Tubuh Anda Terlalu Asam? Inilah Makanan Alkali Yang Baik Untuk Membantu Menyeimbangkan pH Tubuh Anda

tubuh asam makan alkali 

Jika anda telah menjalani test urine dan seandainya menemukan fakta bahwa urine anda terlalu asam, anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mengubah kebiasaan harian anda. Jangan khawatir, sebagian besar populasi manusia di dunia memiliki urin yang bersifat asam, dan anda dapat dengan mudah merubah pH urine. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memodifikasi atau mengubah diet alias pola makan anda karena itu yang merupakan indikator utama dari pH urine. Untuk mengurangi asam berlebihan pada tubuh dan urine, anda harus menggantikan makanan yang bersifat asam menjadi makanan yang kaya akan sifat alkali. Dengan membuat tubuh anda menjadi lebih bersifat alkali, anda akan mengurangi resiko terkenal masalah-masalah dalam sistem pencernaan, energi yang rendah, kulit yang tidak sehat, serta masalah pada mulut dan gigi. Dengan melakukan sedikit perubahan dalam pola makan anda dapat meningkatkan kesehatan anda secara menyeluruh, menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Pertama-tama, marilah kita coba pahami bagaimana sistem di dalam tubuh anda bekerja. Metabolisme tubuh akan membakar makanan yang anda konsumsi kemudian dia akan meninggalkan residu atau zat sisa yang disebut limbah metabolik. Limbah ini dapat bersifat asam, netral, ataupun alkali, dimana semuanya sangat tergantung dari apa yang anda makan. Sebagai contoh, ketika anda mengkonsumsi burger, pizza, sosis atau donat, maka sistem metabolisme tubuh akan memecahkannya, dan residu yang tersisa (yang disebut abu asam) akan muncul. Asam yang berlebihan akan dikeluarkan melalui urine, sehingga pH tubuh akan tetap terjaga seimbang. Itulah sebabnya jika anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang memiliki sifat terlalu asam maka level pH urine anda akan sangat asam.

Manfaat mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali:

  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Otot yang lebih kuat
  • Mengurangi resiko terkena hipertensi dan stroke
  • Kesehatan kardiovaskular menjadi lebih baik
  • Peningkatan memori dan fungsi otak 

 

Perbanyak Konsumsi Makanan Alkali

Gantilah nutrisi atau makanan yang anda konsumsi sehari-hari untuk menyeimbangkan pH urine anda. Berikut ini contoh-contoh makanan yang bersifat alkali yang kami rekomendasikan untuk rutin dikonsumsi karena ia baik bagi tubuh anda.

1. Sayur-sayuran berwarna hijau

sayuran hijau 

Mayoritas sayur-sayuran merupakan makanan yang sifatnya mengalkalisasi tubuh. Oleh karena itu, sebagai langkah pertama anda dalam menjalani hidup alkali, anda dapat meningkatkan jumlah konsumsi sayuran hijau ke dalam menu makanan harian anda. Alpukat, bawang perai, paprika, selada, artichoke, asparagus, seledri, peterseli, bayam, kale, dan mentimun merupakan jenis-jenis sayuran yang bersifat alkali sehingga baik dalam mengalkalisasi tubuh ketika dikonsumsi.

 

2. Kembang Kol dan Brokoli

kembang kol brokoli 

Sayuran yang bentuknay mirip pohon ini mengandung fitokimia, yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh serta mencegah terjadinya peradangan. Selain itu kembang kol dan brokoli juga memiliki efek yang mengalkalisasi, oleh karena itu tambahkan kedua jenis sayuran ini ke dalam daftar belanja masakan anda karena sifat mereka sangatlah baik dalam menyeimbangkan pH tubuh dan urine anda.

 

3. Buah-buahan Sitrus

buah sitrus 

Buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk dan jeruk nipis merupakan makanan yang rasanya sangat asam dengan pH hampir berada pada kisaran pH 2.0. Namun yang mengejutkan adalah, setelah mereka dimetabolismekan di dalam tubuh, buah-buahan sitrus ini memiliki efek yang sifatnya alkali. Selain itu, buah-buahan sitrus ini kaya akan vitamin C dan membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan sitrus ini dalam keadaan fresh secara langsung ataupun anda dapat menambahkannya ke dalam botol minuman anda untuk memberikan rasa yang segar ke dalam air minum serta untuk mengalkalisasi sistem tubuh anda.

 

4. Sayuran Akar-akaran

beetroot 

Akar bit, kentang, ubi jalar, dan wortel merupakan makanan yang bersifat alkali yang membantu dalam meningkatkan pH urine. Disarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara memanggangnya dengan memberi tambahan bumbu-bumbuan, disarankan untuk tidak membuatnya menjadi matang berlebihan agar nilai nutrisinya tetap terjaga tinggi.

 

5. Bawang Bombai, Bawang Putih, Jahe

bawang bombai bawang putih jahe 

Bawang bombai dan bawang putih merupakan bahan baku dari masakan khas mediterania, dan menambahkan jenis sayuran ini ke dalam makanan anda akan meningkatkan cita rasa masakan anda serta meningkatkan pH urine. Masakan khas India juga bahan dasarnya menggunakan bawang bombai dan bawah putih serta ditambahi lagi dengan jahe. Anda dapat menambahkan bawang bombai ke dalam salad, bawang putih ke masakan, dan menambahkan rasa pedas hangat ke dalam teh anda menggunakan jahe yang diparut.

 

6. Buah-buahan

buah buahan 

Buah-buahan agak sedikit rumit karena beberapa ada yang bersifat asam dan yang lainnya bersifat alkali. Buah-buahan kaya akan mineral dan vitamin, jadi mengkonsumsinya sehari-hari sangatlah bagus bagi tubuh anda. anda juga dapat menggantikan makanan penutup yang bersifat asam dengan buah-buahan yang kaya akan nutrisi. Kiwi, buah ara, pir, nektarin, nanas, jeruk bali, semangka, apel, dan aprikot merupakan contoh dari buah-buahan yang bersifat alkali dan sangat disarankan untuk mengkonsumsinya ketika mereka sedang musim.

 

7. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

biji bijian 

Biji-bijian secara umum merupakan makanan yang bersifat asam, namun amaranth dan quinoa merupakan biji-bijian yang dapat mengalkalisasi pH urine. Produk dari biji-bijian seperti roti, pasta dan biji-bijian olahan lainnya bersifat asam, jadi jika pH urine anda rendah, maka anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut ke dalam pola diet anda selama jangka waktu tertentu. Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang lima, dan buncis bersifat alkali, sedangkan jenis kacang lainnya seperti kacang merah, kacang fava, dan white beans, bersifat asam tingkat rendah.

 

Hal-hal yang harus dihindari agar tubuh tidak bersifat asam

Berikut ini hal-hal yang sebaiknya dikurangi atau dihindari untuk mengurangi keasaman yang berlebihan di dalam tubuh dan urine:

1. Kurangi konsumsi makanan yang bersifat asam

daging dagingan 

Ikan, daging, unggas, produk berbahan susu, dan beberapa padi-padian bersifat asam bagi tubuh. Bukan hal yang ideal juga jika anda sama sekali menghentikan konsumsi makanan yang disebutkan tadi karena mereka juga kaya akan protein dan baik bagi tubuh. Yang perlu anda lakukan adalah hanyalah mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut agar tidak berlebihan sambil anda juga mereview bagaimana kondisi anda seiring waktu setelah mulai mengurangi konsumsi makanan pembentuk sifat asam tersebut.

2. Kurangi atau hentikan konsumsi alkohol

alkohol 

Kandungan gula di dalam alkohol dapat membuat tubuh menjadi asam, serta alkohol itu sendiri tidaklah baik untuk kesehatan anda. Sangatlah disarankan untuk mengurangi level konsumsi alkohol anda untuk menyeimbangkan pH urine.

3. Pandai memilih minuman untuk dikonsumsi

kangen water air alkali 

Meningkatkan asupan cairan merupaakan sebuah cara yang baik dalam mengalkalisasi pH urine, namun anda harus membuat pilihan dengan bijaksana. Sebagai contoh, kopi dan minuman berenergi tinggi kandungan kafeinnya yang akan memicu keinginan anda untuk makan makanan yang manis setelahnya. Ketimbang mengkonsumsi minuman tersebut, pilihlah teh herbal atau air putih. Air putih yang bersifat alkali seperti Kangen Water dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk anda konsumsi sehari-hari bersama keluarga di rumah. Anda dapat menambahkan irisan lemon atau jahe ke dalam minuman anda untuk menambah cita rasanya.

 

Beberapa tips untuk mengalkalisasi pH urine:

  • 80% nutrisi anda harus terdiri dari makanan yang bersifat alkali, sedangakan sisa 20%-nya dapat bersifat netral ataupun asam.
  • Sayur-sayuran secaara umum bersifat mengalkalisasi, jadi pastikan untuk menambahkan sayuran ke dalam menu makanan harian anda.
  • Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran organik yang masih segar ataupun musiman untuk mendapatkan tambahan kandungan nutrisi dan mineral.
  • Konsumsilah sayuran anda dengan pemrosesan sesedikit mungkin alias agak mentah. Jangan sampai dimasak terlalu berlebihan sehingga menghilangkan kandungan nutrisinya.
  • Minumlah air yang bersifat alkali seperti Kangen Water yang dihasilkan melalui mesin Kangen Water, serta perbanyak konsumsi air putih harian anda.
  • Berolahragalah paling tidak 20 menit selama 3 kali seminggu.
  • Kurangi level stress anda dengan menjalankan meditasi dan yoga.