Inilah Alasannya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Baik Bagi Tubuh

soda berbahaya 

Apakah mengkonsumsi minuman bersoda merupakan salah satu hal yang menjadi kebiasaan minum anda untuk menghilangkan dahaga? Jikalau ya maka anda harus mengetahui bahwa resiko sering mengkonsumsi minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan melebihi dari yang dapat anda bayangkan. Minuman bersoda yang manis menambahkan ekstra "kalori kosong" dan dapat mengakibatkan efek negatif pada gigi dan tulang anda, bahkan minuman berjenis diet soda juga berbahaya bagi sistem tubuh anda.

Soda, baik itu minuman bersoda biasa maupun berjenis diet soda, memiliki sifat asam yang sangat tinggi, dan dapat dengan mudah menghancurkan keseimbangan asam basa yang senantiasa dijaga oleh tubuh. Gejala-gejala acidosis (kelebihan sifat asam di dalam tubuh) dapat termasuk kehilangan kalsium tulang, kerusakan gigi, serta mengakibatkan lambung dan sistem pencernaan menjadi lemah. Seiring waktu, menjalankan pola diet yang tidak benar diiringi dengan terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda akan berakibat munculnya masalah pada kesehatan tubuh yang disebut "aging disease" (penyakit akibat proses penuaan yang lebih cepat dari yang seharusnya).

Jika minuman bersoda membuat anda ketagihan dan anda belum dapat sepenuhnya melepaskan keterikatan ini, cobalah mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah minuman bersoda yang anda konsumsi hingga paling maksimal 1 gelas saja sambil secara bertahap menukarnya dengan minuman yang lebih sehat dan bersifat alkali (yang memiliki kebalikan sifat dari minuman bersoda) seperti air putih alkali Kangen Water

Bahkan jika anda tetap mau mengkonsumsi minuman bersoda, anda dapat segera minum air alkali Kangen Water sebanyak beberapa gelas untuk menghidrasi serta menetralisir efek negatif dari sifat asam yang tinggi dari minuman bersoda tersebut. 

 

Alasan Lainnya Kenapa Anda Harus Menghindari Konsumsi Minuman Bersoda

kandungan minuman bersoda 

Kali berikutnya saat anda sedang berada di toko atau supermarket, cobalah untuk melihat kandungan nutrisi yang tercetak pada botol atau kaleng minuman bersoda. Anda akan melihat bahwa di sana tertulis minuman bersoda sebagian besar terdiri atas kalori (berjenis "kalori kosong" yang tidak memiliki kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh), serta juga terdiri atas banyak sekali kandungan gula dan sirup jagung fruktosa tinggi (high fructose corn syrup), menjadikan semua yang terkandung di dalam minuman bersoda ini tak ada manfaat apapun bagi tubuh manusia. Sebagai fakta, segelas minuman bersoda memiliki kandungan gula yang jauh lebih banyak ketimbang yang tubuh anda butuhkan. Anda tahu kan apa resikonya jika mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebihan bagi tubuh? Selain itu tahukan anda penggunaan sirup jagung fruktosa tinggi dalam minuman bersoda juga merupakan hal yang buruk bagi kesehatan, sirup jagung fruktosa tinggi (dalam bahasa Inggrisnya High Fructose Corn Syrup), merupakan gabungan dari dua komponen gula sederhana yaitu glukosa dan fruktosa.

 

Kenapa Glukosa dan Fruktosa yang tergolong dalam komponen gula sederhana tidak baik jika dikonsumsi berlebihan?

glukosa fruktosa struktur 

Tidak seperti komponen gula kompleks atau disebut juga karbohidrat, komponen gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa akan dicerna secara cepat di dalam tubuh manusia. Jika anda mengkonsumsi minuman bersoda, maka 10 sendok makan gula akan dicerna secara cepat dan masuk ke dalam aliran darah, mengakibatkan tubuh anda akan mengalami apa yang disebut sebagai lonjakan gula. Dikarenakan adanya kelebihan kadar gula di dalam aliran darah, maka pankreas akan membuat hormon yang disebut insulin kemudian mengirimkannya ke aliran darah untuk mengatur kelebihan kadar gula tersebut. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi pada akhirnya membuat tubuh anda kewalahan dalam menetralisirnya dan anda beresiko terkena penyakit diabetes.

 

Ganti kebiasaan konsumsi minuman bersoda dengan minum air putih yang jelas lebih menyehatkan

infused water 

Tak seperti minuman bersoda yang dipenuhi dengan gula sebagai pemanis, minum air putih yang bersifat alkali seperti Kangen Water tidak memiliki kandungan kalori, maupun gula, namun ia memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh anda. Jika anda termasuk orang yang kurang suka minum air putih, cobalah minum infused water yaitu air putih yang dicampur dengan buah-buahan dan sayuran alami seperti lemon, jeruk, daun mint, strawberry, mentimun, dll untuk memberikan rasa yang enak pada air putih tersebut. Gunakan Kangen Water agar infused water anda menjadi terasa lebih enak. Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water Enagic Indonesia.