Tips Sederhana Ketika Bekerja  di Tengah Cuaca Panas

kerja cuaca panas kantor

Apa sih yang bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap terjaga sejuk ketika bekerja dalam jangka waktu yang lama di tengah cuaca panas? Jika anda bekerja di dalam ruangan ber-AC anda sangat beruntung tidak perlu berpanas-panas ria. Namun hal itu saja bukan artinya anda dapat benar-benar keluar dari cuaca panas. Bagaimana jika anda bekerja dan bepergian keluar ke tempat yang berbeda dan tak terhindar dari sengatan cuaca panas? 

Tak peduli dimanapun anda bekerja, berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk tetap tenang menyikapi cuaca yang panas agar pekerjaan anda tidak terganggu.

1. Kenakan baju yang berbahan dingin

baju bahan dingin

Jika anda ingin terhindar dari berkeringat berlebihan saat bekerja, anda harus memilih pakaian yang anda kenakan untuk bekerja dengan lebih berhati-hati.

Jika tempat bekerja anda tidak mewajibkan untuk mengenakan seragam, maka anda bisa meminta untuk dijahitkan baju dengan bahan-bahan yang bisa memberikan kesejukan yang lebih baik, sambil tetap memenuhi kaidah dan estetika pakaian yang layak dikenakan saat bekerja sbb:

  • Pilihlah pakaian berbahan tekstil alami seperti katun, linen, dan sedikit perpaduan antara bahan sutra dan katun juga oke.
  • Gunakan pakaian yang berwarna cerah, karena pakaian yang berwarna cerah memantulkan cahaya
  • Hindari pakaian yang berwarna gelap seperti warna hitam karena sifat warna-warna gelap akan menyerap cahaya sehingga tubuh akan terasa lebih panas.
  • Pakaian yang agak longgar dapat membuat udara bersirkulasi, sehingga membuat anda juga nyaman ketika sedang bergerak.

2. Dinginkan diri anda!

cuci pergelangan tangan

Jika anda merasa suhu panas menyerang anda, cobalah nyalakan keran air dan basahi pergelangan tangan anda di bawah kucuran air selama kurang lebih satu menit. Aliran darah di pergelangan tangan anda ini adalah yang paling dekat dengan permukaan kulit sehingga paling tidak dapat sedikit membantu mendinginkan darah yang bersirkulasi di tubuh anda.

3. Minum air putih!

minum air putih di kantor

Apalagi yang dapat anda lakukan untuk membuat tubuh anda lebih sejuk? Cobalah minum air putih. Jika anda suka anda dapat minum air putih dingin yang ada di lemari es. Jika di kantor tempat anda bekerja terpasang mesin penghasil air putih terbaik yaitu mesin Kangen Water, anda beruntung. Anda dapat minum air putih berkualitas tinggi ini yang dapat membantu melepaskan diri dari rasa dahaga dan rasa penat akibat kepanasan di tengah cuaca terik.