Istilah-Istilah Yang Sering Muncul Dalam Dunia Ionisasi Air

terminologi kangen water 

Terdapat beberapa istilah dalam dunia ionisasi air yang mungkin terdengar asing di telinga orang awam, berikut kami berikan penjelasannya:

 

1. Continuous Ionized Electrolysis Water Generator

alat kangen water

Ini merupakan nama resmi dari mesin ionisasi air yang dibuat oleh perusahaan Enagic Kangen Water Jepang. Meski ini merupakan nama yang resmi, namun lebih sering disebut "Mesin Kangen Water" agar lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh berbagai kalangan.

 

2. Kangen Water

kangen water bahasa jepang

Istilah "Kangen" dalam bahasa Jepang, secara harafiah memiliki arti "kembali ke asal". Istilah ini dipilih secara spesifik untuk mewakili esensi dari air alkali ionisasi yang diproduksi oleh mesin Kangen Water dari Enagic. Istilah "Kangen Water" telah diregistrasikan menjadi trademark perusahaan Enagic, dan berdasarkan hukum, tidak diizinkan untuk merk-merk mesin ionisasi air lainnya untuk menyebut air yang mereka produksi dengan nama Kangen Water. 

mr hironari ohshiro ceo enagic international

Beberapa orang bertanya kenapa Mr. Hironari Ohshiro (CEO Perusahaan Enagic International) bersikeras untuk menghabiskan waktu, tenaga dan biaya untuk membuat trademark resmi dengan nama "Kangen Water" atas air yang dihasilkan dari mesin Kangen Water tersebut. Jawabannya sederhana, Mr. Hironari Ohshiro adalah seorang mahasiswa dalam sejarah bisnis, dan beliau tahu, berdasarkan contoh-contoh yang tak terhingga banyaknya, ketika produk yang anda buat adalah yang terbaik dibidangnya, maka anda harus membuat sebuah identitas resmi atas produk tersebut.  Tentu saja perusahaan Enagic International tak perlu bersusah payah dan secara sederhana cukup menyebut air yang dihasilkan dari mesin Kangen Water dengan nama teknisnya yaitu "alkaline ionized water atau air alkali ionisasi", namun untuk memberikan penghargaan atas kualitas dan rasa hormat yang sudah selayaknya didapatkan, maka air tersebut haruslah diberi nama panggilan khusus untuk membedakannya dengan air-air lainnya.

Memang nama yang sudah dijadikan trademark dari air yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water disebut dengan nama "Kangen Water", namun jika anda ingin mengetahui apa istilah atau sebutan resmi yang digunakan secara universal oleh kalangan ilmiah terhadap air seperti Kangen Water ini yaitu sebutannya adalah "alkaline ionized water atau air alkali ionisasi". Nama ilmiah ini digunakan untuk memberikan penjelasan lebih spesifik dan mendalam lagi untuk mendeskripsikan mengenai Kangen Water. Contohnya: "Mesin Kangen Water adalah sebuah mesin yang mampu memproduksi air minum Kangen Water yang merupakan air alkali ionisasi terbaik di bidangnya!" 

Hal lain yang patut dicatat adalah kata "Kangen" memiliki makna lain yang lebih mendalam bagi perusahaan Enagic ketimbang sekedar mendeskripsikan air minum saja, kata "Kangen" ini sebetulnya merupakan bagian dari filosofi yang lebih besar dari perusahaan Enagic. Sama seperti semangat yang terkandung dalam kata "kembali ke asal", ia juga memiliki konsep agar kita dapat mencapai keseimbangan dan harmoni yang sejati. Perusahaan Enagic Kangen Water menaruh 5 jenis "Kangen" dalam dasar mencapai kehidupan yang lebih baik yaitu:

a) Kesehatan tubuh yang baik

b) Penghasilan yang baik dan sesuai

c) Pengembalian penghargaan finansial yang cepat

d) Apresiasi dan kasih sayang, peduli dengan diri sendiri dan orang lain

e) Dukungan pada masyarakat, peduli akan komunitas

 

3. pH

ph chart kangen water

pH merupakan akronim atau singkatan dari Power / Potential of Hydrogen, yang direpresentasikan dalam skala logaritma, dimulai dari angka 0 hingga 14. Dalam industri ionisasi air, ketika membicarakan mengenai pH, maka yang dimaksud adalah mengenai tingkat atau derajat keasaman pada minuman, seperti air putih atau minuman soda, dan minuman tersebut akan memiliki angka pengukuran yang menunjukkan sifatnya, entah ia bersifat asam, netral ataupun alkali. Pengukuran skala pH didasarkan pada aktivitas jumlah ion hidrogen (H+) di dalam suatu cairan.

Suatu cairan / minuman dikatakan asam jika angka pengukurannya di bawah angka 7 pada skala pH, dimana pada kondisi tersebut ia memiliki lebih banyak aktivitas dari hidrogen bebas, dan sebaliknya suatu cairan / minuman dikatakan bersifat alkali jika angka pengukurannya di atas angka 7 pada skala pH, dimana pada kondisi tersebut ia memiliki lebih sedikit aktivitas dari hidrogen bebas. Huruf-huruf dari kata "pH" itu sendiri merupakan turunan dari kata nilai absolut kekuatan / potensi (p) atas konsentrasi ion hidrogen (H).

 

4. Alkali

Dalam skala pH, semua pengukuran di ATAS pH netral (pH 7.0) disebut bersifat ALKALI.

 

5. Asam

Dalam skala pH, semua pengukuran di BAWAH pH netral (pH 7.0) disebut bersifat ASAM.

 

6. ORP

orp meter

ORP merupakan akronim dari Oxidation Reduction Potential, yaitu suatu pengukuran yang menentukan apakah suatu minuman memiliki kandungan antioksidan, yang nantinya akan menunjukkan angka negatif, contohnya seperti -300, ataupun sebaliknya apakah suatu minuman bersifat mengoksidasi, yang nantinya akan menunjukkan angka positif, contohnya +300. Pengukuran ini umumnya dilakukan menggunakan sebuah alat yang disebut ORP meter, yang didesain dan dikalibrasi untuk mengukur ORP suatu cairan.

 

7. Pelat

pelat mesin kangen water

Pelat disini mengacu pada pelat logam yang berada di dalam ruang elektrolisis dari suatu mesin ionisasi air. Pelat tersebut fungsinya sebagai konduktor listrik, baik yang bermuatan positif ataupun negatif, selama proses elektrolisis berlangsung. Pelat merupakan salah satu dari KOMPONEN UTAMA atau bagian yang PALING PENTING dalam sebuah mesin ionisasi air (seperti mesin Kangen Water), dikarenakan pelat-pelat tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar atas kekuatan serta daya tahan dari air yang dihasilkan melalui mesin ionisasi tersebut. Ukuran dan jumlah daya yang melewati pelat-pelat akan menghasilkan properti dari air yang diionisasi, oleh karena itu semakin besar dan semakin banyak pelat dari suatu mesin ionisasi air, semakin besar pula daya yang dapat melewati pelat tersebut sehingga semakin kuat dan semakin bagus pula properti air yang dihasilkan dari mesin tersebut.

 

8. Elektrolisis / Ionisasi

elektrolisis ionisasi proses

Elektrolisis atau ionisasi adalah sebuah proses dimana air mengalir melewati pelat-pelat yang memiliki muatan listrik positif dan negatif di dalam mesin ionisasi air (seperti mesin Kangen Water), kemudian secara fisik akan terpecah menjadi 2 jenis air. Air yang bermuatan negatif akan bersifat alkali sedangkan air yang bermuatan positif akan bersifat asam.

 

9. Ruang Elektrolisis

ruang elektrolisis

Ruang elektrolisis secara esensial merupakan ruang utama dari sebuah mesin ionisasi air. Lokasi ini adalah tempat dimana air bahan baku masuk kemudian mengalami kontak dengan pelat-pelat yang memiliki muatan negatif dan positif kemudian air bahan baku tersebut akan berubah dan terpecah menjadi 2 jenis air (yaitu air yang bersifat alkali dan air yang bersifat asam). Ukuran dari pelat dan jumlah arus listrik yang dapat melewatinya akan berdampak besar terhadap ukuran dan konstruksi ruang elektrolisis ini. Tentu saja, semakin solid konstruksi dan semakin besar ruangan dibutuhkan bagi sebuah mesin ionisasi air yang memiliki ukuran pelat, jumlah dan daya yang lebih besar.

mesin air alkali

Mesin Kangen Water tipe SD 501 memiliki ruang elektrolisis yang besar dan tenaga yang kuat untuk menghasilkan air alkali yang memiliki properti yang bagus dikarenakan ia memiliki 7 buah pelat. Sedangkan mesin Kangen Water tipe LeveLuk R dengan ukuran dan jumlah pelat yang lebih kecil dan lebih sedikit (3 pelat) memiliki ruang elektrolisis yang tidak sebesar tipe lainnya.

 

10. Radikal Bebas

radikal bebas

Radikal bebas adalah suatu substansi yang secara kimiawi tidak komplit dan tidak stabil, yang "mencuri" elektron dari molekul lainnya. Radikal bebas ini sifatnya sangatlah reaktif serta memiliki potensi untuk minimbulkan kerusakan di dalam tubuh seperti merusak sel-sel dan enzim, menjadikan mereka tidak dapat bekerja dengan efektif seperti yang seharusnya. 

Radikal bebas secara alamiah terjadi sebagai sampingan atas proses penggunaan oksigen oleh tubuh serta proses penciptaan energi. Ketika ada di dalam tubuh, radikal bebas dapat merusak jaringan dan membran-membran sel yang halus. Selain itu radikal bebas juga dapat mempercepat terjadinya proses penuaan.

Tubuh manusia sendiri memiliki sistem pertahanan alami untuk menetralisir radikal bebas ini namun studi menunjukkan bahwa pola makan atau pola diet zaman modern saat ini menciptakan radikal bebas yang sudah terlalu berlebihan di dalam tubuh manusia sehingga sistem pertahanan alamiah menjadi kewalahan dalam menetralisir radikal bebas tersebut. 

Atas dasar inilah banyak orang disarankan untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung antioksidan, yang dapat mendonasikan elektron kepada radikal bebas, menetralisir aktivitas radikal bebas ini dan menjadikannya tidak berbahaya lagi.

 

11. Antioksidan dan Oksidasi

antioksidan

Antioksidan adalah suatu substansi atau nutrisi yang terkandung di dalam makanan atau minuman, yang memiliki ORP (oxidation reduction potential) negatif, yang memiliki fungsi untuk mencegah atau memperlambat kerusakan oksidatif di dalam tubuh.  

Oksidasi sendiri adalah sebuah fungsi umum dari metabolisme dan fungsi sel, yang menghilangkan sebuah elektron dari molekul-molekul tertentu. Molekul-molekul ini, yang disebut radikal bebas, harus mencuri sebuah elektron dari molekul terdekatnya untuk memperbaiki dirinya sendiri, yang artinya molekul terdekat tersebut juga harus mencuri sebuah elektron dari molekul lainnya, demikian seterusnya, saling mencuri elektron satu sama lainnya seperti reaksi berantai. 

oksidasi

Siklus oksidasi berbahaya ini akan dapat diakhiri ketika terdapat molekul yang memiliki jumlah elektron berlebih untuk didonasikan kepada radikal bebas yang kekurangan elektron ini. Disinilah antioksidan mengambil peran, yang bertindak sebagai molekul yang berlimpah elektron, dimana ia mencari-cari radikal bebas untuk mendonasikan elektronnya, sehingga radikal bebas tersebut pada akhirnya menjadi stabil dan tidak berbahaya lagi. 

Banyak penyakit serius di zaman sekarang diakibatkan oleh kerusakan oksidatif ini. Antioksidan dapat bertindak sebagai penambah sistem kekebalan tubuh, yang dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit. 

Air alkali ionisasi seperti Kangen Water merupakan sebuah antioksidan alamiah yang sangat efektif untuk menetralisir radikal bebas dikarenakan air ini memiliki nilai ORP negatif (alias nilai antioksidan) yang sangat tinggi.

 

12. Flow Rate

Istilah flow rate menjelaskan mengenai jumlah air yang mengalir masuk melewati mesin ionisasi air. Flow rate ini merupakan sebuah hal penting yang patut dipertimbangkan jika konsumen membandingkan berbagai tipe ataupun merk mesin ionisasi air.  Mesin Kangen Water Best Seller tipe SD 501 memiliki flow rate 7 liter per menit, sementara sebagian besar mesin ionisasi air merk-merk lainnya memiliki flowrate 1,5- 3 liter per menit. 

mesin ionisasi air kangen water

Mesin Kangen Water bisa menghasilkan flow rate yang cepat dan bagus dikarenakan ukuran serta kekuatan pelat yang tangguh di dalam mesin Kangen Water. Mesin Kangen Water tipe SD 501 memiliki 7 pelat berukuran besar, dengan daya 230 watt, yang mampu mengionisasi air dengan sangat baik meski menggunakan flow rate yang cukup deras.

Banyak mesin ionisasi air merk lainnya (seperti buatan China, Korea, Taiwan) yang menggunakan regulator / pengontrol aliran yang menyatu dengan mesin mereka, yang membuatnya menahan kecepatan aliran air yang masuk dikarenakan merk-merk tersebut menggunakan pelat yang berukuran kecil serta daya yang juga kecil. Hal ini menyebabkan air yang diionisasi oleh mesin ionisasi air merk lainnya tersebut bersifat tidak stabil dan properti yang terkandung di air tersebut (seperti sifat alkali dan antioksidan) tidak dapat bertahan lama sehingga konsumen tidak mendapat manfaat dari mesin ionisasi air semacam ini yang biasanya dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mesin ionisasi Kangen Water yang asli buatan Jepang.

 

13. PPM

PPM merupakan istilah umum dalam industri air yang kemungkinan jarang didengan oleh orang awam. PPM adalah singkatan dari Parts Per One Million. Istilah dalam industri air ini digunakan untuk menjelaskan mengenai rasio yang menunjukkan sebuah konsentrasi dari suatu substansi jika dibandingkan dengan yang lainnya, biasanya berdasarkan berat.

Ketika pengukuran ini diasosiasikan dengan cairan, PPM lebih akurat ditetapkan sebagai miligram per liter. Sebagai contoh, jika sampel air diuji dan ditentukan bahwa ia memiliki 10 PPM, maka cairan tersebut memiliki 10 miligram substansi per liter air. Jika tes air menunjukkan 50 PPM, maka hal tersebut lebih akurat diekspresikan sebagai 50 miligram substansi per liter air, dst. 

Lebih mudah menganalogikan PPM dengan pengukuran yang sering kita temui sehari-hari. Contohnya sebuah Part Per Million (sebuah bagian per satu juta) bisa diibaratkan seperti satu tetes air dalam 133 liter air. PPM Kangen Water sendiri tergantung dari air bahan baku awalnya sebelum masuk melewati mesin Kangen Water.

 

14. TDS

TDS merupakan akronim atau singkatan dari Total Dissolved Solids (Total Padatan Terlarut). Istilah yang digunakan dalam industri air ini digunakan untuk menjelaskan mengenai zat padat yang dapat masuk melewati filter dan dan sebagai pengukuran jumlah zat padat ini yang telah terlarut di dalam air. 

Zat padat ini dapat meliputi karbonat, bikarbonat, klorida, sulfat, fosfat, nitrat, kalsium, magnesium, potassium, sodium, ion-ion organik, dan ion-ion lainnya. Level tertentu dari ion-ion di dalam air dibutuhkan bagi tubuh, dan oleh karenanya mereka disebut sebagai mineral-mineral esensial. Namun TDS yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga tidaklah baik bagi kesehatan. Untuk Kangen Water sendiri, tingkat TDS dari air sama seperti air bahan baku awalnya sebelum masuk melewati mesin Kangen Water.

 

15. pH Drops

ph drops ph tester kangen water

Dengan kepanjangan aslinya yaitu phenolsulfonphthalein atau phenol red, cairan test reaktan pH dikenal dengan nama yang lebih umum yaitu pH drops atau pH tetes. Larutan ini merupakan larutan ethanol yang bereaksi dengan cairan yang berdasarkan tingkat pH dari cairan tersebut. 

Ketika larutan pH drops ini diteteskan ke cairan yang berwarna bening maka larutan tersebut akan berekasi dengan mengubah warna cairan sesuai dengan level pH cairan tersebut pada skala pH.

 

Demikianlah istilah-istilah dalam dunia industri ionisasi air. Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kami Kangen Water Indonesia siap memproses order mesin Kangen Water untuk seluruh kota di Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Mitra Usaha Enagic Kangen Water Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!