Mau Menjalankan Diet Keto? Ketahui Dulu 4 Hal Berikut Ini

diet keto 

Mungkin anda pernah mendegar mengenai suatu pola diet yang disebut Diet Keto. Diet Keto adalah suatu diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Diet ini bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan cepat, namun masih kontroversial karena bila tidak dilakukan dengan tepat dapat memilliki efek negatif bagi tubuh.

Sebelum anda memutuskan untuk menjalani diet ini, anda harus mengetahui bahwa jenis diet ini tergolong cukup sulit jika dibandingkan jenis diet lain sehingga ada hal-hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

Diet Keto memaksa tubuh untuk membakar lemak alih-alih karbohidrat, dimana hal ini akan terjadi ketika tubuh berada dalam suatu kondisi yang disebut ketosis.

Untuk membuat diet keto ini sukses, nutrisi harian yang anda konsumsi biasanya seperti berikut ini:

  • 75% lemak
  • 20% protein
  • 5% karbohidrat

Dikarenakan sifat alamiah dari diet keto, anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat karena tubuh anda memaksakan diri untuk menyediakan energi yang berasal dari lemak alih-alih menggunakan karbohidrat.

 

4 hal yang harus anda ketahui Sehubungan Diet Keto

1. Pastikan lakukan penelitian telebih dahulu tentang diet keto

diet ketosis

Anda dapat mencari artikel-artikel online sehubungan diet keto dan resep-resep makanan yang sederhana, terjangkau dan enak untuk memenuhi kebutuhan asupan harian anda saat menjalani diet keto.

Berikut ini beberapa contoh makanan yang umumnya digunakan ketika menjalani diet keto:

  • Telur
  • Daging ternak dan daging unggas
  • Keju
  • Sayur-sayuran rendah karbohidrat seperti bayam mentah, kubis brusel, kembang kol, zucchini, dan buah kundur
  • Greek yogurt
  • Seafood (kerang, remis, gurita, cumi-cumi, tiram, sarden, mackerel dan salmon)

Itu adalah contoh-contoh makanan yang bisa anda konsumsi saat menjalani deit keto.

 

2. Diperlukan dedikasi untuk menjalani diet keto yang sulit

Dengan mengalami keadaan yang disebut ketosis alias tubuh yang kekurangan karbohdirat untuk dibakar menjadi energi dan menggantinya dengan membakar lemak, anda sedang cheating dengan tubuh anda. Diet ini sangatlah sulit dan anda harus benar-benar mendedikasikan diri jika ingin melakukannya untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

3. Anda akan dipaksa meninggalkan zona nyaman Anda

pola diet keto

Anda akan dipaksa untuk keluar dari zona nyaman anda atas makanan yang biasa anda makan sehari-hari dan mulai menggantinya dengan menu diet keto dan cemil-cemilan menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan diet keto. Anda mungkin harus melakukan ekseperimen di dapur untuk membuat menu-menu makanan baru ala diet keto seperti stir fried beef dan zucchini, atau Greek yougurt keto parfait. Ada banyak resep-resep diet keto lain yang bisa anda cari sendiri di Google.

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah, pilihan anda amatlah terbatas jika yang berhubungan dengan minuman yang boleh anda konsumsi. Dan minum-minuman yang tinggi kandungan gula seperti minuman bersoda harus dihapus dari daftar minuman anda karena ia mengandung hampir 40 gram karbohidrat. Singkirkan minuman bersoda tersebut! Sebagai gantinya, anda dapat minum air putih karena tentu saja air putih tidak mengandung karbohdirat sama sekali. Pilihlah air putih yang memiliki kualitas baik untuk membantu anda menjalani diet keto agar maksimal. Salah satu contoh air putih yang memiliki kualitas yang baik misalnya air putih Kangen Water yang dihasilkan melalui proses elektrolisa arus listrik menggunakan mesin ionisasi air Kangen Water teknologi Jepang.

 

4. Jangan mengharapkan hasil yang instan

Mungkin kita pernah melakukan hal ini: Berdiri di depan cermin dan mencari-cari tanda penurunan berat badan padahal baru 1 hari memulai latihan di gym. Anda tidak akan menemukan itu.

Meskipun diet keto dipercaya merupakan salah satu cara cepat untuk menurunkan berat badan, anda tidak akan turun berat badannya hanya dalam waktu semalam. Contohnya, jika selama ini diet atau pola makan anda tinggi karbohidrat sebelum memutuskan untuk menjalankan diet keto, maka akan butuh waktu lebih lama bagi tubuh anda untuk masuk dalam fase ketosis. Oleh karena itu bersabarlah. Tetaplah konsisten menjalankan diet keto diiringi dengan berolahraga, maka seiring waktu anda akan memperoleh hasilnya.