Bagaimana Memotivasi Diri Untuk Melakukan Diet Kembali? Simak Tipsnya Di Sini

wfh bikin gendut 

Pembatasan kegiatan yang melanda hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia selama 2 tahun belakangan akibat pandemi Covid membuat banyak orang melakukan kegiatannya atau pekerjaannya di rumah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Work From Home (WFH). 

Bekerja dari rumah memang praktis, simpel, menyenangkan (bagi sebagian orang), dan lebih rileks karena anda tidak terlalu diburu-buru waktu. Namun salah satu kebiasaan baru yang ikut muncul dari WFH ini biasanya adalah kebiasaan ngemil yang meningkat. Orang-orang bekerja seharian di depan layar komputer sambil iseng mengkonsumsi snack. Ditambah faktor lain yaitu kurang bergerak akibat dibatasinya kegiatan yang boleh dilakukan di luar rumah membuat tanpa sadar lama kelamaan berat badan semakin bertambah.

Penambahan berat badan yang tanpa disadari akibat kebiasaan baru selama 2 tahun di masa pandemi baru mulai terasa ketika kita mencoba mengenakan kembali baju ataupun celana yang dulu kita kenakan sebelum masa pandemi, TERASA SEMPIT! Tak hanya itu, ketika kita melihat perut terasa makin membuncit, berat timbangan jauh bertambah, dan tubuh makin merasa malas untuk bergerak.

Kini tiba saatnya untuk melakukan perubahan, anda berpikir paling tidak anda harus kembali ke timbangan badan sebelum masa pandemi dimana berat badan anda masih dalam keadaan normal. Ada 2 hal esensial yang harus anda lakukan untuk mengembalikan berat badan anda ke kondisi normal yaitu berolahraga dan melakukan diet!

Pada artikel ini kita akan membahas tips-tips agar bisa termotivasi untuk melakukan diet kembali dimulai dengan langkah yang sederhana terlebih dahulu, simak 6 tips berikut ini:

 

6 Tips Untuk Menurunkan Berat Badan dan Memotivasi Diri Kembali Untuk Melakukan Diet

motivasi diet 

1. Hal yang paling dasar dari sisi makanan, apapun yang sedang anda makan, coba tambahkanlah sayur-sayuran. Sayuran memberikan anda vitamin, serat, mineral dan kepadatan untuk memberikan anda rasa kenyang. Anda suka makan telur orak-arik di pagi hari? Coba beri tambahan jamur dan daun bayam. Anda membuat sendiri sandwich di rumah? Penuhi isi sandwich anda dengan tomat, mentimun dan daun selada. Apapun yang anda masak ataupun anda buat untuk dimakan, selalu tambahkan sayur-sayuran ke dalam makanan anda.

2. Singkirkan semua junk food, makanan olahan (terutama daging olahan) dan produk-produk gula rafinasi. Anda tidak harus menyingkirkannya seumur hidup anda (kecuali memang anda memutuskan untuk melakukannya), anda hanya ingin menyingkirkannya untuk sementara waktu, terutama saat ini karena anda sudah punya tujuan yang jelas untuk anda capai, yaitu menurunkan berat badan yang berlebihan.

3. Jika anda makan daging, beralihlah ke daging putih tanpa lemak, dan cobalah menyajikannya dengan salad ketimbang menggunakan nasi, roti, ataupun kentang. Penggunaan salad pun tak harus membosankan. Cobalah kombinasi menggunakan biji-bijian dan sayuran segar hijau. Anda bisa kreatif untuk membuat rasa yang enak dan cocok dilidah sekaligus lebih sehat bagi tubuh.

4. Jujurlah terhadap kelemahan anda sendiri. Jika anda suka sekali dengan coklat, anda boleh untuk tetap mengkonsumsinya, tapi batasi nafsu anda dan makanlah sedikit saja. Jika anda orang-orang yang suka makannya larut malam, coba untuk makan lebih awal, kenyangkan diri anda jauh sebelum waktu tidur anda dan hindari mengasup makanan apapun beberapa jam mendekati waktu tidur anda. Jika anda suka makan-makanan yang manis ketika merasa lelah dan bosan, bertahanlah dan gantilah dengan memakan makanan yang lebih mengenyangkan sekaligus lebih sehat seperti konsumsi oatmeal ditambah campuran buah-buahan kering untuk menghindari anda mengemil sesuatu yang manis-manis dan tidak sehat.

5. Fokuslah pada tujuan anda. Pikiran anda merupakan kekuatan yang dahsyat, jadi gunakan itu agar ia bekerja untuk kebaikan anda sendiri. Tetaplah mengingatkan diri sendiri kemana anda ingin diri anda berada dengan memvisualisasikannya. Sebuah contoh sederhana mengenai pikiran yang dapat anda "tulis" di otak anda adalah: Dalam 3 bulan ke depan, saya akan merasa bahagia dan bersyukur karena saya telah memutuskan untuk memulainya di hari ini.

6. Minum banyak air putih yang bersifat alkali serta kaya antioksidan yang baik bagi tubuh secara fresh langsung dari mesin Kangen Water. Mengapa harus air alkali Kangen Water? Karena ia dapat membuat perbedaan yang besar tentang bagaimana anda merasakan air minum yang benar-benar berkualitas tinggi. Setiap gelas Kangen Water mengandung banyak sekali gelembung-gelembung kecil hidrogen molekular yang kaya akan antioksidan yang penuh manfaat baik bagi tubuh. Minum air putih juga turut membantu memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan anda untuk makan secara berlebihan.