Inilah 11 Alasan Penting Kenapa Minum Air Putih Dalam Jumlah Yang Mencukupi Krusial Bagi Tubuh Anda

sebelas alasan minum air putih 

Anda kehilangan sejumlah air dari tubuh anda di sepanjang hari setiap harinya merupakan sebuah fakta kehidupan. Bahkan ketika tidurpun anda akan kehilangan air. Faktor cuaca, temperatur, lingkungan dan level aktifitas atau kegiatan anda merupakan beberapa penyebab lainnya yang turut mempengaruhi kecepatan hilangnya air dari tubuh anda. Karena itulah untuk menjaga agar tubuh anda tetap sehat, anda harus menggantikan air yang hilang tersebut dari tubuh anda.

Rata-rata kita paling tidak butuh untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari atau kurang lebih sebanyak 2 liter. Namun tahukah anda apa sih yang sebetulnya air tersebut lakukan bagi tubuh kita? Karena itulah mari kita coba lihat mengenai pentingnya hidrasi air putih yang mencukupi bagi tubuh ditinjau dari sudut pandang ilmiah!

 

1. Selama berolahraga ataupun melakukan kegiatan yang intens, secara intrinsik performa anda berkaitan dengan level hidrasi tubuh anda. Bahkan dehidrasi yang ringan dapat mengakibatkan efek negatif yang jelas terhadap ketangkasan atletik anda dan membuat anda menjadi jauh lebih cepat lelah dikarenakan meningkatnya suhu tubuh dan detak jantung anda selama berolahraga. (Sumber: Pubmed dan Healthcare)

2. Meskipun penelitian di area ini masih tergolong baru, namun tampaknya hidrasi atau minum air putih yang mencukupi dapat membantu mengurangi resiko terulangnya masalah batu ginjal ataupun mencegah pembentukan batu ginjal. Minum lebih banyak air putih dapat membantu memecahkan deposit yang membentuk batu ginjal serta memastikan bahwa deposit-deposit ini dikeluarkan dari sistem tubuh anda. (Sumber: Cochranelibrary dan Urologyhealth)

ginjal minum air putih 

3. Masih berkenaan dengan ginjal, minum banyak air putih dapat membantu ginjal anda untuk berfungsi secara sehat dan normal secara keseluruhan. Ginjal yang sehat artinya tubuh yang sehat dan bahagia. (Sumber: Journals)

4. Bicara mengenai kebahagiaan, apakah minum air putih dapat menjadikan anda merasa lebih berbahagia? Berdasarkan penelitian jawabannya adalah Ya! Peneliti menemukan fakta bahwa dehidrasi dapat berakibat negatif pada mood serta fungsi kognitif atau daya pikir anda. Otak anda sangatlah tergantung terhadap asupan air putih agar ia dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu dehidrasi dapat menganggu produksi hormon serotonin sehingga mengakibatkan stress serta masalah-masalah lainnya. (Sumber: Pubmed dan Mentalhealth)

5. Peneliti meyakini bahwa kesehatan persendian dapat menjadi lebih baik jika anda minum air putih dalam jumlah yang mencukupi. Dikarenakan tulang rawan terdiri atas 80% air, maka hal ini masuk di akal. Studi ilmiah yang komprehensif dari jurnal PUBMED di link ini menjelaskan mengapa hidrasi serta kesehatan persendian memiliki hubungan yang erat. Secara umum, tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan dan menjaga agar persendian anda tetap terlubrikasi dan tetap kuat. (Sumber: Spineorthocenter)

6. Punya masalah dengan arthritis? Penelitian menunjukkan fakta bahwa minum air putih yang banyak memberikan manfaat yang baik bagi pasien penderita arthritis dimana efek positif dari air putih terhadap kesehatan persendian juga turut membantu dalam pengeluaran asam urat yang berlebihan dari tubuh. (Sumber: American College of Rheumatology dan Everydayhealth)

7. Meningkatkan asupan air putih dapat membantu anda mengurangi berat badan berlebih. Banyak orang telah mencoba sendiri bahwa minum setidaknya satu gelas air putih sebelum makan dapat turut membantu dalam mengurangi nafsu makan. (Sumber: Pubmed)

kurangi nafsu makan minum air putih 

8. Penelitian juga menunjukkan bahwa sakit kepala ataupun migrain dapat dikurangi ataupun dicegah dengan minum air putih dalam jumlah yang mencukupi seperti yang dibahas pada artikel ilmiah di situs PUBMED

9. Di tengah cuaca yang terik, minum air putih merupakan hal yang vital untuk mengatur suhu tubuh anda. Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dalam cuaca yang panas serta menghindari minuman yang mengakibatkan berkurangnya kadar air pada tubuh seperti kopi dan alkohol dapat melindungi anda dari gejala dehidrasi serta menjaga tubuh agar tetap ideal. (Sumber: Pubmed dan Frederickhealth)

10. Mabuk bukanlah suatu pengalaman yang menyenangkan bagi siapa saja. Untuk mencegah mabuk atau mengurangi efeknya, kita tahu bahwa kita harus minum air putih sebelum, selama dan setelah mengkonsumsi alkohol (meskipun akan lebih baik lagi jika anda tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali). Penelitian mengenai kenapa minum air putih merupakan kunci untuk merasa lebih baik dibahas oleh National Academy Press.

11. Air, hidrasi dan kesehatan. Kita tahu bahwa ketiga hal ini saling berhubungan secara fundamental. Hal ini dibahas secara komprehensif di website PUBMED yang sangat menarik untuk dibaca. Baris paragraf terakhir dari artikel ini meringkaskan hal yang terpenting yang mewakili semuanya yaitu:

"Air merupakan hal yang sangat penting terhadap kelangsungan hidup dan peradaban kita, dan kami berharap peran penting ini akan mempertajam fokus kita pada air dalam kesehatan manusia."

 

Mesin Penghasil Air Putih Berkualitas Teknologi Jepang

Demikianlah 11 alasan dibalik pentingnya minum air putih bagi tubuh dan tahukan air putih seperti apa yang baik untuk diminum setiap harinya? Ya, jika anda belum mengetahui, air putih yang memiliki kualitas yang baik salah satunya dihasilkan dari mesin ionisasi air yaitu Mesin Kangen Water yang mampu menghasilkan air putih berkualitas tinggi, bersifat alkali dan kaya antioksidan yang manfaatnya sangat baik bagi tubuh kita jika diminum setiap hari.

mesin kangen water

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai mesin penghasil air putih terbaik dari mesin Kangen Water teknologi Jepang ini, anda dapat menghubungi kami pada nomor kontak yang tersedia, kami akan dengan senang hati membantu anda.

Salam, Kangen Water Indonesia, Change Your Water, Change Your Life!