Referensi 15 makanan Kaya Nutrisi Untuk Ditambahkan Dalam Diet Anda

Ingin mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan baik bagi tubuh anda? Berikut ini kami berikan referensi 15 makanan kaya nutrisi untuk dijadikan bagian dari diet sehat anda. Kami membaginya menjadi 4 golongan yaitu buahan, daging, sayuran dan seafood.

1. BUAHAN

buahan

a. Strawberi

Strawberi kaya akan mangan yang membantu dalam memerangi radikal bebas, selain itu ia juga kaya akan serat yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan, dan vitamin C yang membantu mendukung penyerapan, sistem imun, dan pembentukan kolagen. Strawberi juga rendah kandungan kalori dan karbohidratnya, sehingga anda tidak perlu khawatir mengalami pertambahan berat badan jika memakan buahan ini.

b. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber potasium yang paling kaya. Mineral mikro ini membantu dalam menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, otot dan tulang.

Selain itu pisang juga kaya akan vitamin B6 yang diketahui dapat membantu mempengaruhi mood yang baik, mengurangi gejala depresi, serta meningkatkan kesehatan otak.

c. Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang sehat, seperti asam oleat yang mengurangi peradangan dan resiko terkena kanker.

Selain itu alpukat juga mengandung zeaxanthin dan lutein (karotenoid) yang membantu meningkatkan kesehatan mata. Alpukat juga kaya akan vitamin C, potasium, serta serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan.

Keterangan: Karotenoid adalah pigmen organik yang ada pada tanaman yang berwarna kuning atau orange terang yang melindungi klorofil dari kerusakan akibat sinar matahari. Ketika dikonsumsi, karotenoid memberikan perlindungan terhadap masalah-masalah yang terjadi pada mata.

d. Apel

Apel dapat dijadikan cemilan sehat yang dapat anda konsumsi diantara jeda waktu makan anda. Apel kaya akan vitamin C, serat, dan asam klorogenik dan quercetin (antioksidan) yang dapat membantu dalam mengurangi resiko terkena kanker.

Apel juga membantu melindungi anda dari resiko penyakit kardiovaskular, mengurangi iritasi kulit, dan meningkatkan sistem imun anda.

 

2. DAGING

daging

a. Domba

Daging domba kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu dalam melawan rasa cemas, depresi dan penyakit autoimun, meningkatkan kesehatan mata, dan mengurangi gejala-gejala dari sindrom metabolik.

b. Dada ayam

Dada ayam direkomendasikan bagi orang-orang yang ingin menjaga berat badannya. Dada ayam rendah kalori dan lemak. Dada ayam juga membantu mengatasi rasa lapar dan mengurangi nafsu makan, meningkatkan proses pembakaran lemak, dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Dada ayam sangat tinggi kandungan proteinnya, membantu anda meningkatkan massa otot dan kekuatan sehingga sangat cocok dikonsumsi orang-orang yang gemar berolahraga. 

Hal lainnya yaitu dada ayam juga kaya akan vitamin B6 yang baik untuk menjaga pembuluh darah yang sehat, proteksi kesehatan mata, dan regulasi tidur yang baik.

c. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu sumber protein terbaik. Ia kaya akan vitamin B12 yang membantu dalam mencegah anemia dan membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu daging sapi juga membantu mendukung kesehatan tulang, mengurangi resiko degenerasi makular, dan membantu meningkatkan energi ekstra.

Daging sapi juga mengandung zat besi yang membantu dalam peningkatan fungsi kognitif, sirkulasi oksigen, dan mengatasi rasa lelah.

 

3. SAYURAN

sayuran

a. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat lezat ketika dimasak ataupun ketika dimakan mentah. Brokoli sangat kaya akan serat yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan, vitamin C yang meningkatkan sistem imun, dan vitamin K yang membantu dalam menurunkan tekanan darah serta menjadikan fungsi kognitif lebih baik dan tulang yang lebih sehat.

b. Bawang putih

Bawang putih mengandung alisin, yang dapat mengurangi peradangan, menyediakan manfaat antioksidan di dalam tubuh dan membantu melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. 

Senyawa lain yang ditemukan pada bawang putih adalah dialil disulfida, yang efektif bertindak sebagai agen pendetoksifikasi.

c. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A, yang dikenal dalam meningkatkan fungsi penglihatan yang baik dan juga memegang peranan penting dalam fungsi sistem imun yang baik. Selain itu wortel juga mengandung biotin yang membantu dalam metabolisme protein dan lemak.

d. Bawang Bombay

Bawang bombai mengandung kromium, jejak mineral yang membantu dalam meregulasi gula darah.

Ketika dimakan dalam keadaan mentah, bawang bombay membantu dalam menurunkan produksi kolesterol jahat, menjaga fungsi jantung yang sehat. Selain itu bawang bombay juga membantu dalam menyembuhkan infeksi dan mengurangi peradangan ketika digunakan secara topikal alias langsung pada permukaan kulit.

 

4. SEAFOOD

seafood

a. Salmon

Salmon terkenal sebagai sumber asam lemak omega 3 dan protein. Ikan ini kaya akan vitamin B1, B2, B3, dan B5. Vitamin B kompleks ini mengubah makanan menjadi energi, membantu dalam memperbaiki dan membuat DNA, dan menurunkan kadar inflamasi di dalam tubuh anda. 

Selain itu salmon juga mengandung selenium, jejak mineral yang membantu memberikan perlindungan bagi tulang serta mengurangi resiko terkena kanker.

b. Udang

Udang rendah kandungan kalori dan lemak jenuhnya namun ia tinggi akan kandungan protein. Udang mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin yang membantu dalam mengurangi peradangan atau inflamasi di dalam tubuh.

c. Kerang

Kerang kaya akan nutrisi seperti omega-3 dan berbagai jenis mineral seperti:

  • Zinc alias seng yang membantu dalam mengatur fungsi imun, membantu mengatasi demam, dan menurunkan resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan usia.
  • Magnesium emmbantu dalam penyerapan kalsium, kesehatan jantung, dan meredakan rasa cemas.
  • Tembaga yang meningkatkan fungsi sistem imun dan menjaga kesehatan sel-sel saraf.

d. Sarden

Sarden mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dan meregulasi level insulin. Sarden juga mengandung fosfor yang membantu ginjal menyaring limbah, mengatur penggunaan energi tubuh, dan menjaga sel-sel dan jaringan tubuh agar tetap sehat.

 

Makan Sehat Minumnya Juga Air Putih Yang Berkualitas Baik

air kangen water sehat 

Demikianlah referensi 15 makanan sehat yang dapat anda tambahakan ke dalam menu diet harian anda. Jangan lupa untuk menyempurnakan diet sehat anda, berikan juga tubuh anda air putih yang memiliki kualitas tinggi yaitu KANGEN WATER.

Kangen Water adalah air putih bersifat alkali dan kaya antioksidan yang dihasilkan melalui kecanggihan teknologi dari Jepang melalui mesin ionisasi air alkali Kangen Water yang menggunakan tenaga listrik dengan proses yang disebut elektrolisis, membuat air putih biasa menjadi air putih penuh kualitas untuk menjadi air minum harian anda.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut sehubungan Mesin Kangen Water, anda dapat menghubungi kami pada nomor kontak yang tertera di website ini, kami akan dengan senang hati membantu anda. Salam Enagic Kangen Water Indonesia.