5 Cara Mendukung Kesehatan Pikiran dan Tubuh Yang Baik

kesehatan mental pikiran 

Saat ini semakin banyak orang-orang yang menyadari bahwa kesehatan mental itu tak kalah pentingnya selain kesehatan fisik. Berikut ini kami berikan tips untuk mendukung tercapainya kesehatan mental atau pikiran dan disaat bersamaan juga mendukung kesehatan tubuh yang baik.

1. Terlibat dalam kebiasaan berolahraga secara rutin

Ilmu pengetahuan turut mendukung hipotesis bahwa berolahraga itu juga baik bagi kesehatan mental dalam setidaknya bagi dua cara yaitu:

  • Berolahraga memicu perubahan kimiawi yang positif di dalam otak.
  • Terlibat dalam kegiatan berolahraga fisik secara teratur dapat membuat kita merasa baik terhadap diri kita sendiri serta mendukung dalam meningkatkan kepercayaan diri yang lebih baik.

Lalu bagaimana jika pikiran anda merasa lelah bahkan sebelum melakukan olahraga sama sekali? Kami punya tipsnya, kenapa anda tidak coba minum air putih alkali Kangen Water yang diproses melalui mesin Kangen Water Enagic Indonesia untuk memberikan anda semangat dan energi ekstra untuk mengambil langkah awal untuk berolahraga? Air putih Kangen Water mampu menghidrasi dan lebih cepat menyerap ke dalam sel-sel tubuh sehingga membuat anda menjadi lebih bersemangat. Ayo kenakan pakaian olahraga anda dan mulailah untuk berolahraga dan jangan lupa membawa botol air minum berisi Kangen Water untuk menemani anda berolahraga.

 

2. Belajarlah sesuatu yang baru

memperbaiki sepeda

Penelitian mengatakan bahwa belajar itu baik untuk memberikan kita rasa sejahtera dalam diri.

Entah apakah anda belajar mandiri tentang bagiamana cara memasak makanan favorit anda, belajar cara bercocok tanam, belajar menyanyi, belajar menari, belajar seni lukis, atau belajar cara memperbaiki sepeda yang rusak... Kita akan merasa lebih baik ketika kita sibuk meluaskan bakat dalam diri kita.

Proses dalam mengembangkan keahlian yang baru membantu kita bertumbuh dan menikmati rasa dalam melakukan suatu pencapaian.

 

3. Membuat koneksi

Interaksi yang kita miliki bersama orang-orang setiap hari juga sangat penting. Contoh sederhana yang dapat anda lakukan dalam membuat interaksi dan koneksi terhadap orang-orang misalnya:

  • Curhat dari hati ke hati dengan seorang sahabat
  • Bersikap ramah dan bersahabat terhadap orang yang melayani anda kopi di kafe atau restoran favorit anda.
  • Meluangkan waktu pada kolega di kantor anda dan bertanya kegiatan yang mereka lakukan di hari libur minggu lalu dan percakapan kecil lainnya namun dapat memberikan rasa koneksi yang baik terhadap individu lain.

Tak peduli apapun jenis interaksinya, terhubunglah dengan orang lain, pada level yang nyaman bagi anda, ini akan menimbulkan rasa bahagia dalam diri anda sebagai manusia.

 

4. Belajar untuk menikmati momen saat ini

momen tertawa

Memang butuh waktu dan sedikit latihan untuk belajar menghargai, menikmati dan hidup dalam momen apapun yang terjadi saat ini. Anda dapat mulai belajar untuk menghargai sekitar anda, kejadian-kejadian baik yang terduga maupun tak terduga yang terjadi saat ini, serta menghargai keadaan sekeliling anda apapun keadaannya. 

Dengan mencoba berlatih untuk menikmati momen yang ada saat ini akan memberikan anda rasa positif dan ketenangan yang mungkin sebelumnya belum pernah anda rasakan.

 

5. Rawat diri anda

Beberapa jenis makanan (gula dan kafein) dapat berkontributi dalam membuat diri merasa rendah.

Gula dan kafein keduanya terkenal akan memberikan sensasi semangat dalam sekejap namun kemudian diikuti oleh perasaan gelisah.

Cobalah untuk menjaga agar kadar gula darah dan mood anda lebih stabil dengan mengkonsumsi makanan yang melepaskan energi secara pelahan seperti:

  • Roti dan sereal dari gandum utuh
  • Oats
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain itu juga merupakan hal yang vital bagi anda untuk tetap terhidrasi juga, karena hal-hal yang terjadi jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan kurang banyak minum air putih dapat mengakibatkan hal-hal seperti:

  • Rasa bingung
  • Kesulitan untuk fokus
  • Mood menjadi rendah

Selain itu yang perlu anda ketahui juga bahwa otak itu sekitar 75%nya terdiri atas air, jadi sangatlah masuk akan jika otak anda membutuhkan air dalam jumlah yang mencukupi agar ia dapat berfungsi dengan baik.

Lalu apa hal yang dapat menjadikan minum air lebih mudah? Memiliki sendiri mesin air alkali Kangen Water di rumah dapat membuat anda dapat dengan mudah mengakses air putih berkuatlitas tinggi yang penuh kebaikan untuk dikonsumsi sehari-hari bersama seluruh keluarga anda.