5 Tips Agar Tetap Sehat di Musim Liburan

tips liburan 

Ketika musim libur tiba, orang-orang cenderung bermalas-malasan di rumah. Hal tersebut bukanlah hal yang salah, karena saat libur memang waktunya untuk memanjakan diri sendiri bukan? 

Namun liburan bukan artinya kita mengabaikan kesehatan tubuh kita. Berikut ini kami berikan 5 tips sederhana bagaimana menjaga tubuh agar tetap sehat selama musim liburan tiba.

1. Tidur lebih lama

Memang agak sulit untuk tidur dalam jumlah yang mencukupi ketika masa liburan sekolah dan libur kerja yang bersamaan, dan meskipun kedengarannya klise, namun mendapatkan jumlah tidur yang mencukupi merupakan hal yang esensial. Jangan sering-sering begadang. Tidur siang sebisa mungkin. Pastikan kamar tidur anda tidak terlalu panas atau dingin serta kondisinya cukup gelap untuk membuat tubuh anda merasa benar-benar beristirahat secara penuh. Anda bisa mengorbankan beberapa hal atau kegiatan untuk memastikan tubuh anda mendapatkan istirahat yang mencukupi ketimbang mengorbankan waktu tidur anda untuk melakukan kegiatan yang akan membuat tubuh anda kelelahan.

 

2. Banyak minum air putih Kangen Water agar tubuh terhidrasi dengan baik

kangen water

Hal lain yang tak kalah pentingnya terhadap kesehatan secara menyeluruh bagi tubuh adalah minum air putih daalm jumlah yang mencukupi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air (bisa juga disebabkan oleh karena minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan di waktu liburan karena alkohol sifatnya membuat anda menjadi dehidrasi), maka kesehatan anda dapat beresiko mengalami penurunan. 

Air alkali Kangen Water yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water dapat menghidrasi atau membasahi tubuh dengan lebih cepat dan efisien jika dibandingkan air putih biasa, sehingga hal ini juga dapat membantu meningkatkan level energi anda. Siapa sih yang tidak butuh tambahan ekstra energi selama masa liburan?

 

3. Konsumsi makanan bersih, bergizi dan sehat sebisa mungkin

Saat liburan, mungkin ada banyak berbagai jenis makanan di rumah, dan pastinya akan menyenangkan untuk memanjakan tubuh anda di waktu-waktu ini dengan berbagai makana nan lezat. Agar anda tidak perlu selalu menolak irisan kue keju ekstra atau kue coklat favorit anda, maka cobalah buat sedikit usaha untuk setidaknya mengkonsumsi satu porsi "makanan bersih" setiap harinya.

Salad dan sayuran mentah yang segar atau ikan yang di steam merupakan contoh pilihan makanan bersih yang bagus dijadikan pilihan, atau anda juga dapat mencoba kacang-kacangan yang dicampur dengan alpukat. Mengontrol porsi makan juga merupakan salah satu cara yang baik dalam menikmati berbagai jenis varian makanan. Jangan katakan tidak pada makanan pencuci mulut, namun pastikan anda hanya mengkonsumsi satu dengan porsi reguler atau sedang, alias tidak berlebihan.

 

4. Jalan-jalan selama masa liburan

hiking

Jangan biarkan musim liburan membuat anda hanya bermalas-malasan dan mengabaikan olahraga rutin yang selama ini anda lakukan. Meski susah atau tidak praktis untuk pergi ke gym atau lapangan olahraga, cobalah jalan-jalan keluar atau melakukan hiking seandainya anda bisa melakukannya karena hal tersebut meruapakan cara yang baik untuk membuat tubuh menjadi berenergi kembali.

 

5. Ketahui limit anda

Meskipun banyak orang yang minum sedikit lebih banyak alkohol sewaktu musim liburan, namun ketahuilah bahwa hal ini tidaklah wajib untuk dilakukan. Jangan merasa tertekan untuk bergabung dan minum satu ekstra gelas anggur atau bir padahal anda tahu bahwa tubuh anda sendiri sebetulnya lebih menyukai untuk minum air putih alkali Kangen Water yang lebih lezat dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

Banyak minum anggur atau alkohol merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh merasa lelah lebih cepat, jadi singkirkan hal tersebut jika anda ingin hari-hari di masa liburan anda lebih bermanfaat dan membawa kebaikan bagi tubuh anda. Salam Enagic Indonesia.