4 Cara Jenius Menjaga Kesehatan Otak

menjaga kesehatan otak 

Kesehatan otak sangatlah krusial, dan banyak dari kita tidak terlalu memberi perhatian yang lebih terhadap hal ini.

Ketika kita meluangkan waktu untuk merenungkan ribuan prestasi luar biasa yang otak kita bantu capai setiap jam setiap hari, maka kita akan mulai menghargai betapa briliannya otak kita sebetulnya, dan bagaimana kita seharusnya benar-benar mencoba untuk menjaga dan merawatnya dengan baik.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, berikut ini 4 cara jenius yang bisa anda lakukan untuk memberikan perhatian pada otak anda agar tetap sehat sehingga ia dapat bekerja dengan maksimal dalam membantu proses berpikir anda setiap hari:

1. Beri Makan Otak Anda

makanan baik bagi kesehatan otak 

Jika yang anda konsumsi hanyalah junk food, makanan manis, makanan penuh lemak ataupun makanan olahan yang bercampur dengan bahan kimia, maka seiring waktu beberapa aspek kesehatan anda akan mulai terpengaruh. Otak pun juga tak kebal akan hal pola makan yang buruk ini. Kabar baiknya anda dapat meningkatkan kesehatan otak anda dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi otak, diantaranya:

  • Kacang-kacangan (terutama walnut)
  • Sayuran hijau
  • Strawberry, blueberry, blackberry, mulberry.
  • Biji-bijian
  • Alpukat
  • Coklat hitam
  • Lemak ikan yang kaya omega 3

 

2. Istirahatkan Otak Anda

otak tidur 

Anda pastinya tahu rasanya ketika tidak tidur dalam jumlah yang mencukupi, terutama jika hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama. Anda tahu bagiamana rasanya pikiran anda menjadi tidak bisa fokus dan mengawang-awang terasa seperti berkabut sementara badan anda juga terasa sangat lelah.

Otak anda butuh untuk beristirahat, dan hal ini sangatlah penting. Kurang tidur dapat mempengaruhi dalam proses berpikir dan mengambil keputusan, mempengaruhi emosi dan kemampuan anda untuk bekerja secara efektif. Hal ini tidaklah sesederhana dengan cukup hanya memberikan waktu break bagi otak selama beberapa jam, terdapat beberapa pekerjaan vital tertebty yang perlu dilakukan otak ketika anda tidur.

Toksin-toksin hasil metabolisme yang terakumulasi di siang hari akan dibersihkan ketika anda tidur. Ketika fase tidur yang dalam dalam siklus tidur anda terjadi, cairan tulang belakang serebral bersirkulasi dengan lebih bebas untuk membuang protein limbah.

 

3. Olahragakan Otak Anda

olahraga otak 

Ada 2 olahraga yang dimaksud di sini yaitu olahraga fisik tubuh dan olahraga otak dimana keduanya memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan otak.

a. Olahraga Fisik

Olahraga fisik tubuh paling tidak 20 menit sehari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak. Pada sebuah studi di tahun 2003, ilmuwan meneliti bahwa terdapat hubungan antara olahraga fisik dengan proses kognitif (berpikir). Selain itu juga patut dicatat bahwa apa yang baik bagi jantung juga baik bagi otak. Ketika anda berolahraga fisik, anda akan memompa oksigen dan darah yang penuh nutrisi pada seluruh tubuh menuju ke otak.

b. Olahraga Otak

Olahraga otak yang terus melatih otak anda juga tak kalah pentingnya misalnya membaca, bermain musik, menyelesaikan puzzle dan hal-hal lain yang menuntut proses berpikir ataupun kreatifitas agar otak terus berkembang dan mengkoneksikan neuron-neuron baru sangatlah baik bagi otak. Di zaman teknologi ini, anda dapat memanfaatkan HP anda untuk mendownload aplikasi permainan yang menuntut untuk berpikir seperti puzzle, kuis, sudoku, catur, dll.

 

4. Hidrasilah Otak Anda Dengan Air Putih

air putih bagi kesehatan otak 

Inilah fakta yang akan sulit untuk dilupakan ketika anda sudah mengetahuinya: otak yang mengalami dehidrasi akan menyusut sedikit dari tengkorak. Ya, para ilmuwan mempelajari fenomena ini bahwa otak kehilangan volume dan berkontraksi sebagai akibat dari hidrasi yang tidak mencukupi, dan tidak mengherankan kalau efek yang terjdi tidaklah positif.

Faktanya mengenai otak yang mengalami dehidrasi adalah daya ingat, bagaimana anda bereaksi terhadap resiko, pekerjaan dan perencanaan semuanya akan ikut terpengaruh. Anda mungkin akan merasa menjadi mood anda lebih cepat berubah-ubah dibandingkan biasanya, dan anda juga akan lebih mudah mengalami sakit kepala

Minum air putih yang berkualitas tinggi yang dihasilkan dari mesin ionisasi air alkali seperti mesin Kangen Water sangatlah bagus dalam memberikan hidrasi superior yang maksimal bagi otak anda. 

Mesin Kangen Water misalnya tipe Leveluk SD 501 mampu menghasilkan air putih yang kaya akan antioksidan tinggi serta cluster-cluster molekul air yang lebih kecil menjadikannya mampu diserap dengan mudah oleh sel-sel tubuh, termasuk otak. Anda dapat membaca artikel lebih jauh mengenai peranan air putih yang berkualitas tinggi bagi otak seperti yang disampaikan oleh Dr. Corrine Allen.

 

Cintailah Otak Anda

cintai otak 

Anda hanya memiliki satu otak, jadi lakukan cara apapun juga untuk menjaga dan melindunginya agar tetap sehat. Konsumsilah makanan yang baik dan berkualitas, tidurlah dengan nyenyak, lakukan olahraga fisik dan olahraga otak, serta minumlah air putih yang memiliki kualitas tinggi dan bagus bagi otak. Cintailah otak anda dengan memberikan yang terbaik padanya setiap hari.