Fakta Pahit Tentang Kopi Yang Harus Anda Ketahui

dampak negatif kopi kafein 

Banyak dari kita yang memulai hari dengan secangkir kopi di pagi hari. Berapa banyak orang yang anda ketahui tidak bisa mengobrol, atau bahkan susah untuk memulai kerja, sebelum mereka menikmati secangkir kopi di pagi hari terlebih dahulu? Dan mungkin saja anda adalah salah satu orangnya!

Minum kopi mungkin bisa membuat anda merasa lebih baik di satu sisi, namun ketahui faktanya bahwa efek kopi dapat mempengaruhi tubuh anda dalam sisi yang negatif juga. Sekarang mari kita lihat lebih jauh efek negatif kopi bagi tubuh.

1. Kopi dapat mempengaruhi tidur anda

susah tidur 

Ini mungkin hal yang umum dan semua orang kemungkinan sudah tahu. Namun apakah anda juga tahu bagaimana kafein yang terdapat pada kopi sebetulnya dapat mengacaukan jadwal tidur anda? Minum satu gelas kopi espresso tepat sebelum anda melakukan presentasi besar atau suatu hal penting untuk membuat pikiran anda segar tak akan bekerja dengan cara demikian. Dibutuhkan waktu sekitar hingga 45 menit bagi kafein untuk membangkitkan tenaga di dalam tubuh anda dan menyediakan "kewaspadaan" sementara yang terkadang dibutuhkan oleh otak yang merasa lelah.

Namun, ketika sudah bekerja di dalam tubuh anda, kafein pada kopi akan terus menstimulasi aktivitas otak selama hingga 5 sampai 6 jam. Jadi jikalau anda ingin tidur dengan nyenyak, pastikan untuk minum kopi di pagi atau siang hari, dan hindari mengkonsumsi kopi di sore atau malam hari agar tidak mengacaukan jam tidur malam anda.

 

2. Kopi dapat membuat anda gugup

Efek stimulasi yang ditimbulkan karena mengkonsumsi kopi tidak selalu berdampak positif. Faktanya, ketika anda memikirkan efek kopi terhadap tubuh anda, hasilnya bisa sangatlah buruk!

Kafein menstimulasi sistem saraf, menghasilkan 'fokus' sementara, namun jika terlalu banyak akan membuat anda merasakan hal yang berbading terbalik ketimbang merasakan tenang dan terkendali. Hal yang anda rasakan ketika mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan biasanya adalah gugup dan gemetar. Level adrenalin anda pun juga akan merespon, membuat anda berada dalam kondisi 'melawan atau lari' dari sisi keadaan pikiran anda. Pada gilirannya, ini dapat berdampak buruk bagi siapapun yang memiliki masalah detak jantung tidak teratur atau tekanan darah tinggi.

 

3. Kopi dapat membuat jantung berdebar

Berbicara mengenai detak jantung, salah satu kenyataan pahit mengenai efek kopi terhadap tubuh anda adalah bahwa kafein dapat mengakibatkan jantung berdebar bagi sebagian orang, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kecemasan terhadap kondisi tersebut. Dalam sedikit kasus yang langka, hal ini dapat memberikan sinyal bahwa kondisi jantung orang tersebut butuh untuk penanganan lebih lanjut. Jika anda mengalami jantung berdebar ketika mengkonsumsi kopi, mungkin sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

4. Kopi dapat mengakibatkan sakit kepala

Hal ini mungkin agak terdengar sedikit rumit, dan merupakan sebuah kebenaran yang nyata mengenai efek kopi terhadap tubuh anda. Kafein dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di otak mengalami penyempitan. Ketika anda berhenti minum kopi yang mengandung kafein, pembuluh darah melebar, meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga memicu sakit kepala.

Namun, jika anda benar-benar memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi kopi sama sekali, beberapa orang merasakan gejala atau efek akibat penghentian tersebut selama 2 minggu. Dan salah satu gejala yang dirasakan? ya, benar, yaitu sakit kepala.

 

5. Kopi dapat menyebabkan kecanduan

kecanduan kopi 

Anda mungkn pernah mendengar teman atau rekan kerja anda bercanda dan mengatakan bahwa mereka 'kecanduan kopi.' Hal ini sepertinya tidak kedengaran sebagai suatu hal yang serius, namun ada banyak jutaan orang di luar sana yang mengalami rasa 'kecanduan kopi' yang sama. Sebagai pengetahuan umum, kecanduan apapun, meskipun tedengar hanya seperti candaan, sebetulnya butuh perhatian yang serius.

Sebuah studi ilmiah yang dikutip dari situs PUBMED mempelajari bagaimana orang-orang yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak menujukkan gejala-gejala ketergantungan dari sisi psikologis. Dalam suatu hasil test yang direkam setelah malam tanpa konsumsi kafein, pengguna dengan asupan kafein tinggi menunjukkan ketertarikan yang jelas untuk kata-kata yang berkaitan dengan kafein. Subjek tes yang sama juga mencatat keinginan kuat akan kafein.

 

Kurangi konsumsi kopi dan dapatkan peningkatan energi alami dengan mengkonsumsi air putih yang bersifat alkali dan kaya antioksidan

kangen water 

Jika anda tergolong orang yang kecanduan mengkonsumsi kopi, cobalah perlahan-lahan kurangi asupan kopi anda dan membatasinya hanya satu atau dua gelas saja di pagi hari, kemudian mulailah beralih minum air putih yang bersifat alkali kaya hidrogen dan antioksidan alamiah seperti Kangen Water. Hidrogen molekular yang dihasilkan dari mesin air alkali Kangen Water dalam satu gelas air putih Kangen Water dapat memberikan peningkatan energi yang alamiah. 

Tidak seperti kopi, efek yang diberikan dari konsumsi air putih alkali kaya hidrogen antioksidan seperti Kangen Water sangatlah bagus bagi tubuh dan bersifat positif. Jika anda butuh informasi lebih lanjut sehubungan Kangen Water dan bagaimana cara memiliki sendiri alat penghasil air alkali Kangen Water di rumah, segera hubungi kami pada nomor kontak yang tertera di website ini.

Kami menyediakan berbagai pilihan mesin Kangen Water yang dapat disesuaikan dengan budget anda, mulai dari tipe yang paling premium seperti Leveluk K8 hingga mesin Kangen Water murah seperti tipe Leveluk JRIV

Segera hubungi kami jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Salam Kangen Water Indonesia.