Yuk Kita Bahas Mengenai Diet Alkali

diet alkali 

Tahukah Anda Apakah Itu Diet Alkali? Diet alkali seiring waktu mulai populer di kalangan pecinta diet. Untuk membuat anda memahami rencana makan jika menjalani diet alkali, pada artikel ini kita akan membahas segala hal mengenai apa sih sebenarnya diet alkali itu?

 

Apa itu diet Alkali?

Diet alkali adalah sebuah pengaturan pola makan harian dengan menitikberatkan konsumsi makanan yang pada dasarnya bersifat alkali bagi tubuh. Jika anda memiliki masalah dengan makanan yang bersifat asam (catatan: makanan bersifat asam bukan berarti rasanya yang asam, namun menimbulkan sifat asam bagi tubuh), maka diet alkali bagus bagi anda yang ingin memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal atau untuk menjaga tubuh agar lebih sehat.

Meskipun hanya sebatas teori, namun diet ini cocok bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan karena diet alkali sebagian besar memiliki menu vegetarian alias menitikberatkan pada konsumsi makanan yang terdiri atas sayur-sayuran. Keuntungan lainnya jika anda mendedikasikan diri menjalankan diet ini adalah anda dapat mengurangi konsumsi makanan olahan yang biasanya tinggi kadar gula dan bahan-bahan yang tidak sehat bagi tubuh lainnya.

 

Apa saja yang bisa dimakan ketika menjalani diet alkali?

makanan alkali

Makanan yang dikonsumsi ketika menjalani diet akali misalnya kedelai, tahu, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan. Adapun makanan yang harus dihindari adalah daging-dagingan, telur, susu, dan makanan olahan.

Mungkin butuh waktu untuk menjadi terbiasa ketika anda menjalani diet alkali karena anda harus mulai mengurangi makanan-makanan yang biasa anda makan sehari-hari. Beberapa orang juga harus mulai belajar bagaimana menyiapkan dan menyajikan makanan segar jika sebelumnya mereka selama ini hanya menerima makanan olahan yang sudah siap saji.

makanan bersifat asam acidic food

Jika anda ingin makanan yang bebas gluten, diet ini juga tidak termasuk konsumsi makanan yang berbahan gandum, namun pastikan juga untuk mengecek label makanan yang anda beli karena banyak produk lain yang ditemukan mengandung gluten meskipun ia bukanlah produk-produk makanan berbahan gandum. 

Selain konsumsi makanan-makanan yang segar ala vegetarian, tambahan pula anda dapat minum air putih yang memiliki sifat alkali seperti air putih Kangen Water yang diproses melalui teknologi elektrolisis menggunakan mesin Kangen Water buatan Jepang.

Dikarenakan makanan yang dikonsumsi saat menjalani diet alkali berasal dari sayur-sayuran, untuk kebutuhan sumber protein sendiri bisa didapatkan dari protein nabati misalnya dari tahu atau polong-polongan seperti kacang merah, kacang hijau dan kacang kedelai karena konsumsi daging dan susu tidak termasuk dalam diet alkali.

 

pH Makanan

Menu diet alkali berdasarkan pada pH dari makanan. Makanan yang bersifat netral diantaranya lemak natural dan pati. Jika anda penderita diabetes, anda butuh untuk melihat bagian tersebut pada makanan yang anda konsumsi. Karbohidrat kompleks, banyak ditemukan pada pati, yang nantinya diubah menjadi gula sehingga cenderung dapat meningkatkan gula darah.

Makanan yang bersifat asam yang harus dihindari kala menjalankan diet alkali diantaranya adalah daging-dagingan termasuk daging unggas, ikan, telur, susu, sereal, kacang tanah, kacang walnut dan alkohol. 

Makanan yang bersifat alkali adalah makanan yang anda konsumsi ketika menjalankan diet ini misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, polong-polongan dan beberapa jenis kacang yang memiliki sifat alkali

Anda juga dapat mempelajari resep online atau menggunakan buku diet alkali untuk menyiapkan bahan makanan yang bersifat alkali, dan tak lupa untuk melengkapi diet alkali anda dengan lebih baik, konsumsi air putih alkali yang diproduksi melalui mesin air alkali juga sangatlah bagus agar diet alkali anda lebih sempurna.

 

Mengubah level pH tubuh, bisakah diet alkali melakukannya?

dokter alkali

Berdasarkan pendapat Dr. Melinda Ratini, diet alkali itu bagus, namun bukan seperti yang dikatakan orang-orang bahwa diet alkali dapat mengubah pH tubuh. pH tubuh sendiri berkisar antara 7.35 dan 7.45 dan hal tersebut tidaklah berubah.

Namun level pH sendiri dapat menjadi tidak seimbang dikarenakan diabetic ketoacidosis (komplikasi diabetes melitus yang ditandai dengan tingginya kadar keton di dalam tubuh), minum alkohol ataupun kelaparan. Hal ini dapatlah membahayakan dan harus ditangani sesegera mungkin.

Definisi ketoacidosis: Sebuah komplikasi diabetes yang mengakibatkan tubuh untuk memproduksi kadar keton yang tinggi, yang dapat memicu kesulitan untuk bernafas, kelelahan dan kebingungan. 

Rutin menjalani diet alkali bagus untuk membantu menghindari terjadinya reaksi-reaksi seperti ini.

Dikarenakan makanan yang anda konsumsi saat menjalanakan diet alkali sangatlah sehat, anda dapat memperoleh berbagai manfaat baik dalam menjalani diet alkali diantaranya sbb:

  • Dikarenakan mekanisme tubuh dalam memproses makanan, konsumsi makanan yang rendah tingkat asamnya dapat meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung serta dapat mencegah timbulnya batu ginjal.
  • Dikarenakan anda tidak lagi mengkonsumsi makanan siap saji seperti makanan kalengan, yang biasanya memiliki tingkat sodium yang tinggi, maka diet alkali baik bagi jantung anda.

 

Apakah diet alkali itu baik?

diet alkali baik atau buruk

Diet alkali sangatlah bagus. Diet ini membatasi anda untuk tidak memakan makanan olahan dan kalengan siap saji yang biasanya kaya akan sodium dan perasa kimia lainnya. Ia juga membatasi anda dari konsumsi daging dan susu yang umumnya menimbulkan sifat asam di dalam tubuh.

Namun satu hal yang perlu menjadi catatan adalah, sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh biasanya didapatkan dari daging-dagingan namun ketika menjalani diet alkali konsumsi daging-dagingan dibatasi, maka hal yang paling baik untuk mendapatkan pengganti sumber protein adalah yang berasal dari protein nabati seperti dari tahu dan kacang kedelai, maka menjalankan diet alkali tentu sangat baik dan anda pun tidak perlu kehilangan sumber protein anda. Selamat menjalankan diet alkali.