Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pola Makan Sehat

diet sehat 

Apa itu diet alias pola makan yang sehat?

Diet yang sehat membawa keseimbangan mineral, vitamin serta nutrisi bagi tubuh anda melalui makanan dan minuman yang anda konsumsi. Makan makanan dalam jumlah yang tercukupi kebutuhan akan nutrisi tubuh akan membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat.

 

Apa manfaat jika kita rutin mengkonsumsi makanan yang sehat?

Mengkonsumsi makanan yang sehat terutama mendukung dalam manajemen berat badan yang ideal dan penurunan berat badan yang sehat. Selain itu ia juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, melindungi kita dari resiko terkena penyakit seperti jantung, daibetes, kanker serta makan makanan yang sehat dapat membantu menurunkan level kolesterol.

Orang-orang yang menerapkan diet yang sehat dan seimbang memiliki usia harapan hidup yang jauh lebih panjang ketimbang yang tidak melakukannya.

Mengubah pola makan menjadi diet yang sehat dan seimbang juga membantu dalam meningkatkan energi karena makanan yang sehat dimetabolismekan secara lebih perlahan oleh tubuh, sehingga membantu dalam pelepasan energi secara berkelanjutan. Selain itu ia juga dapat membantu menjaga mood anda, membuat anda merasa lebih positf dan rileks.

 

Apa hubungan antara kalori dan pola makan sehat?

Kalori adalah sesuatu yang menyediakan energi bagi anda, dan ia didapatkan dari makanan yang anda makan. Namun, anda hanya membutuhkan kalori yang berasal dari makanan yang sehat seperti roti gandum utuh, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan jagung.

Makanan olahan mungkin mengandung kalori yang tinggi, namun selain itu mereka juga tinggi kandungan lemak, gula, dan garam.

Catatan: Pria membutuhkan 2500 kalori perhari, dan wanita membutuhkan 2000 kalori perhari, dengan hitungan rata-rata.

 

Apakah karbohidrat itu sehat?

diet karbohdirat 

Ya, karbohidrat merupakan saalh satu unsur esensial dalam diet anda, namun karbohidrat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama tubuh, terutama bagi otak. 

Karbohidrat melimpah di dalam makanan seperti polong-polongan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh yang tidak mengalami pemrosesan. Beberapa contohnya sebagai berikut:

  • quinoa
  • oats
  • buckwheat
  • pisang
  • ubi jalar
  • beetroots
  • jeruk
  • blueberries
  • jeruk bali
  • apel
  • kacang merah
  • chickpeas

 

Apakah makan sehat itu memungkinkan jika tanpa konsumsi gula?

Gula juga merupakan bagian dari karbohidrat yang anda butuhkan, dan anda tetap dapat makan sehat bersama dengan gula.

Terdapat gula sehat alternatif yang bisa anda konsumsi misalnya: pemanis buatan (acesulfame potassium dan sukralosa), pemanis alami (Agave nektar, gula kelapa, madu, pasta kurma), pemanis baru (ekstrak nectresse dan stevia), dan gula alkohol (gula birch).

 

Apakah menerapkan pola makan sehat dapat mengurangi kolesterol?

Mengkonsumsi makanan sehat tentu saja dapat membantu dalam mengurangi level kolesterol.

Pilihlah kolesterol baik. Program diet anda haruslah memasukkan sebanyak 25% hingga 35% lemak makanan dan kurang dari 7% lemak jenuh untuk rata-rata setiap harinya.

Hindarilah mengkonsumsi trans fat karena ia dapat meningkatkan level kolesterol jahat di dalam tubuh anda.

Makanlah banyak-banyak serat yang mudah larut. Anda bisa mendapatkannya pada polong-polongan (kacang merah, chickpeas, dan kacang lentil), buah-buahan (pear, jeruk dan apel), dan sereal gandum utuh (oat bran dan oatmeal).

 

Dapatkah lemak menjadi bagian dari diet yang sehat?

diet lemak 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, tubuh juga membutuhkan lemak, yaitu lemak yang sehat.

Lemak merupakan sebuah sumber energi dan penting dalam mendukung fungsi yang baik terhadap otak dan saraf. Anda butuh asupan lemak dalam pola diet anda.

Asam lemak omega 3 membantu dalam mengatasi masalah pada persendian, masalah jantung, daya ingat, serta dalam hal depresi. Anda dapat menemukan asam lemak yang umumnya terdapat pada ikan sarden, salmon, makarel, dan tuna albakora.

 

Apakah buahan dan sayuran sangat penting dalam diet yang seimbang?

Buahan dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik. Anda tidak dapat menyingkirkan konsumsi buahan dan sayuran dalam pola makan anda jika anda ingin mencapai diet yang baik dan seimbang.

Wild Blueberries memiliki kandungan vitamin A dan C dimana keduanya membantu dalam mencegah kanker dan penyakit yang berhubungan dengan usia, menurunkan level kolesterol, melindungi jantung dan otak anda dari toksin, dan membantu meningkatkan fungsi ginjal anda.

Sayur kale mengandung kaempferol dan quercetin dimanan keduanya memiliki kemampuan dalam mencegah kanker. Selain itu sayur-sayuran yang kaya serat juga bagus dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

 

Apakah konsumsi serat itu benar menyehatkan tubuh?

diet serat 

Jawabannya adalah ya, asalkan anda juga cukup minum air putih. Serat terutama membantu dalam proses penceranaan.

Serat terdiri dari 2 jenis:

  • Serat tak larut dapat melembutkan dan meningkatkan ukuran dan berat tinja anda sehingga membuatnya mudah dikeluarkan. Serat tipe tak larut ini membantu dalam mencegah konstipasi. Serat tak larut terutama berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, oat bran, dan polong-polongan.
  • Serat larut membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dan gula darah. Serat jenis larut ini terutama membantu dalam orang-orang yang mengalami penyakit diabetes tipe 2. Legume, wheat bran, ota bran, dan kacang polong-polongan merupakan sumber serat larut yang baik.

 

Apa saja tips-tips untuk mendukung pola makan yang sehat?

Untuk mendapatkan diet yang seimbang dan sehat, anda haruslah:

  • Memilih makanan yang organik dan natural karena makanan yang sudah diproses atau diolah manusia umumnya telah mengandung lemak jahat serta tambahan gula. 
  • Kurangi konsumsi garam, gula, dan lemak, dan gantilah dengan konsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.
  • Pastikan program pola makan sehat anda mengadung jumlah yang tepat atas karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin.
  • Minumlah paling sedikit 8 gelas air putih setiap hari. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membersihkan tubuh, membuat kulit lebih lentur, menjaga temparatur tubuh tetap dingin, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Air putih alkali seperti air putih Kangen Water yang dihasilkan dari mesin Kangen Water merupakan pilihan yang terbaik jika anda ingin mengkonsumsi air putih berkualitas tinggi setiap harinya.
  • Jangan lewatkan sarapan pagi, usahakan untuk sarapan di pagi hari secara teratur untuk memberikan anda energi dalam menjalani hari dan mencegah anda mengemil makanan yang tidak sehat.
  • Aturlah rencana makan harian dengan mencatatnya jika anda tergolong orang yang sibuk agar anda dapat mengikuti sesuai jadwal yang telah anda tetapkan sehingga diet sehat anda dapat berjalan dengan baik.

Menjalankan pola makan yang sehat dapat mempengaruhi kesehatan anda secara menyeluruh. Konsumsilah jumlah yang cukup atas nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda.

Buatlah rencana diet yang sehat bersama dengan konsumsi air alkali Kangen Water untuk merasakan manfaat maksimu dalam menjalankan pola makan yang sehat setiap harinya. 

Salam, Kangen Water Enagic Indonesia.