Kalsium, Magnesium, Sodium dan Potassium Adalah Contoh 4 Mineral Alkali Esensial Bagi Tubuh

mineral alkali  

Dalam pola diet zaman modern ini, makanan bersifat asam cenderung lebih mendominasi dibandingkan makanan yang bersifat alkali sehingga konsumsi makanan yang bersifat asam secara berlebihan dapat mengurangi cadangan mineral-mineral alkali di dalam tubuh. Sebuah cara yang terbukti bagus untuk melindungi anda dan keluarga dari efek samping konsumsi makanan yang bersifat asam adalah dengan mengikuti pola diet alkali dengan aturan 80/20. Caranya sangatlah mudah yaitu terhadap setiap 20 persen makanan yang bersifat asam yang anda konsumsi maka anda harus menambahkan 80 persen makanan yang bersifat alkali dalam diet harian yang anda jalani. Dengan cara demiikian maka anda dapat menjaga keseimbangan level pH serta kesehatan tubuh yang baik.

 

Mineral Alkali Esensial

Terdapat beberapa mineral-mineral alkali yang dapat merestorasi keseimbangan pH tubuh anda dan mineral-mineral tersebut dapat mudah di dapatkan. Contoh mineral-mineral yang bersifat alkali dan baik bagi tubuh yaitu kalsium, magnesium, sodium dan potassium. Mineral-mineral ini saling melengkapi satu dengan yang lainnya di dalam tubuh anda. Sebagai contoh, kalsium dibutuhkan untuk mengontraksikan otot dan magnesium dibutuhkan untuk membuat otot menjadi rileks, karenanya tubuh anda membutuhkan baik kalsium maupun magnesium ini.


Kalsium dan Magnesium

Tanpa adanya kalsium maka baik otak, otot dan saraf-saraf kita tidak dapat bekerja dengan baik.

Sumber kalsium terbaik yang terkandung dalam makanan bisa anda dapatkan dari sayur-sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau segar seperti brokoli, kubis dan bayam mengandung kalsium yang baik bagi tubuh, demikian pula dengan kacang almond, biji wijen, dan ikan yang memiliki tulang lunak seperti sarden dan salmon.

makanan sumber kalsium

Tubuh membutuhkan magnesium untuk mempertahankan energi dan vitalitas. Ketika terjadi kekurangan magnesium pada tubuh maka tubuh akan menghasilkan asam laktat. Level magnesium yang rendah di dalam tubuh sering diasosiasikan dengan terjadinya sakit kepala migrain, rasa gugup, susah tidur atau insomnia, serta jantung berdebar-debar. Karena itu pastikan tubuh anda memperoleh magnesium yang mencukupi setiap harinya. Contoh makanan yang mengandung magnesium seperti alpukat, pisang kacang brazil, tahu, dan tentu saja sayur-sayuran hijau.

 

Konsumsi Makanan Yang Kaya Potassium

Bagaimana dengan potassium? Potassium merupakan mineral esensial yang berguna bagi aktivitas otot, terutama bagi otot yang tak pernah berhenti bekerja yaitu jantung.

Jika tubuh anda tidak memperoleh potassium yang mencukupi, maka anda dapat mengalami rasa lelah otot, refleks yang buruk, sakit punggung, sakit kepala, konstipasi, serta susah tidur. Selain itu dari sisi psikologis anda juga lebih rentan merasa depresi, bersikap apati, lesu, dan sering merasa bingung. Kekurangan potassium secara ekstrim di dalam tubuh bahkan dapat beresiko terhadap serangan jantung.

Lebih jauh lagi, dalam tingkat sel, sel-sel di dalam tubuh anda mempertahankan keseimbangan potassium di bagian dalam dan sodium di bagian luarnya, namun untuk memompa potasium dan sodium ini membutuhkan magnesium. 

potasium dalam sel

Konsentrasi kalsium di dalam sel dikontrol oleh sodium. Anda dapat melihat bahwa keempat mineral-mineral alkali ini bekerja bersama-sama di dalam tubuh. Yang lebih penting lagi adalah bahwa mineral-mineral ini sifatnya sangatlah kritis dalam menjaga agar pH tubuh, organ dan jaringan tetap dalam keadaan seimbang.

Masalah dapat terjadi di dalam tubuh ketika kita kekurangan salah satu atau lebih dari mineral-mineral ini, atau ketika mineral yang satu jumlahnya tidak seimbang jika dibandingkan mineral-mineral lainnya.

Hal-hal seperti stress, usia, pola diet yang buruk dan berbagai faktor lainnya dapat mengurangi cadangan mineral esensial ini di dalam tubuh sehingga tubuh andapun menjadi tidak efektif dalam membuang limbah-limbah sisa serta deposit asam dari darah, jaringan dan organ sehingga tubuh anda dapat turut menjadi bersifat asam dan hal tersebut tentunya tidak baik bagi kesehatan anda.

 

Kesimpulan

Oleh karena pentingnya mineral-mineral alkali ini bagi tubuh maka pastikan anda mengkonsumsinya setiap hari dengan jalan memperbanyak konsumsi makanan yang bersifat alkali baik dari sayur-sayuran hijau maupun buahan, mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium dan magnesium, serta anda juga dapat minum air yang bersifat alkali seperti Kangen Water yang juga mengandung mineral-mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh ini.

Jika anda tetap menjaga asupan mineral-mineral alkali dalam tubuh anda maka anda akan merasa lebih berenergi, stamina meningkat, tidak mudah lelah, tidak gampang stress, serta sistem imun bekerja dengan lebih baik sehingga kesehatan tubuh anda pun akan lebih terjaga. Ayo jalankan pola hidup yang baik dan sehat setiap hari, jalankan pola hidup alkali.

mesin air alkali 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin penghasil air alkali Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! 

Kami Kangen Water Jakarta Pusat siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta Pusat seperti Cempaka Putih, Rawasari, Gambir, Cideng, Duri Pulo, Kebon Kelapa, Petojo, Johar Baru, Galur, Kampung Rawa, Tanah Tinggi, Kemayoran, Cempaka Baru, Gunung Sahari, Harapan Mulya, Kebon Kosong, Sedang, Sumur Batu, Utan Panjang, Menteng, Cikini, Gondangdia, Kebon Sirih, Pegangsaan, Sawah Besar, Karang Anyar, Kartini, Mangga Dua, Pasar Baru, Senen, Bungur, Kenari, Kramat, Kwitang, Paseban, Tanah Abang, Bendungan Hilir, Gelora, Kampung Bali, Karet Tengsin, Kebong Kacang, Kebon Melati, Petamburan, demikian juga untuk daerah lain di seluruh kota Jakarta. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha PT. Enagic Indonesia, Jakarta - Change Your Water, Change Your Life!