5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anda 

menjaga kesehatan jantung 

Salah satu kesehatan paling penting yang harus dijaga di tubuh kita yaitu jantung. Penyakit jantung sendiri merupakan penyebab kematian no.1 di seluruh dunia dimana sebetulnya hal ini dapat dicegah dengan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat serta megelola faktor-faktor resikonya. 

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan prevalensi penyakit jantung di Indonesia sebesar 1,5%. Itu artinya, 15 dari 1.000 orang Indonesia menderita penyakit jantung. (Sumber: Media Indonesia).

Mengambil langkah-langkah yang sehat bagi tubuh merupakah kunci tindakan pencegahan terhadap penyakit kardiovaskular (yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah) serta untuk mengoptimalkan kesehatan kita secara menyeluruh.

Simak tips-tips berikut ini untuk menjaga agar kondisi jantung kita tetap dalam keadaan baik dan sehat.

 

1. Tetaplah Aktif Bergerak

aktif bergerak 

Tubuh manusia didesain untuk bergerak. Sayangnya pola hidup di zaman modern ini membuat kemampuan kita meningkat untuk duduk diam sepanjang hari. Entah itu karena bekerja di depan komputer seharian penuh, menonton TV ataupun bermalas-malasan di tempat tidur. Kebiasan buruk malas menggerakkan tubuh ini tentu saja dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan jantung, berat badan, peradangan dan kesehatan otak.

Menggerakkan tubuh dengan berjalan, jogging, menari, ataupun terlibat dalam kegiatan-kegiatan olahraga dapat membuat jantung menjadi lebih kuat, serta dapat melepaskan antioksidan ke dalam tubuh yang efek positifnya tak hanya dapat mencegah penyakit kardiovaskular, namun juga meningkatkan energi serta kesehatan tubuh yang lebih optimal.

 

2. Eliminasi Gula

eliminasi makanan manis dan gula 

Gula merupakan pemanis paling merusak bagi kesehatan sel dan kesehatan jantung. faktanya, gula dapat menimbulkan artherosclerosis, obesitas, resisten insulin, diabetes, kolesterol darah tinggi dan hipertensi. Ada banyak asupan gula yang mengejutkan yang terkandung dalam makanan.

Sayangnya, konsumsi gula orang Indonesia termasuk tinggi. Menurut data United States Department of Agriculture (USDA), berdasarkan laporan penggunaan gula untuk penduduk Indonesia tahun 2018, asupan gula penduduk Indonesia sebanyak 11,47 kg per orang per tahun, atau 32 gram per orang per hari. (Sumber: Kompas).

Karena berbahayanya gula bagi tubuh, disarankan untuk membatasi konsumsi gula ataupun makanan yang mengandung gula. Ceklah terlebih dahulu pada label makanan yang anda beli atas gula yang dikandung dalam makanan tersebut. Adapun Batas konsumsi gula yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5 – 9 sendok teh. (Sumber: Hellosehat).

 

3. Makanlah Kacang-kacangan

makan kacang kacangan 

Kacang-kacangan merupakan makanan yang enak, dan untungnya bagi kita, kacang-kacangan penuh dengan nutrisi dan baik bagi jantung. Banyak bukti menunjukkan bahwa kacang-kacangan mendukung dalam pencegahan resiko penyakit jantung, seperti yang tertera pada studi tahun 2018 yang dipublikasikan oleh Current Atherosclerosis Reports melalui situs PUBMED, menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara reguler memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular. Sebuah studi pada tahun 2017 yang meneliti sebanyak lebih dari 200 ribu partisipan menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara reguler diasosiasikan dengan 15% resiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. Sebagai tambahan, sebuah studi yang dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine menemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari dapat mengurangi resiko kematian dari penyakit jantung sebanyak 29%.

Fakta mengenai kacang-kacangan yang sehat bagi jantung:

30 gram persaji dari kacang-kacangan, atau kurang lebih satu genggaman tangan, terdapat sekitar 170 kalori yang mengandung:

  • 7 gram protein - Yang merupakan makronutrisi penting yang dapat membuat anda merasa kenyang dan berkontribusi dalam menurunkan gula darah.
  • 19 vitamin dan mineral, dimana banyak diantaranya yang baik dalam memerangi penyakit jantung - vitamin dan mineral yang sehat bagi jantung diberikan oleh kacang-kacangan termasuk diantaranya vitamin E, asam folat, niasin, magnesium, vitamin B6, seng, tembaga dan potassium. Kacang-kacangan juga baik sebagai sumber biotin (vitamin yang berperan dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak), mangan dan molibdenum (mineral yang dibutuhkan tubuh untuk pemecahan enzim dan menghilangkan racun). 
  • Senyawa bioaktif - Polifenol, pitosterol dan antioksidan merupakan substandi dari tanaman yang memberikan manfaat baik bagi kesehatan disamping vitamin dan mineral. Senyawa ini seringkali membantu dalam mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dan kanker, menurunkan inflamasi atau peradangan serta kolesterol, dan membantu memperlancar aliran darah.
  • Lemak sehat - Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam kacang-kacangan, sama seperti yang ada pada minyak zaitun dan alpukat, dapat menurunkan kadal kolesterol LDL buruk, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.
  • Serat - Studi menunjukkan bahwa diet yang kaya akan serat dapat berkontribusi dalam menurunkan level kolesterol LDL. Tambahan lainnya, menjalankan diet yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
  • Kacang-kacangan mengandung nutrisi esensial untuk menurunkan kadar tekanan darah seperti niasin, magnesium, potasium, mangan, tembaga, dan banyak lagi lainnya.
  • Kacang-kacangan mengurangi resiko inflamasi atau peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung.

 

4. Praktekkan Kebersihan Mulut dan Gigi Yang Baik

menjaga kesehatan gigi dan gusi 

Kebersihan oral sifatnya vital dalam perlindungan terhadap penyakit jantung. Kenapa penyakit kardiovaskular dan kesehatan oral yang buruk itu berhubungan? Jawabannya ada pada peradangan. Bakteri yang menginfeksi gusi dan yang menyebabkan gingivitis dan periodontis juga menjelajah melalui aliran darah ke manapun di seluruh tubuh dimana mereka dapat merusak aliran pembuluh darah, penyumbatan darah, penyakit jantung dan stroke. Sikatlah gigi anda, lakukan floss dan rajinlah melakukan check-up kesehatan gigi dan mulut agar jantung anda pun turut terlindungi.

 

5. Makanlah Makanan Yang Sehat

makan makanan sehat 

Mengkonsumsi makanan yang bersifat anti-peradangan merupakan fondasi dari jantung yang sehat. Diet yang sehat bagi jantung termasuk makanan apapun yang sifatnya anti-peradangan. Makanlah lebih banyak buah-buahan yang rendah kadar gula seperti berri dan kiwi, bersama dengan sayur-sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan, alpukat, dedaunan hijau, sayuran cruciferous seperti kembang kol atau brokoli, serta lemak ikan. Anda akan mendapatkan fitokimia melimpah dari makanan-makanan ini untuk meremajakan kesehatan sel, termasuk semua sel yang ada di sepanjang arteri.

Eliminasi atau hindarilah konsumsi makanan cepat saji, karena makanan tersebut cenderung untuk meningkatkan inflamasi atau peradangan pada tubuh. Eliminasilah gula dan makanan olahan dari diet anda. Cobalah membiasakan diri dalam membaca kandungan bahan yang terkandung dalam makanan yang biasa anda beli di supermarket.

Tambahan lainnya, konsumsilah air putih yang bersifat baik dan berkualitas tinggi yang memiliki manfaat bagus bagi tubuh. Kangen Water dapat anda jadikan pilihan sebagai air minum harian untuk membawa kebaikan bagi tubuh anda dan seluruh anggota keluarga di rumah.