Pelajari 5 Langkah Sederhana Yang Mudah Diterapkan Setiap Hari Untuk Membantu Tubuh Agar Senantiasa Sehat

tubuh sehat 

Di zaman modern yang serba cepat ini, terdapat tantangan yang lebih besar untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dibandingkan masa-masa sebelumnya. Tak hanya kita dihujani oleh berbagai informasi tentang kesehatan dan penyakit yang terus mengalir, namun juga faktor gaya hidup, pola makanan, lingkungan maupun iklim yang berubah-ubah dapat turut mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Tak aneh rasanya kalau beberapa pakar kesehatan memprediksikan kalau ekspektansi harapan hidup di zaman modern ini jauh menurun dibandingkan masa-masa yang lalu terkecuali kita mau mulai serius menjaga kesehatan dan merubah gaya hidup harian kita menjadi lebih baik.

Kabar baiknya adalah sebetulnya kita memiliki banyak sekali kontrol atas kesehatan tubuh kita sendiri. Sebagai contoh, estimasi kasus-kasus penyakit kanker sekitar 80% berkenaan dengan pola hidup dan pola makan yang kita jalani, oleh karenanya hal ini sebetulnya dapat kita cegah jika sedini mungkin kita mulai menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Jika anda memutuskan untuk mau mulai menjalani pola hidup sehat, berikut 5 langkah sederhana yang bisa anda terapkan setiap hari untuk membentuk kebiasaan tersebut.

 

1. Hidrasilah tubuh anda dengan banyak minum air putih setiap hari

minum air putih sehat kangen water 

Bedasarkan penelitian dari The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST), sekitar 46,1% penduduk Indonesia mengalami dehidrasi (sumber: Kompas.com). Orang yang terus menerus mengalami dehidrasi sebetulnya sangat rentan terkena penyakit seperti arthritis dan konstipasi. Hal yang mengejutkan adalah seringnya orang-orang mengambil keputusan yang salah ketika mereka mulai mengalami gejala dehidrasi seperti kurang fokus dan kurang bertenaga, dengan mengkonsumsi kopi atau minuman berenergi ketimbang minum air putih dimana hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus malah akan memperparah kondisi dehirasi.

Dehidrasi dan menghidrasi tubuh dengan air putih sebetulnya hanya merupakan masalah kebiasaan saja. Dengan minum 1 liter air putih yang berkualitas di pagi hari setelah bangun tidur, kemudian diikuti dengan minum beberapa liter lagi setelahnya di sepanjang hari merupakan cara yang bagus untuk menjaga agar seluruh sel, jaringan dan organ tubuh anda tetap "terbasahi" secara maksimal. Jika anda minum air putih yang memiliki kualitas baik seperti Kangen Water yang dapat dengan cepat menyerap ke dalam sel-sel tubuh, tentunya hal ini akan jauh lebih bagus lagi manfaatnya bagi tubuh anda.

 

2. Konsumsi mineral dan vitamin yang mencukupi melalui makanan

Asupan vitamin dan mineral merupakan bagian lain yang tak kalah pentingnya bagi tubuh kita agar reaksi biokimia di dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar, namun banyak orang yang mengabaikan hal ini dengan mengkonsumsi makanan-makanan junk food dan makanan olahan yang memiliki kadar kalori tinggi namun kurang vitamin dan mineral.

vitamin mineral buah sayur

Terdapat 16 mineral esensial dan 13 vitamin penting bagi tubuh yang umumnya ditemukan pada berbagai jenis makanan. Cara paling mudah untuk memberikan asupan mineral dan vitamin bagi tubuh adalah dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, gandum dan biji-bijian. Konsumsi makanan mentah yang belum diolah umumya lebih baik dikarenkan kandungan vitamin dan mineralnya masih tinggi ketimbang makanan yang sudah diolah.

 

3. Perhatikan asupan nutrisi harian anda

Seperti kata pepatah "Anda adalah apa yang anda makan." Fokus utama anda dalam menjalankan pola makan kaya nutrisi adalah dengan memastikan bahwa anda memperoleh asupan makronutrisi yang mencukupi. 3 makronutrisi yang paling penting dan karenanya turut mempengaruhi kesehatan adalah karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu hal yang harus anda perhatikan juga adalah mengenai keseimbangan sifat asam dan basa dalam konsumsi makanan harian anda. Umumnya pola hidup di zaman modern ini tergolong kurang baik dimana rata-rata makanan yang disajikan lebih cenderung membentuk sifat asam bagi tubuh seperti daging-dagingan dan makanan olahan.

acid alkaline food chart

Oleh karena itu kami menyarankan jika anda ingin membentuk kebiasaan yang baik, cobalah menyantap makanan yang sehat dan bervariasi yang dapat memberikan anda makronutrisi serta memiliki keseimbangan antara asam dan basa dengan perbandingan 80:20. Secara sederhananya pola diet yang baik adalah dengan menambahkan buah, sayuran dan biji-bijian ke dalam makanan anda serta mengurangi asupan gula, kopi, makanan olahan dan alkohol.

 

4. Belajar mengendalikan stress

Riset medis menemukan fakta bahwa stress berkepanjangan dapat menurunkan kadar imunitas tubuh, dan secara langsung dapat memicu berbagai penyakit seperti:

  • sakit kepala,
  • infeksi,
  • penyakit kardiovaskular,
  • asma,
  • obesitas,
  • ulkus lambung,
  • alzheimer,
  • diabetes,
  • depresi,
  • rasa khawatir berlebihan,
  • penuaan dini bahkan kematian yang prematur.

Untuk belajar mengatasi stress, cobalah tips-tips sederhana berikut ini yang dapat anda terapkan di kala anda mengalami rasa tertekan:

 

6. Berolahraga secara rutin

olahraga lari 

Setiap jenis olahraga tertentu memiliki manfaat yang berbeda-beda pula bagi tubuh. Sebagai contoh, olahraga kardiovaskular seperti lari di treadmill atau olahraga yang memiliki interval dengan intensitas yang tinggi meningkatkan kesehatan jantung. Jenis olahraga yang memberikan beban ke tubuh seperti angkat beban atau fitness akan membentuk otot, meningkatkan kekuatan, membantu membakar kalori, membentuk daya tahan yang lebih kuat dan membantu agar tubuh tidak mudah cedera.

Kami menyarankan kepada anda untuk menggabungkan aktivitas olahraga yang beragam termasuk kardio, latihan beban serta olahraga yang anda sukai seperti sepakbola, renang, basket, bulutangkis, dll. Lakukan dan jadwalkan olahraga ini secara konsisten maka anda akan menikmati hasilnya bagi kesehatan tubuh anda seiring waktu.

 

Kesimpulan 

Zaman modern yang kita jalani saat ini menyediakan banyak tantangan bagi kita untuk dapat terus hidup dengan sehat hingga usia lanjut asalkan kita mau merubah pola dan kebiasaan hidup kita dari yang kurang baik menjadi yang lebih baik. Minum air putih yang berkualitas baik, mengasup makanan bergizi, , menghindari stressi dan rajin berolahraga merupakan langkah sederhana yang dapat anda praktekkan setiap hari.

Saat ini jika anda membutuhkan air minum yang baik dan berkualitas tinggi, kenapa anda tidak mulai mencoba minum air putih Kangen Water yang diproses melalui mesin ionisasi air teknologi Jepang untuk anda dan keluarga konsumsi sehari-hari? Memiliki mesin Kangen Water sendiri di rumah memastikan ketersediaan air minum yang berkualitas selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun. Mesin Kangen Water memiliki kualitas mutu yang tinggi sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga 15 sampai 20 tahun ke depan. Anda dan keluarga pastinya akan suka dengan kehadiran mesin Kangen Water di rumah anda.

mesin kangen water asli 

Mesin Kangen Water tersedia dalam berbagai tipe dan range harga yang dapat disesuaikan dengan budget anda. 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water Jakarta siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta dan juga untuk area Kangen Water Bogor serta kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha PT. Enagic Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!