Perbedaan Kualitas Mesin Kangen Water vs Produk Lain Sejenis Yang Dijual Dengan Harga Murah

kualitas mesin kangen water sd501

Setelah sukses dan diterima dengan sangat luar biasa di berbagai negara di seluruh dunia (dengan cabang resmi ada di lebih dari 23 negara di dunia termasuk Indonesia), Mesin Kangen Water buatan perusahaan Enagic Jepang juga telah banyak sekali membantu orang-orang dalam meraih kesehatan yang optimal dikarenakan alat ini mampu mengubahkan air putih biasa menjadi air putih berkualitas tinggi yang bersifat alkali dan kaya antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda dan keluarga setiap harinya.

Seiring tingkat popularitas mesin Kangen Water yang terus meningkat, terdapat juga produk-produk tiruan ataupun produk palsu yang dibuat menyerupai mesin Kangen Water dan diklaim memiliki kemampuan yang setara dengan mesin Kangen Water. Adapun produk-produk tiruan ini biasanya dijual dengan iming-iming harga lebih murah dibandingkan mesin Kangen Water yang asli buatan perusahaan Enagic Jepang. 

Artikel ini akan membahas perbedaan kualitas mesin Kangen Water buatan perusahaan Enagic Jepang dengan produk-produk tiruan sejenis lainnya berdasarkan buku yang ditulis oleh Dr. Dave Carpenter "Change Your Water, Change Your Life". Aspek-aspek inti dari mesin Kangen Water seperti komponen utama mesin (pelat elektrolisis), power output, regulator daya, dll dibahas secara mendetail sehingga anda akan memahami hal apa yang menjadikan mesin Kangen Water memiliki tingkatan atau KELAS YANG BERBEDA dibandingkan produk-produk lain yang berusaha menyamakan dirinya dengan mesin Kangen Water.

 

Apa Yang Menjadikan Mesin Ionisasi Air Kangen Water Enagic Berbeda Dibandingkan Produk Lain

Sumber Buku: "Change Your Water, Change Your Life"

Penulis: Dr. Dave Carpenter N.D., C.C.I.,C.A.c

Halaman: 57-62

Terjemahan ke bahasa Indonesia (unofficial) oleh: Dikky Satia

 

buku dr dave carpenter kangen water

 

1. Komposisi Elektroda, Ukuran Pelat dan Area Permukaan Pelat Elektrolisis

pelat mesin kangen water enagic

Platinum secara universal diakui sebagai material terbaik untuk elektrolisis air dikarenakan sifatnya yang nonreaktif serta dapat bertindak sebagai konduktor yang sangat baik. Namun, dikarenakan harganya cukup tinggi (harga platinum pada tahun 2008 hingga mencapai $2,240/ons. http://www.kitco.com/) titanium yang dilapisi platinum merupakan standar industri untuk teknologi elektrolisis air. 

Titanium merupakan logam yang padat dan sangat kuat namun ia juga sangat reaktif dan tidak boleh secara langsung diekspos ke air selama proses elektrolisis. Sementara ada beberapa manufaktur yang menggunakan bahan stainless steel atau menggunakan aloy (logam campuran) untuk pelat elektroda ini, sebuah perusahaan yang memiliki reputasi yang baik hanya menggunakan pelat yang terbuat dari titanium dan platinum ini untuk bahan pelat elektrodanya. Semua mesin Kangen Water dari perusahaan Enagic menggunakan elektroda dari bahan titanium yang dilapisi platinum.

Pelat pada sebuah mesin ionisasi air diibaratkan sebagai mesin di dalam sebuah mobil. Pelat-pelat ini yang secara langsung bertanggung jawab terhadap kualitas dari air yang dihasilkan. Sama seperti ukuran dan jumlah silinder pada mobil yang menentukan tingkat efisiensi mesin, ukuran pelat elektroda dan luas area permukaan menentukan tingkat efektifitas dan efisiensi dari sebuah mesin ionisasi air. Faktor-faktor ini secara langsung mempengaruhi jumlah air yang dapat diionisasi setiap harinya dan umur masa pakai mesin ionisasi air tersebut. Pelat elektroda ini pula yang juga turut mempengaruhi tingkatan dari segi pH dan ORP (alias antioksidan) atas air yang dihasilkan melalui proses ionisasi mesin tersebut.

mesh plates

Beberapa manufaktur menggunakan Mesh Plates (pelat yang berbentuk seperti jaring-jaring) untuk meningkatkan luas area permukaan (dengan menambahkan tekstur maka luas area permukaan sebenarnya dapat ditingkatkan). Mesh Plates ini dapat meningkatkan efisiensi secara keseluruhan namun ia juga memiliki kelemahan. Mesh Plates cenderung dapat hancur dikarenakan ekspansi (pengembangan) maupun kontraksi (penciutan) yang diakibatkan oleh panas ketika terjadi proses elektrolisis. Retakan ini dapat mengekspos titanium masuk ke dalam air dan oleh karenanya penggunaan Mesh Plates butuh untuk sering diganti atau diperbaiki. Selain itu penggunaan Mesh Plates juga dapat menimbun sisa-sisa deposit mineral sehingga hal ini membuatnya harus sering-sering dibersihkan.  Pada area dimana airnya bersifat sadah (Hard Water) di sebagian besar negara, penggunaan mesin ionisasi air yang komponen pelatnya terbuat dari Mesh Plates dapat membuat usia pakai mesin ini menjadi lebih pendek. Beberapa manufaktur yang menggunakan Mesh Plates ini bahkan membatalkan garansinya jika anda menggunakan air bahan baku yang bersifat sadah (Hard Water). Kebanyakan manufaktur mesin ionisasi air saat ini menggunakan pelat yang datar / solid. Oleh karena itu ukuran dan jumlah dari pelat-pelat inilah yang menjadi penting.

perbandingan pelat mesin kangen water dan kompetitor

Mesin Kangen Water Enagic LeveLuk SD501 memiliki jumlah pelat yang paling banyak, ukuran pelat yang paling besar dan total area permukaan yang paling luas diantara semua jenis mesin ionisasi air yang ada di pasaran hingga saat ini. Mesin Kangen Water LeveLuk SD501 memiliki total area permukaan lebih besar hingga lebih dari 110 inchi jika  dibandingkan produk kompetitor terdekat sejenis yang dibuat oleh perusahaan lain. Besarnya ukuran dan total area permukaan mesin ionisasi air merk lain dibandingkan mesin Kangen Water LeveLuk SD501 sama seperti ukuran kartu kredit yang kecil yang dibandingkan dengan ukuran kotak CD yang besar. Dikarenakan pelat sendiri merupakan komponen tunggal yang paling mahal dari sebuah mesin ionisasi air, hal inilah yang menjadi jawaban kenapa harga mesin Kangen Water dari perusahaan Enagic lebih tinggi dibandingkan produk-produk merk lain sejenisnya yang ada di pasaran.

 

2. Power Output

watt mesin kangen water

Power Output (Watt) adalah hal kedua sebagai faktor yang paling penting dalam proses elektrolisis. Sebuah mesin ionisasi air yang memiliki watt yang lebih besar sama efektifnya seperti sebuah bola lampu dengan watt yang lebih tinggi dapat memproduksi cahaya lebih banyak. Mesin Kangen Water LeveLuk SD501 menggunakan tenaga sebesar 230 watt dan telah di-approve oleh UL (Underwriters Laboratories yaitu perusahaan penerbit sertifikasi mengenai tingkat keamanan suatu produk elektronik). Mesin-mesin ionsasi air buatan perusahaan lain yang dijual di pasaran biasanya menggunakan tenaga sebesar 80 dan 200 watt. Hal ini artinya mesin Kangen Water LeveLuk SD501 memiliki daya tahan output tenaga yang lebih besar.  Mesin Kangen Water juga dapat meningkatkan proses ionisasi atas air yang dihasilkannya. Peningkatan proses ionisasi ini artinay air yang dihasilkan memiliki ORP negatif yang lebih besar, yaitu terdapat lebih banyak elektron bebas (antioksidan) di dalam air alkali sehingga hal ini berdampak positif pada tingginya potensi air Kangen Water ini dalam menetralisir radikal bebas di dalam tubuh anda.

 

3. Transformer vs SMPS

Terdapat dua tipe dasar dari regulator daya yang digunakan dalam industri mesin ionisasi air saat ini yaitu Transformer dan Switched Mode Power Supply (SMPS). Transformer merupakan tipe yang paling stabil, efektif dan bentuk yang telah teruji waktu dari regulator elektrik. Hal yang menjadi perhatian dengan penggunaan transformer adalah ia bisa menjadi terlalu panas (overheating) jika digunakan secara konstan dalam waktu lama. Sistem SMPS dirancang untuk mengatasi masalah overheating ini. Sistem ini menjaga level voltase sesuai dengan kebutuhan mesin dengan menggunakan Pulsed Power (akumulasi energi yang dikumpulkan selama beberapa waktu kemudian dilepaskan secara cepat untuk menghasilkan daya instan) ketimbang menggunakan voltase secara kontinyu. Hal ini dapat mengatasi kemungkinan terjadinya overheating.

Beberapa manufaktur memiliki menggunakan sistem SMPS meskipun mereka tidak menyediakan output daya dari sebuah transformer. Manufaktur lainnya memiliki memasukkan Circuit Breakers (alat pemutus listrik otomatis jika terjadi kelebihan daya) dengan mesin yang ditenagai oleh transformer untuk mematikan mesin secara otomatis seandainya terjadi overheating. Mesin Kangen Water Enagic dibuat dengan presisi yang tinggi dan dirancang agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Mesin Kangen Water menggunakan tenaga Transformer namun tidak membutuhkan Circuit Breaker dikarenakan mesin ini tidak mengalami overheat meskipun digunakan secara intens. (Saya, Dr. Dave Carpenter, secara konsisten memproduksi antara 60-100 liter air perhari untuk klinik saya dan mesin Kangen Water tidak pernah mengalami overheated.)

 

4. Output Air

Faktor lainya yang dapat mempengaruhi ionisasi adalah durasi waktu ketika air terekspos dalam medan listrik di dalam ruang elektrolisis. Semakin lama air tersebut terekspos, maka semakin besar perubahan yang terjadi terhadap air tersebut. Jika air mengalir secara perlahan melalui ruang elektrolisis, perubahan yang signifikan dapat terjadi dari segi ORP dan pH sekalipun mesin tersebut memiliki ukuran pelat yang kecil. Beberapa manufaktur memasukkan regulator aliran air untuk mengkompensasi ukuran pelat yang kecil serta desainnya yang inferior hal ini ditunjukkan dengan output air yang lebih lemah.

kecepatan aliran air mesin kangen water

Mesin ionisasi air Kangen Water LeveLuk SD501 memiliki rata-rata output air hingga bisa sampai 7.6 liter per menit. Hal ini mengindikasikan kekuatan atau tenaga pada mesin Kangen Water sebanyak 2 atau 3 kali lipat lebih besar dari segi output airnya ketimbang mesin ionisasi air merk lain. Meskipun dapat menghasilkan aliran produksi air yang cepat, mesin Kangen Water LeveLuk SD501 masih tetap mampu menghasilkan ORP terbaik diantara merk lain dalam industri mesin ionisasi air ini. Mesin Kangen Water dapat menghasilkan ORP (antioksidan) hingga -850 mV. Aliran air dapat disesuaikan oleh para pengguna untuk mengakomodasikan berbagai tekanan air yang bervariasi di masing-masing area atau negara.

 

5. Usia Filter

daya tahan filter mesin kangen water

Perusahaan Enagic Kangen Water International menggunakan filter standar yang dapat memfilter air hingga 6000 liter sebelum ia diganti. Filter ini dapat bertahan hingga 9 sampai 12 bulan tergantung penggunaan. Tak ada mesin ionisasi air merk lain di pasaran yang mengklaim dapat bertahan selama ini.

 

6. Garansi dan Usia Pakai

Salah satu alasan mengapa usia mesin Kangen Water Enagic sangatlah lama adalah karena ia diperlengkapi dengan fitur self-cleaning. Sebuah kartrid pembersih yang telah dipatentkan dimaksudkan untuk digunakan setiap 4 hingga 6 bulan untuk membersihkan sistem. Dengan melakukan perawatan mesin yang baik dan benar, maka mesin Kangen Water produksi perusahaan Enagic ini dapat digunakan hingga seumur hidup. Setiap mesin ini secara keseluruhannya dirakit oleh seorang teknisi dari awal hingga akhir. Mesin Kangen Water LeveLuk SD501 didukung oleh garansi sepanjang 5 tahun, dimana masa garansi ini merupakan yang paling panjang diantara semua garansi mesin ionisasi air yang ada di pasaran hingga saat ini.

mesin air kangen sd501 enagic

Jika menimbang dari semua faktor-faktor di atas, Mesin Kangen Water Enagic LeveLuk SD501 merupakan sebuah investasi yang sangat bagus. Dengan wattnya yang besar dan area permukaan pelat yang besar, ORP (antioksidan) yang dihasilkan tinggi dan garansi sepanjang 5 tahun menjadikan mesin Kangen Water benar-benar sebagai standar tertinggi di antara semua mesin ionisasi air di dunia.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang asli, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water Jakarta siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Jakarta demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air Kangen Water, Mitra Usaha PT. Enagic IndonesiaChange Your Water, Change Your Life!

 

Sumber Artikel

Buku Dr. Dave Carpenter "Change Your Water, Change Your Life" halaman 57-62.

buku change your water change you life dave carpenter

Untuk pembelian buku full version-nya (berbahasa Inggris) setebal 64 halaman bisa didapatkan di Amazon.com dengan link berikut ini: https://www.amazon.com/Change-Your-Water-Life/dp/0982358105

 

Latar Belakang Dr. Dave Carpenter

dr dave carpenter  

Dave Carpenter, N.D., C.C.I., C.A.c., merupakan seorang Dokter Naturopathic dan Akupunkturis yang memiliki pengalaman klinis selama lebih dari 20 tahun. Ia telah bekerja bersama puluhan ribu orang dan telah meluangkan sebagian besar waktunya untuk mengajarkan prisip-prinsip mengenai kesehatan dan kehidupan yang baik.

Dr. Dave Carpenter meraih gelar Bachelor of Science dalam bidang Natural Health (kesehatan alami) dari Clayton College of Natural Health di Birmingham, Alabama dan meraih gelar doktoral dari Central State College of Health Scienceds di Colombus, Ohio (sebuah sekolah Naturopathic tertua di Amerika).

Dr. Dave memiliki sertifikasi nasional sebagai Dokter Medis Naturopathic dan ia juga merupakan anggota dari Asosiasi Kedokteran Naturopathic Idaho serta Asosiasi Internasional Akunpunkturis Medis.

Dr. Dave merupakan mantan presiden direktur serta sebagi anggota dewan pimpinan dari International Iridology Practicioners Association.
Kehidupan profesional Dr. Dave Carpenter didedikasikan untuk membantu orang-orang dalam mencapai kesehatan dan vitalitas hidup yang baik. Beliau mempercayai bhawa kesehatan merupakan keseimbangan yang melibatkan kualitas air, udara yang bersih, nutrisi yang baik, olahraga, dan sikap mental yang positif, serta menjalani kehidupan yang selaras dengan alam.

Dr. Dave Carpenter merupakan pendiri Path to Health, LLP, yaitu sebuah klinik kesehatan holistik yang berlokasi di Idaho Falls, Idaho dimana beliau saat ini menjalankan aktivitas hariannya yang penuh kesibukan. Dr. Dave Carpenter merupakan seorang edukator dan pembicara yang sering tampil dalam radio dan televisi.