Anda Mudah Merasa Lelah? Yuk Simak 5 Tips Berikut Agar Tubuh Tetap Segar dan Penuh Semangat

tubuh segar  

Apakah anda sering tidak bersemangat dan merasa kelelahan baik secara fisik ataupun mental? Kemungkinan rutinitas harian yang anda jalani menyebabkan anda kehilangan energi. Banyak orang yang menjalani rutinitas pekerjaan setiap hari dalam kondisi rendah energi dan sayangnya, memiliih jalan pintas untuk memperoleh penambahan energi artifisial dengan jalan mengkonsumsi sesuatu yang manis atau memiliki kandungan kafein.

Anda tidak dapat menjalani kehidupan dengan positif jika anda sering merasa kelelahan dan tidak memiliki motivasi. Dengan hanya melakukan beberapa perubahan sederhana, anda akan mendapatkan kembali energi untuk menjalani hari dengan penuh semangat. Olahraga dan nutrisi memiliki peranan yang sangat penting untuk memberi tambahan energi ke dalam kehidupan harian anda.

 

5 Perubahan Untuk Memiliki Energi Ekstra

Mari simak 5 perubahan sehat yang dapat anda lakukan agar memiliki tambahan energi untuk membuat anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari.

1. Pastikan minum air putih yang cukup

tubuh segar anti lemas 

Tidak terpenuhinya kebutuhan hidrasi harian tubuh merupakan salah satu penyebab anda mudah merasa lelah. Hal ini dikarenakan ketika sel-sel di dalam tubuh anda tidak terhidrasi dengan benar, maka aktivitas mereka akan melambat, demikian juga dengan level energi anda.

Air putih teramat sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari. Jika anda ingin mengkonsumsi air putih, cobalah minum air putih yang memiliki kualitas yang baik. Air putih Kangen Water dapat menjadi alternatif yang sangat baik bagi sel-sel tubuh anda agar dapat terhidrasi secara sempurna dikarenakan air putih ini lebih gampang diserap oleh tubuh karena ukuran cluster molekulnya yang lebih kecil. Tak hanya gampang diserap tubuh, air putih Kangen Water juga memiliki bersifat alkali serta memiliki kandungan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Konsumsi Kangen Water sekitar 2-3 liter setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh anda akan air putih yang berkualitas baik. 

 

2. Berolahraga secara rutin

Menggerakkan tubuh anda, dalam artian berolahraga, dapat menghasilkan energi ekstra. Ditinjau dari sisi sel, dengan menggerakkan tubuh anda melalui olahraga, anda sedang meningkatkan fungsi mitokondria yang merupakan organ sel berukuran kecil, yang menghasilkan energi selular pada hampir setiap sel di dalam tubuh anda. Ketika mitokondria sehat dan kuat, kitapun akan merasa lebih berenergi.

Selain itu, penting juga untuk membangun massa otot dan kekuatan jantung, baik hanya sekedar berjalan ringan, jogging ataupun berlari dapat meningkatkan energi di dalam tubuh anda.

 

3. Pilihlah makanan yang sehat dan bernutrisi

makanan bernutrisi

Diet atau mengatur pola makan merupakan kunci lainnya yang tak kalah pentingnya untuk menghasilkan energi bagi tubuh anda. Tubuh kita butuh lemak yang sehat, protein yang berkualitas, antioksidan, untuk meningkatkan energi sel. Pola makan yang buruk dengan konsumsi makanan cepat saji, gula, lemak tak sehat, junk food lainnya dapat mencegah dihasilkannya level energi yang optimal, dan lebih buruknya lagi dapat berakibat negatif pada kita baik secara mental maupun dari sisi kesehatan.

 

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga merupakan salah satu hal yang penting untuk mengatasi rasa lelah yang konstan. Kualitas tidur yang buruk ataupun kurang tidur dapat membuat energi anda melemah. Level energi anda sangat bergantung pada kualitas tidak yang baik dan nyenyak. Jika anda sering kurang tidur, tak hanya akan berakibat pada seringnya anda merasa lelah dan kekurangan energi, namun juga berefek negatif bagi tubuh seperti resiko terkena penyakit jantung, naiknya berat badan, obesitas, tingginya tekanan gula darah, dan diabetes.

Pastikan anda tidur yang cukup sekitar 7 hingga 8 jam perhari. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik:

  • Tidurlah pada jam yang sama setiap malam untuk membangun kebiasaan atau rutinitas yang baik
  • Tidur dalam kondisi kamar yang gelap tanpa cahaya
  • Berhenti menggunakan gadget dan peralatan elektronik 90 menit sebelum tidur
  • Pastikan tidur dalam suhu yang nyaman agar tidur anda nyenyak sepanjang malam

 

5. Kurangi Stress

Stress dapat menghabiskan banyak energi anda dengan cepat. Cobalah "menyempilkan" aktivitas yang dapat membuat anda menjadi lebih relaks ketika menjalani hari. Contoh hal ini misalnya berolahraga di gym, meditasi, yoga, mendengarkan musik, membaca, menonton tv ataupun meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman anda. Sesuatu yang relaks dapat membantu meningkatkan energi dan mood anda. Menarik nafas dalam-dalam juga merupakan sebuah teknik yang bagus sebagai respon untuk mencegah stress. 

teknik pernafasan

Coba gunakan teknis pernafasan ini untuk membuat anda merasa rileks:

  • Tarik nafas selama 4 detik
  • Tahan selama 7 detik
  • Hembuskan nafas selama 8 detik

 

Demikianlah tips-tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kelelahan, membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat agar kualitas hidup anda mengalami peningkatan.