Mari Terapkan Pola Diet Asam Basa 80/20, Konsumsi 80% makanan bersifat alkali dan 20% makanan bersifat asam

diet asam basa

Yang disebut kesehatan adalah suatu kondisi seimbang di antara semua sistem tubuh. Sel-sel di dalam tubuh terkoneksi satu dengan lainnya sehingga ketika anda meningkatkan keseimbangan di salah satu sistemnya, maka hal tersebut juga akan meningkatkan keseimbangan dan vitalitas di sistem organ yang lainnya pula. Sebagai contoh, meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular akan turut membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem pencernaan. Meningkatkan kesehatan fungsi sistem saraf akan membantu meningkatkan fungsi sistem limfatik, dan yang paling penting adalah, ketika anda meningkatkan keseimbangan asam basa tubuh, maka secara simultan pula anda akan meningkatkan fungsi dan sistem lainnya di dalam tubuh dalam waktu yang bersamaan.

Menemukan keseimbangan tubuh dimulai di dalam aliran darah, seperti halnya memulihkan cedera, mengurangi peradangan, membakar lemak, membangun tulang yang kuat (kebalikan dari osteoporosis), dan meningkatkan energi serta vitalitas tubuh.

Agar dapat berfungsi dengan baik, darah dan cairan di dalam tubuh harus tetap terjaga dalam sebuah titik yang sempit atas keseimbangan antara asam dan basa, dimana hal ini diukur dengan menggunakan faktor pH (alias potensial hidrogen). Skala pH dimulai dari angka 0 hingga angka 14 (yaitu bersifat sangat asam hingga bersifat sangat basa/alkali). Sebuah pH dengan angka kurang dari 7.0 artinya bersifat asam dan sebaliknya jika angkanya di atas 7.0 artinya ia bersifat basa atau alkali. Harap dicatat bahwa saat anda mengukur pH maka terdapat nilai 10x lipat perbedaan pada setiap angka yang tertera di pH meter. Contohnya, pH 5.0 nilainya 10x lipat bersifat lebih asam dibandingkan pH 6.0.

pH darah tidak mudah mengalami perubahan. pH darah manusia berkisar antara 7.35-7.45 dan jika pH darah turun di bawah kisaran angka tersebut maka tubuh tidak dapat berfungsi dengan benar. Sejumlah besar energi dibutuhkan untuk menjaga level pH darah jika ia turun dan cadangan-cadangan mineral alkali ditarik dari tubuh demi tetap menyeimbangkan pH darah pada kisaran 7.35-7.45, dan jika cadangan-cadangan mineral alkali ini terus menerus ditarik maka dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral alkali sehingga bisa memicu gangguan kesehatan.

Jika kita dapat menjaga level pH tubuh yang seimbang, maka cedera dapat sembuh lebih cepat dan permasalahan-permasalahan dari segi kesehatan dapat diatasi lebih cepat dikarenakan tubuh berfungsi secara optimal sehingga dapat mendetoksifikasi limbah dan racun-racun keluar dari tubuh sehingga tubuh pada akhirnya mampu untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Jika sel-sel terus dijaga dan dipertahankan kesehatannya maka kita akan memiliki sistem imunitas yang kuat terhadap penyakit serta secara signifikan mengurangi resiko terkena kanker.

Cara paling baik untuk menjaga level pH yang optimal dan kesehatan yang optimal adalah melalui apa yang kita makan dan minum serta bagaimana kita bereaksi terhadap stress. Untuk pola diet yang baik kita bisa mengikuti aturan 80/20, dimana 80% makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang bersifat alkali sedangkan 20% sisanya adalah makanan yang membentuk sifat asam. Berikut ini merupakan contoh-contoh makanan yang bersifat alkali dan makanan yang bersifat asam.

 

Makanan yang bersifat alkali:

makanan bersifat basa alkali

Buah-buahan: Apel, alpukat, pisang, berri, cherry, kurma, anggur, jeruk bali, jambu, lemon, jeruk nipis, mangga, orange, pepaya, markisa, pear, nanas, strawberry.

Sayur-sayuran: kacang hijau, brokoli, kubis, wortel, seleri, kembang kol, mentimun, terong, kale, bawang putih, ubi manis, paprika, labu.

Kacang-kacangan: almond, chestnuts

Lain-lain: kelapa, jahe, madu, mint, green tea, biji labu

 

Makanan yang bersifat asam:

makanan bersifat asam

Biji-bijian: semua produk tepung terigu, gandum, jagung, oat

Produk berbahan susu: mentega, telur, keju, krim, es krim, susu

Daging: Semua jenis daging

Lain-lain: Alkohol, kopi, coklat, gula-gula, mayonaise, minuman bersoda, junk food.

 

Demikianlah artikel mengenai diet asam basa yang seimbang. Jangan lupa lengkapi diet anda dengan minum air alkali Kangen Water setiap hari yang turut membantu dalam memberi asupan mineral-mineral alkali ke dalam tubuh.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kami Enagic Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk seluruh kota di Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha PT. Enagic Indonesia, Pusat Penjualan Mesin Kangen Water Original - Change Your Water, Change Your Life!