Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Yang Bersifat Terlalu Asam Dapat Mempengaruhi pH Darah

makanan bersifat asam 

Skala pH menunjukkan konsentrasi ion hidrogen dimana hal tersebut menyatakan bahwa suatu substansi tertentu bersifat asam atau bersifat alkali, dari skala 0 hingga 14. Angka 7 dalam skala pH artinya bersifat netral dan semua angka di bawah 7 mengindikasikan adanya konsentrasi ion hidrogen yang tinggi, sehingga ia bersifat asam. Idealnya, darah anda akan selalu berada dalam pH alamiahnya pada kisaran yang sempit yaitu pH 7.35 hingga 7.45. Namun tahukah anda jika anda terlalu banyak  dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang bersifat asam dapat mempengaruhi pH darah anda sehingga dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan?

 

Apa itu makanan yang bersifat asam?

Makanan yang bersifat asam maksudnya adalah makanan yang akan membentuk sifat asam di dalam tubuh ketika ia dimetabolismekan. Akan lebih akurat hal ini jika disebut dengan istilah "makanan yang membentuk sifat asam" untuk menghindari terjadinya kebingungan terhadap makanan yang rasanya asam, seperti lemon, namun akan membentuk sifat alkali di dalam tubuh ketika anda mengkonsumsinya. Pola makan zaman sekarang umumnya didominasi oleh makanan yang membentuk sifat asam di dalam tubuh padahal jenis makanan yang baik bagi tubuh seharusnya terdiri atas 70 hingga 80% makanan yang bersifat alkali.

 

Efek makanan yang bersifat asam

buku diet asam alkali

Ketika konsumsi makanan yang bersifat asam dapat menurunkan pH darah dan tubuh, maka level inflamasi atau peradangan juga akan meningkat sehingga dapat merusak sel-sel, jaringan dan organ. Terlalu ekstrim ke sifat asam dapat membuat tubuh anda lebih rentan terkena penyakit, begitu kata ahli nutrisi Cherie Calbom, yang juga merupakan penulis buku “Juicing, Fasting and Detoxing for Life.” Ia menuturkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang membentuk sifat asam di dalam tubuh dapat memicu penyakit seperti radang sendi, osteoarthritis, dan osteoporosis.

 

Makanan yang bersifat asam dan alkali

makanan bersifat asam dan basa

Sepertinya kebanyakan makanan favorit yang kita sukai didominasi oleh makanan yang membentuk sifat asam bagi tubuh. Hal ini termasuk daging-dagingan serta produk yang dihasilkan dari hewan seperti susu, keju dan krim. Selain itu karbohidrat olahan seperti gula, tepung putih, dan gorengan juga dikategorikan sebagai makanan yang bersifat asam. Lalu apa lagi contoh makanan atau minuman yang membentuk sifat asam di dalam tubuh? Yaitu junk food, kopi, teh, minuman bersoda dan minuman berenergi, minuman dengan banyak kandungan gula dan alkohol semuanya adalah contoh-contoh makanan dan minuman yang sangat mudah kita temui di pasaran saat ini. Di sisi sebaliknya, sayur-sayuran, buah-buahan, kacangan-kacangan, biji-bijian, minyak yang sehat seperti minyak zaitun dan minyak biji rami (flax seed oil), buah berjenis sitrus seperti jeruk adalah contoh makanan yang membentuk sifat alkali di dalam tubuh.

 

Pertimbangkan hal ini

Sebetulnya cukup sulit untuk secara permanen mengubah pH tubuh anda, tutur Katrina Christopher, seorang ahli diet bersertifikasi dari Universitas Kentucky Markey Cancer Center. Organ seperti hati dan ginjal bekerja keras untuk merestorasi tubuh anda ke pH alaminya. Jadi tidak perlu khawatir jika anda sesekali mengkonsumsi makanan yang membentuk sifat asam. Yang harus anda hindari adalah jika anda secara konstan terus menerus setiap hari mengkonsumsi makanan yang bersifat asam dalam jumlah banyak. Selain dampak dari makanan ini dapat menurunkan pH tubuh anda, kebanyakan makanan yang bersifat asam seperti daging-dagingan, produk olahan susu, serta karbohidrat olahan merupakan salah satu penyebab meningkatnya berat badan, serta dapat turut memicu berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung jika kita tidak membatasi diri akan makanan seperti ini.

sayur buah alkali

Jika anda peduli pada kesehatan anda, mulailah membentuk kebiasaan baik dengan memperbanyak konsumsi makanan yang bersifat alkali dalam menu diet harian anda. Paling tidak cobalah agar makanan anda 70 hingga 80% terdiri atas sayur-sayuran hijau dan buahan. Nilai plus lain yang bisa anda lakukan adalah perbanyak konsumsi air putih, terutama air putih yang juga memiliki sifat alkali seperti Kangen Water.

 

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water Bengkulu siap memproses order mesin Kangen Water untuk area Bengkulu demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water IndonesiaChange Your Water, Change Your Life!