Tips Mempertahankan Tubuh Agar Tetap Sehat

Semua orang pastinya ingin agar tubuhnya tetap sehat dan jauh dari penyakit bukan? Sebetulnya cara untuk menjaga tubuh tetap sehat cukup simpel namun seringkali diabaikan. Berikut ini kami berikan tips-tips dasar untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda terapkan dalam keseharian anda.

 

1. Makan yang baik dan bergizi serta atur asupan kalori harian

makanan bergizi

Makan makanan yang sehat dimulai dengan menerapkan pola makan yang memiliki keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat dan serat. Jumlah kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda tergantung usia. 

Berikut ini daftar asupan kalori harian yang direkomendasikan sesuai usia berdasarkan data dari USDA:

  • 2-8 tahun = 1000 - 1400 kalori
  • 9-13 tahun = 1400-1600 kalori (untuk anak perempuan) dan 1600-2000 (untuk anak laki-laki)
  • 14-30 tahun = 2400 kalori (wanita aktif), 1800 - 2000 kalori (wanita tidak aktif), 2800 - 3200 (pria aktif), dan 2000-2600 (pria tidak aktif)
  • Lebih dari 30 tahun = 2000-3000 (pria dan wanita aktif) dan 1600-2400 (pria dan wanita tidak aktif)

 

2. Lakukan olahraga harian secara teratur

Melakukan diet yang sehat dan seimbang selalu baik jika dipasangkan dengan olahraga harian. Tubuh anda harus selalu terus bergerak agar bisa tetap sehat.

Anda dapat melakukan latihan yang meningkatkan detak jantung dan kapasitas paru-paru untuk membuat tubuh membakar lebih banyak cadangan lemak. Sebuah olahraga sederhana berjalan kaki selama 30 menit saja sudah merupakan sebuah bentuk olahraga yang baik.

Catatan: Kapasitas paru-paru adalah jumlah udara yang dapat diisi ke dalam paru-paru ketika menarik nafas ataupun menghembuskan nafas.

 

3. Dapatkan kualitas tidur yang nyenyak

tidur nyenyak

Tidur merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk disegarkan ulang. Dengan alasan inilah, kualitas dan kuantitas tidur merupakan hal yang penting.

Pastikan anda mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur setiap malam untuk memmperoleh kualitas tidur yang patut anda dapatkan. Jika anda merasa mengantuk di siang hari, ambil tidur singkat sebentar untuk mengisi ulang energi agar anda dapat melanjutkan sisa hari dengan tetap semangat.

 

4. Lakukan hal-hal yang anda sukai

Melakukan hal-hal yang anda sukai juga merupakan faktor yang penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Anda harus mengambil waktu break dari pekerjaan dan keluar bersenang-senang secara reguler. 

Hidup adalah tentang keseimbangan antara pikiran dan tubuh, dan melakukan hal yang anda nikmati akan membantu anda memperoleh pikiran yang sehat. Seseorang yang tidak memiliki keseimbangan antar kerja dan bersenang-senang seringkali memiliki resiko tinggi tekena penyakit dan mengalami stress dibandingkan orang yang tahu kapan saatnya bekerja dan kapan saatnya untuk bersenang-senang.

 

5. Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih

Minum banyak air putih, terutama air putih alkali kaya antioksidan seperti Kangen Water setiap hari memiliki kontribusi dalam menjaga tubuh tetap sehat dan seimbang, serta turut membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

Tubuh anda dapat bertahan cukup lama tanpa makanan, namun tidak demikian halnya dengan air. Air utamanya membantu dalam proses metabolisme, yang merupakan salah satu proses besar yang terjadi di dalam tubuh.

Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti buahan dan sayuran. Hal yang patut anda catat adalah batasi konsumsi alkohol dan minuman yang mengandung kafein karena jenis minuman tersebut dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi atau menghilangkan cairan di dalam tubuh.

Investasi terbaik untuk keluarga agar anda sekeluarga dapat menikmati air putih yang sehat dan berkualitas setiap harinya bisa anda dapatkan dengan memiliki sendiri mesin Kangen Water Enagic di rumah anda.

 

6. Dengarkan tubuh anda

Jika anda merasakan rasa sakit atau perih, jangan diabaikan. Ini merupakan pertanda bahwa tubuh anda membutuhkan perhatian khusus.

Jika anda pikir anda butuh untuk mengunjungi dokter jika anda merasakan gejala-gejala sakit tertentu, jangan ragu dan segera lakukanlah.

 

7. Bersosialisasilah

bersosialisasi

Orang yang sehat tidak hanya dilihat dari tubuhnya yang vit. Orang yang sehat itu maksudnya adalah orang yang sehat baik secara fisik, mental, emosional, keuangan serta secara sosial.

Tetaplah berhubungan dengan orang-orang yang anda cintai dan berinteraksilah dengan orang-orang baru untuk meningkatkan kehidupan sosialmu. Bersosialisasi dengan orang-orang akan meringankan mood anda dan mengurangi resiko depresi serta rasa cemas.

 

8. Berhentilah merokok

Merokok itu sifatnya tak pernah akan memberikan kebaikan bagi tubuh. Merokok dapat merusak jantung, mulut, kerongkongan, dan paru-paru. Memang akan sangat sulit untuk berhenti merokok, namun semakin cepat anda berhenti merokok, maka semakin sedikit kerusakan yang ditimbulkannya bagi tubuh anda.

 

9. Lindungi kulit anda dari sinar UV

Kulit merupakan organ tubuh yang paling besar dan bagian dasar terluar perisai tubuh anda. Kulit melindungi kita dari panas terik matahari sehingga mencegah kita terkena kanker kulit.

Gunakan tabir surya ketika anda pergi keluar dan kenakanlah topi serta pakaian lengan panjang untuk melindungi kulit anda dari paparan matahari.

 

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah tergantung dalam gaya hidup harian yang anda terapkan setiap hari. Jika anda pikir apa yang anda lakukan sehari-hari harus diubah, maka lakukanlah perubahan tersebut.

Disiplin diri merupakan kunci untuk mencegah pola hidup yang tidak sehat serta kunci untuk mendapatkan kesehatan yang anda idamkan. Mulailah menerapkan tips-tips pola hidup sehat diatas dan jadilah diri anda yang lebih baik dan lebih sehat dibandingkan kemarin. Salam Kangen Water Indonesia.