5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Pertengahan Hari

ngantuk di siang hari di kantor 

Saat ini jam 2 siang di hari jumat, dan beberapa rekan kerja anda di kantor menemui anda dan berkata: "Hi, ada yang ingin kami bicarakan denganmu tentang... emmm... sesuatu. Tapi nanti saja jam 3.30 sore, dan kami sekarang lagi agak lelah, jadi... baiknya nanti saja, oke?" Inilah saatnya ketika anda menyadari bahwa rasa kantuk dan malas mulai menyerang seisi kantor di pertengahan hari menjelang sore...

 

Apa Itu Rasa Kantuk Pertengahan Hari?

Rasa kantuk dan malas pertengahan hari biasanya menyerang pada jam-jam 1 siang hingga 3 sore, biasanya jam-jam ini tubuh mulai merasa lelah, gerakan menjadi lamban, dan rasa kantuk pun menyerang tak tertahankan.

Biasanya ada berbagai penyebab orang mengalami rasa malas di pertengahan hari, namun secara umum ciri-ciri yang ditunjukkan sama. Siapa sih yang tidak pernah mengalami hal seperti ini?

Seringkali untuk mengatasi rasa kantuk pertengahan hari orang-orang biasanya minum kopi lebih banyak ataupun ngemil makanan yang mengandung gula. Cukup membantu sih, tapi biasanya cuma bertahan sekitar 20 menit dan setelahnya... anda merasa lebih ngantuk dan dan malas lagi, jadi anda kembali menambah minum kopi dan makan kue-kue kecil, dan selanjutnya berulang-ulang.

 

Bagaimana cara mengatasi rasa kantuk pertengahan hari?

Sebenarnya cukup mudah untuk memutuskan siklus rasa kantuk pertengahan hari. Diasumsikan anda mendapat waktu tidur yang cukup di malam hari, kebanyakan orang dapat mengatasi rasa hilang energi sehabis makan siang dengan jalan makan dan minum sesuatu yang benar.

Kali berikutnya anda mulai kehabisan energi dan merasa malas di pertengahan hari, cobalah solusi berikut ini untuk mengatasi rasa kantuk di pertengahan hari:

1. Pastikan Untuk Sarapan Pagi

sarapan pagi 

Jika anda orang yang terbiasa melewatkan sarapan, maka biasanya anda akan lebih cepat kehabisan energi menuju pertengahan hari. Makan sarapan pagi yang benar sangatlah penting. Oleh karena itu lupakan mengkonsumsi sereal yang penuh kandungan gula, dan cobalah mengkonsumsi makanan utuh seperti yogurt, berri, granola, oats, dan pisang untuk membuat tubuh menghasilkan energi yang dapat bertahan cukup lama.

2. Hidrasi tubuh dengan air putih

minum air putih 

Ini adalah hal yang serius, jumlah air yang anda minm dapat membuat perbedaan yang besar terhadap level energi anda.

Hindarilah minuman yang mengandung banyak gula karena itu tidak baik untuk kesehatan anda. Sebaliknya tetaplah konsisten dengan minum air putih ataupun teh herbal. Untuk mendapatkan energi yang maksimum, cobalah untuk minum air putih alkali yang berasal dari mesin air alkali seperti Kangen Water. Kualitas air ini sangatlah bagus dalam membantu anda memperoleh jumlah energi yang bagus dikarenakan ia lebih cepat menyerap ke dalam sel-sel tubuh. 

3. Kurangi konsumsi kafein

Minuman berkafein seperti kopi merupakan stimulan artifisial yang dapat membuat anda bersemangat untuk sementara waktu.

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuat anda menjadi merasa gelisah dan bahkan turut berkontribusi terhadap rasa malas di siang hari. Sebaliknya cukup satu gelas kopi di pagi hari atau minum segelas teh hijau di sore hari dapat menjadikan tubuh anda lebih segar.

Yang patut dicatat adalah, jangan mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan.

4. Banyaklah bergerak

banyak bergerak di kantor 

Saat jeda setelah makan siang tiba, anda mungkin akan merasa malas untuk bergerak, namun anda harus melakukan itu!

Entah apakah itu menyampaikan pesan mengenai pekerjaan langsung ke rekan kerja anda ketimbang melalui email, ataupun cuma sekedar jalan-jalan sedikit di luar kantor untuk menghirup udara segar, dengan bergerak menjadikan anda tetap fokus sehingga tidak merasa energi anda terkuras.

5. Makan sesuatu yang berenergi

Kita tahu, ketika rasa malas dan kantuk di pertengahan hari mulai menyerang, godaan untuk mengemil snack ringan sangatlah tinggi. Namun anda harus tahu faktanya: memberi makan vitalitas anda yang anjlok dengan makanan mengandung gula akan meningkatkan "energi palsu" sementara yang kemudian malah diikuti dengan membuat tubuh merasa semakin malas dan mengantuk.

Di sisi lain, ada alternatif snack yang lebih baik. Alih-alih mengemil snack ringan yang mengandung gula, cobalah snack yang lebih bernutrisi seperti kacang-kacangan, atau granola dengan buah-buahan kering. Ini akan membuat energi anda meningkat sekaligus tetap bertahan hingga makan malam tiba.

 

Mesin air alkali Kangen Water di kantor anda

mesin kangen water leveluk super 501 

Jika kantor anda memiliki mesin air alkali Kangen Water Leveluk Super 501 yang ditujukan untuk penggunaan orang dalam jumlah banyak, maka anda beruntung. Anda dan seisi kantor dapat menikmati air putih yang memiliki kualitas yang baik sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih semangat dan kinerja pun akan menjadi lebih maksimal.

Jika di kantor anda belum memiliki mesin Kangen Water, cobalah sarankan atasan anda agar segera diinstal mesin penghasil air putih berkualitas unggulan ini. Hubungi kami jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut sehubungan instalasi mesin Kangen Water di kantor. Salam Kangen Water Indonesia.