Inilah Alasannya Kenapa Minum Air Putih Merupakan Sesuatu Yang Vital Bagi Tubuh Kita

alasan minum air putih

Mungkin suhu udara tidak terlalu panas namun anda tahu kapan saatnya anda harus minum air sesegera mungkin. Ketika tenggorokan anda merasa sangat haus, atau ketika anda merasa sedikit pusing dan kepala berputar-putar. Bahkan sekalipun anda tidak berolahraga terlalu berat, otot-otot anda terasa lemas, punggung anda terasa sakit dan persendian juga terasa kaku, sebetulnya itu merupakan sebuah sinyal dari tubuh atas betapa tergantungnya tubuh untuk diberikan air putih sesegera mungkin.

 

Air Putih Merupakan Bahan Bakar Penting Bagi Tubuh

air dalam tubuh

Sekitar 65-70% tubuh kita terdiri atas air, kedengarannya seperti sesuatu yang sangat banyak sampai anda menyadari seberapa jauh perjalanan air harus mengaliri seluruh bagian tubuh anda dan menjalankan fungsinya setiap hari. Semua organ, jaringan dan sel-sel di dalam tubuh anda membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Terdapat 11 sistem organ di dalam tubuh anda yang fungsinya saling bergantung satu dengan yang lainnya, yaitu:

  • Sistem kardiovaskular - jantung dan pembuluh darah.
  • Sistem pencernaan - esofagus, lambung, liver, usus besar, usus kecil, anus dan rektum.
  • Sistem endokrin - kelenjar yang mengatur hormon pertumbuhan dan metabolisme.
  • Sistem Integumen - rambut, kulit dan kuku.
  • Sistem Limfatik - rumah bagi sel darah putih yang berperan vital dalam sistem imun melawan penyakit. 
  • Sistem Otot - untuk pergerakan dan postur tubuh yang baik.
  • Sistem saraf - saraf, otak dan saraf tulang belakang.
  • Sistem reproduksi
  • Sistem pernafasan - menyuplai darah dengan oksigen.
  • Sistem tulang rangka - semua tulang dan persendian. Tulang menyimpan cadangan mineral dan air putih membantu dalam mengisinya kembali.
  • Sistem urinari - membuang limbah-limbah keluar dari tubuh (dikenal juga dengan sistem ekskresi).

 

3 Alasan Utama Kenapa Harus Minum Air Putih

Minum air putih yang berkualitas seperti Kangen Water tentunya akan sangat menguntungkan bagi tubuh anda. Berikut ini merupakan 3 alasan utama kenapa air putih merupakan sesuatu yang vital untuk memperoleh kesehatan tubuh yang baik. 

 

1. Membuat Tubuh Anda Tetap Terhidrasi Dengan Baik

Tubuh anda membutuhkan air untuk mempertahankan temperatur internal yang sehat yaitu 37 derajat celcius. Jika anda tinggal di tempat yang beriklim panas ataupun sangat aktif, atau jika anda sakit demam, diare dan muntah, tentu anda butuh untuk minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Ketika cadangan air di dalam tubuh anda menipis dan otak memberikan sinyal bahwa anda merasa haus, segeralah minum air putih. Jika anda tidak segera melakukannya dapat membuat tubuh anda mengalami dehidrasi, dimana dalam kasus ringan hingga menengah dapat membuat anda merasa pusing untuk sementara waktu, dan dalam kasus berat dapat mengakibatkan gagal ginjal.

 

2. Memperlancar Buang Air Yang Teratur

buang air besar

Air merupakan obat sederhana namun mujarab untuk mengobati orang yang mengalami konstipasi atau sembelit, dan sembari melihat keterkaitan antara organ tubuh yang satu dengan yang lainnya, ada dapat memahami alasannya. 

Setiap hari ginjal sangat bergantung pada air untuk menyaring sekitar 180 liter darah dan 1-1,5 liter urin, namun jika ginjal tidak berfungsi dengan benar, kelebihan cairan dan limbah akan terakumulasi di dalam tubuh. Air merupakan kunci untuk memastikan bahwa ginjal dapat bekerja dengan baik dalam mengeluarkan limbah dari tubuh.

 

3. Membuat Tubuh Tetap Lentur

Tulang rawan pada tubuh yang bertindak sebagai semacam bantalan bagi pesendian dan cakram pada tulang belakang, 80%nya terdiri atas air. Jadi ketika tulang rawan menjadi kering akibat kekurangan air maka persendian menjadi kurang mampu dalam menghindari benturan, dan alih-alih ia malah akan menjadi kaku dan menimbulkan rasa sakit. Lalu apa solusinya? Seperti pernyataan dari Arthritis Foundation mengatakan bahwa "Jika ada ramuan ajaib untuk diminum, hal itu adalah air putih."

 

Berapa Banyak Air Putih Yang Harus Kita Minum?

wanita pria minum air

Sama seperti nafsu makan anda terhadap makanan berfluktuasi, demikian juga halnya dengan rasa haus anda terhadap air, dan menjaga agar tetap terkoneksi terhadap sinyal tubuh atas kebutuhan air akan memastikan anda untuk minum air putih dalam jumlah yang mencukupi, terutama hal ini dikarenakan anda pasti akan kehilangan air baik melalui perspirasi atau pernafasan, buang air kecil ataupun buang air besar.

Mayo Clinic dan Medical News Today menyarankan untuk konsumsi air harian bagi tubuh adalah sekitar 2,7 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria.

Angka yang disarankan ini kelihatannya cukup besar namun harap diingat bahwa kita juga turut mendapatkan asupan air dari makanan yang kita makan. Sebagai contoh, beberapa jenis sayuran seperti mentimun dan buahan seperti semangka memiliki kandungan air yang tinggi sehingga makanan ini juga turut dapat memenuhi asupan kebutuhan air bagi tubuh.

Ketika anda merasa ingin minum-minuman yang mengandung gula yang manis, ingatlah akan kalori kosong yang dikandungnya. Air putih mungkin rasanya tawar, namun manfaatnya jelas lebih baik jika dibandingkan air jenis lainnya. Seperti yang dikatakan oleh Mayo Clinic: "Air putih merupakan pilihan terbaik bagi anda karena ia tidak mengandung kalori, harganya murah dan bisa dengan cepat kita dapatkan."

 

Tidak Semua Air Putih Kualitasnya Sama

air putih kangen water

Meskipun sama-sama air putih, namun tidak semua air putih memiliki kualitas yang sama. Air putih yang memiliki kualitas lebih tinggi dapat diperoleh melalui proses ionsasi air seperti air putih Kangen Water. 

Air putih Kangen Water memiliki keunggulan utama yang baik bagi tubuh sehingga direkomendasikan untuk menjadi air minum anda sehari-hari. Keunggulan air putih Kangen Water yang tidak terdapat pada air putih lainnya yaitu ia bersifat alkali, kaya akan antioksidan serta memiliki ukuran molekul yang kecil sehingga lebih gampang untuk diserap oleh tubuh.

Konsumsi air putih Kangen Water harian sebanyak 2-3 liter sangat baik dalam membantu memenuhi asupan kebutuhan cairan harian bagi anda dan keluarga. 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kami Mitra Usaha Enagic Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk seluruh kota di Indonesia.

Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!