18 Buah dan Sayuran Yang Mengandung Banyak Air

buah sayur kaya air 

Buah dan sayuran yang mengandung banyak air selain rasanya yang lezat, juga bagus dalam memberikan hidrasi ekstra ke tubuh kita. Berikut ini kami rangkum 18 buah dan sayuran yang memiliki banyak kandungan air yang dapat menyegarkan tubuh anda.

 

1. Mentimun

Mentimun sangatlah menghidrasi tubuh karena kandungan airnya yang banyak. Mentimun bahkan sering juga dipakai untuk mengobati mata bengkak. Mentimun mengandung vitamin C, serta caffeic acid alias asam kafeat, yang mampu meredakan iritasi kulit serta mengurangi peradangan.

2. Terong

Selain tinggi kandungan airnya, terong juga kaya akan serat. Terong sangat rendah kandungan kalorinya sehingga terong sangat cocok sebagai salah satu menu makanan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Teksturnya yang seperti spons membuat terong sangat mudah melakukan penyerapan. Merebusnya terong menggunakan air alkali Kangen Water juga merupakan sebuah ide yang bagus.

3. Zucchini

zucchini 

Zucchini merupakan sejenis mentimun dan kadar airnya sangatlah tinggi hingga 90%, membuatnya salah satu makanan penting kaya air yang dapat membuat tubuh anda tetap terhidrasi kala mengkonsumsinya. Dalam satu sajian zucchini, paling tinggi hanya terdapat 25 kalori. Zucchini juga merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan kandungan folat, vitamin A dan C serta potasium.

4. Semangka

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 oleh Universitas Aberdeen menunjukkan bahwa beberapa jenis buahan dan sayuran sebetulnya lebih efektif dalam membuat orang-orang terhidrasi jika dibandingkan mengkonsumsi sports drinks. Pada posisi puncak ditempati oleh semangka dimana 92% air mengandung air, ditambah lagi garam-garam rehidrasi, kalsium, potasium, magnesium dan sodium.

5. Paprika

Kelihatannya paprika tidaklah seperti kandidat makanan yang dapat menghidrasi tubuh, namun paprika yang kriuk dan penuh warna sebetulnya terdiri atas 85% air. Selain itu ia kaya akan kandungan thiamin, vitamin C dan B6, asam folat, beta karoten, dll.

6. Jeruk Bali

Jeruk bali yang renyah masuk ke dalam daftar, karena disamping ia dapat membuat anda terhidrasi karena kandungan airnya yang tinggi, sifat kimianya juga memiliki berbagai manfaat yang baik. Jeruk bali dapat menurunkan level insulin dan mengontrol nafsu makan, membuatnya menjadi buahan yang sangat baik dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

7. Apel

Ini merupakan buahan pertamakali yang kita kenal, yang memperkenalkan kita pada alfabet. Apel, si buah super ini selain tersedia secara umum di berbagai belahan dunia manapun, juga dihubungkan dengan membantu dalam menurunkan level kolesterol dan berat badan.

Selain itu apel juga diketahui dapat mencegah berbagai jenis masalah kesehatan, misalnya diabetes, asma, serta penyakit kardiovaskular.

8.  Selada Romaine

selada romaine 

Selada romain memiliki kandungan air agak lebih sedikit jika dibandingkan selada iceberg, namun kandungan folatnya tiga kali lipat, kandungan vitamin C enam kali lipat, dan kandungan beta karoten delapa nkali lipat. 

Teksturnya yang kokoh juga membuatnya dapat menjadi dasar bagi kebanyakan jenis salad.

9. Nanas

Gurih, asam dan manis, nanas tak hanya dipenuhi serat, namun juga bromelain, sebuat senyawa campuran yang cukup baik dalam melawan peradangan atau inflamasi. Selain itu kandungan air di dalam nanas cukup tinggi sehingga bagus dalam memberikan hidrasi ekstra bagi tubuh jika anda mengkonsumsinya.

10 . Pear

Tidaklah sulit dipercaya bahwa buah pear yang segar dan berair dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Hal lain yang mengejutkan juga buah pear mengandung serat diet yang cukup substansial, sekitar 6 gram pada buah pear yang berukuran sedang. Tambahan pula, seratnya mudah larut, artinya ia dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok dikonsumsi untuk orang yang senang ngemil tapi tidak mau berat badan bertambah.

11. Strawberi

Buah beri merah menawan ini 92% nya terdiri atas air, menjadikannya sebagai salah satu pilihan yang top ketika anda ingin menghidrasi tubuh. Studi menunjukkan bahwa makan satu sajina strawberi dapat meningkatkan level folat vitamin B di dalam darah.

Catatan: Folat adalah sebuah vitamin yang membantu dalam pertumbuhan dan metabolisme sel, yang dapat membuat arteri bersih.

12. Jeruk

Mengupas jeruk kadang bikin kita malas, namun semua usaha yang anda lakukan sebanding dengan hidrasi air yang diberikan oleh buah jeruk bagi tubuh anda.

87% jeruk terdiri atas air, dan kandungan vitamin C yang tinggi, sangat bagus untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain itu mengupas kulit jeruk juga dapat membuat tangan anda menjadi wangi jeruk yang menyegarkan bukan?

13. Raspberi

raspberi 

Buah raspberi ini sangatlah mudah digenggam sehingga memudahkan anda dalam mengkonsumsinya dengan hati senang untuk mendapatkan hidrasi tubuh yang ekstra. Hal lain yang mengejutkan adalah raspberi juga kaya serat. Selain itu raspberi kaya akan asam ellagic, yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan dapat membantu mencegah resiko terkena berbagai jenis kanker.

14. Bayam

Kandungan bayam sebagian besar adalah air. Ia juga kaya akan vitamin A, rendah kalori, kaya vitamin C dan protein, membuat bayam ini sangat cocok dicampur kala anda membuat protein shakes.

15. Tomat

Tomat itu sayur atau buah sih sebetulnya? Apapun jawabannya tidak masalah. Konsumsi tomat dapat membuat anda terhidrasi karena 95% mengandung air. Anda dapat mengkonsumsi tomat secara langsung ataupun menambahkannya dalam sandwich atau salad anda.

16. Seledri

seledri 

Kriuk dan kokoh, seledri 96% nya mengadung air. Ia juga terdiri atas kandungan vitamin, asam amino dan garam-garam mineral. Teksturnya dan komposisinya bagus juga dapat menjadikannya sebagai snack yang nikmat.

17. Brokoli

Sayuran yang mirip pohon ini dapat memberikan anda vitamin C, kalsium, serat yang baik, di sisi lain kandungan kalorinya minimal. Brokoli terdiri atas 91% air, jadi makan brokoli dapat turut membantu tubuh anda tetap terhdirasi.

18. Anggur merah

Jaga tubuh anda tetap terhidrasi dengan mengemil buah anggur merah sebagai snack. Selain itu menambahkannya dalam salad dan yogurt juga membuat makanan tersebut jadi terasa lebih nikamt. 

Kulit buah anggur merah mengandung resveratrol, yaitu antioksidan yang dikenal dapat mengurangi resiko terkena masalah jantung.