mesin ionisasi air teknologi perusahaan Enagic Jepang. Anda dapat menyimak testimoni Kangen Water dari orang-orang yang telah mencoba merasakan kebaikan air ini dalam hidup mereka.

 

2. Pemilihan makanan yang sehat

makan sehat kulit cantik 

Selain air putih, makanan yang kita konsumsi juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk dampaknya pada kesehatan dan kecantikan kulit kita. Jika kita mengkonsumsi menu-menu makanan yang sehat seperti yang terdapat pada diet alkali dimana sebagian besar terdiri dari sayur-sayuran segar hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dll, maka dampaknya sangat baik terhadap kesehatan seluruh organ tubuh termasuk kulit kita.

Hal sebaliknya akan terjadi, jika kita gemar mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan olahan tinggi kadar gula, tepung putih, minyak kanola, dll dimana semuanya itu salah satunya dapat memicu peradangan di dalam tubuh yang mengakibatkan kesehatan kulit pun menjadi memburuk, demikian juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

3. Konsumsi bubuk kolagen

Kolagen merupakan protein yang paling banyak yang ada di dalam tubuh. Namun sayangnya, cadangan alami kolagen di dalam tubuh terus berkurang seiring pertambahan usia kita. Peptida kolagen terhidrolisis dapat diserap oleh tubuh dan dapat mendukung proses pembaharuan sel-sel kulit, serta mendukung fibroblas sel (yang menciptakan kolagen dan elastin di dalam tubuh), sehingga menghasilkan kulit yang lebih sehat, berkurangnya kerutan serta kulit menjadi lebih kencang.

Anda dapat menambahkan bubuk kolagen tanpa rasa ke dalam makanan atau minuman apapun seperti menambahkannya pada telur dadar, yogurt, sup, rebusan, kopi, teh, smoothies, jus, dll. Anda juga dapat memvariasikannya dengan kolagen yang memiliki rasa vanila atau coklat jika anda mau.

 

4. Jaga kesehatan usus 

Kita mungkin berpikir bahwa usus kita merupakan sebuah kesatuan yang terpisah dari tiap organ lain di dalam tubuh, termasuk organ terbesar kita yaitu kulit, dimana usus sendiri memiliki area permukaan rata-rata sebanyak lebih dari 2 m2 dan beratnya mencapai sekitar 6-10% dari berat tubuh anda. Sekarang kita tahu bahwa usus tekoneksi ke setiap organ seperti pada aksis usus-otak, aksis usus-paru-paru, aksis usus-kulit. Kesehatan dari mikrobioma anda akan menentukan dari kesehatan kulit anda.

Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat merusak usus seperti gula dan makanan-makanan olahan. Cobalah makanan yang dikulturisasi atau difermentasikan yang dapat menyehatkan bakteri di dalam usus seperti makanan kefir, kimchi, acar, keju cottage, zaitun atau asinan kubis. Mengkonsumsi makanan seperti liver kaya akan nutrisi yang baik bagi kulit seperti zinc dan asam pantotenik atau vitamin B5.

 

5. Konsumsi lemak yang sehat

Lemak sehat yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, kuning telur merupakan contoh-contoh yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan sel-sel kulit, yang pada akhirnya juga dapat melindungi membran sel vital terhadap kerusakan yang berasal dari lingkungan dengan jalan merestorasi skin barrier atau lapisan kulit terluar. 

Tidak mengkonsumsi lemak yang sehat dapat membuat kulit menjadi kering dan lebih cepat keriput.

 

6. Rajin eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati

eksfoliasi kulit 

Selain mengangkat sel kulit yang keringa dan mati, proses eksfoliasi akan meningkatkan kecerahan kulit dan penampakan yang awet muda. Selain itu eksfoliasi kulit juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menyamakan warna dan tekstur kulit
  • Mencegah jerawat
  • Melepaskan pori yang tersumbat
  • Menghilangkan kerutan
  • Meningkatkan penyerapan kelembaban kulit
  • Membantu menyiapkan kulit untuk menerima produk-produk perawatan kulit lainnya

 

Demikianlah 6 tips sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda. Selalu ingat bahwa kesehatan kulit merupakan sebuah indikator terhadap kesehatan anda secara menyeluruh. Sayangilah kulit, yang merupakan organ terbesar di tubuh anda.