5 Strategi Untuk Mencegah Makan Berlebihan

makan berlebihan 

Ada berbagai macam pola diet yang bisa kita lakukan yang bisa kita coba-coba dan ganti-ganti. Namun tahukah anda bahwa manajemen berat badan yang sehat itu sederhananya sebetulnya adalah tidak makan secara berlebihan, itu saja.

Namun meskipun kedengarannya sederhana, namun pada kenyataannya tidaklah demikian. Orang-orang terkadang makan secara berlebihan dikarenakan berbagai alasan: alasan emosional, stress, merasa kekurangan energi, atau hanya karena ia hobi makan.

Makan dalam jumlah yang cukup namun tidak terlalu banyak seringkali merupakan kunci untuk membuka jalan terhadap penurunan berat badan. Terdapat beberapa tips yang dapat anda lakukan terhadap gaya hidup anda untuk mencegah anda dalam makan dalam jumlah yang berlebihan, berikut kami berikan strateginya:

 

1. Jangan Terdistraksi

distraksi hp 

Saat anda sedang makan, ataupun sedang menikmati snack, jika anda melakukannya sambil bermain-main dengan HP atau komputer anda, maka kemungkinan besar anda akan makan lebih banyak makanan ketimbang yang seharusnya. Para ahli meneliti bahwa fokus atau perhatian terhadap sesuatu merupakan bagian kunci dari makan berlebihan. Dan jika anda secara reguler makan di depan TV misalnya, maka kebiasaan makan anda akan tercermin dari sana.

Kabar baiknya adalah, hal ini sangatlah mudah untuk diperbaiki; makanlah makanan anda di meja makan, jauh dari layar HP ataupun TV dan hal-hal lain yang dapat mengalihkan perhatian anda sehingga anda dapat menurunkan berat badan tanpa berjuang terlalu keras.

"Bukti menunjukkan bahwa makan dengan penuh perhatian cenderung mempengaruhi asupan makanan, dan menjalankan prinsip makan dengan penuh perhatian dapat membantu penurunan berat badan dan menjaga berat badan tanpa perlu menghitung kalori secara sadar."

- Robinson, Eric et al, ""Makan dengan penuh perhatian: Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis dari efek memori asupan makanan dan kesadaran makan."

 

2. Pelan-Pelan

Keilmiahan dibalik alasan makan dengan perlahan-lahan adalah orang-orang yang makan dengan lebih perlahan cenderung untuk memiliki indeks massa tubuh bagian bawah yang lebih rendah, dan hanya membutuhkan lebih sedikit makanan untuk merasa kenyang ketimbang orang yang makan dengan cepat dan terburu-buru, atau tidak menyengajakan diri untuk makan lebih perlahan.

Sekali lagi, ini merupakan strategi yang mudah untuk anda terapkan ketika sedang makan, yang hanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dengan makan lebih perlahan namun manfaat yang didapatkan sangatlah bagus bagi tubuh anda.

 

3. Lakukan Rutinitas

Jangan melewatkan waktu makan. Cobalah untuk tetap menjaga rutinitas waktu makan reguler anda untuk membantu anda mengurangi berat badan. Hancurkan kebiasaan 'buruk' seperti gangguan makan dan waktu makan yang terburu-buru, dan kembangkan kebiasaan 'baik'. Makan ketika anda lapar, kurangi hingga sesedikit mungkin kebiasaan mengemil dan meletakkan sendok dan garpu anda ketika anda sudah kenyang merupakan sebuah awalan yang baik untuk anda mulai.

 

4. Makan Lebih Banyak Serat

makanan berserat 

Baik Food and Drug Administration (FDA) dan ilmuwan mendukung ide bahwa makan lebih banyak makanan yang berserat dapat membuat anda merasa puas dan kenyang. Hal ini artinya dapat mencegah anda untuk makan secara berlebihan.

Cobalah memasukkan bahan makanan yang kaya serat berikut ke dalam makanan yang anda konsumsi setiap hari:

  • Oatmeal
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Sayuran atau dedaunan hijau
  • Ubi jalar
  • Gandum utuh
  • Polong-polongan
  • Buah-buahan seperti pepaya, apel, pisang, alpukat, dll

 

5. Minum Air Putih dan Bukan Soda

air putih vs soda 

Berbagai badan penelitian klinis dan meta-analisis memberi tahu kita bahwa minum soda merupakan pilihan yang buruk terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan serta bagi orang yang mengharapkan penurunan berat badan. Salah satu alasan terhadap hal ini adalah bahwa minuman bersoda tidaklah mampu memuaskan dahaga anda karena karbohidrat cair tidak membuat anda merasa kenyang. 

Minum air putih merupakan pilihan yang paling baik dalam membantu mengontrol berat badan serta mencegah makan berlebihan. Apalagi jika air putih yang anda minum merupakan air putih yang berkualitas tinggi seperti Kangen Water yang diproses dengan teknologi tinggi menggunakan mesin ionisasi air Kangen Water buatan Enagic Jepang.