8 Kebiasaan Baik di Pagi Hari Untuk Menghilangkan Rasa Cemas

ritual pagi anti cemas gelisah 

Rasa cemas atau gelisah terkadang bagi sebagian orang susah untuk dihilangkan. Namun beberapa kebiasaan baik dapat mulai anda lakukan untuk meredakan kecemasan dan membuat anda merasa lebih kuat dan lebih tenang dalam menjalani hari.

1. Buatlah agar kamar anda jauh dari peralatan dengan layar elektronik seperti hp, komputer, televisi dan alat elektronik lainnya yang dapat menganggu ketenangan. Cobalah membuat tempat tidur anda terpisah dengan ruangan kerja dan aktivitas online lainnya, sehingga rasa stress dan cemas mengenai proyek atau media sosial tidak akan menyerang anda secara mendadak ketika anda bangun di pagi hari. Pikirkan tempat tidur anda sebagai sebuah goa yang tenang yang jauh dari kehidupan modern.

2. Ketika anda terbangun, berikan waktu bagi diri anda sendiri untuk melakukannya secara benar. Matikan alarm, regangkan otot dan refleksikan kembali jika semalam ketika tidur anda bermimpi. Meditasi atau renungkan diri sejenak untuk hari yang akan anda jalankan dalam beberapa jam kedepan dan pahami dengan penuh perasaan anda mengenai hal tersebut sebelum beranjak ke kamar mandi dapat membuat anda merasa lebih tenang.

3. Di kamar mandi, mandilah dengan air yang hangat dan gunakan peralatan mandi yang dapat membuat diri anda merasa nyaman dan rileks. Jika anda memiliki bathtub atau shower di kamar mandi, gunakan Anespa DX dari Kangen Water Enagic yang dapat memfilter air di kamar mandi anda menjadi lebih bersih, ditambah dengan kandungan bebatuan ion dari Hokkaido Jepang, menggunakan Anespa ketika mandi memberikan sensasi serasa mandi di spa yang dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

anespa dx enagic kangen water filter air mandi

4. Selesai mandi, ketika ke dapur, minumlah segelas atau dua gelas air putih alkali Kangen Water yang fresh dan terasa enak ketika baru keluar dari mesin Kangen Water. Air alkali Kangen Water dapat membantu menghidrasi tubuh dan setiap sel secara lebih maksimal, sehingga membantu fungsi kongnitif anda agar siap menjalani hari dengan baik. 

minum teh di pagi hari

Makanlah sarapan yang sehat dan bergizi. Jika anda minum kopi atau teh, nikmatilah tanpa terburu-buru. Duduklah di teras jika keadaan mendukung, atau paling tidak bukalah jendela lebar-lebar di pagi hari agar terjadi pergantian udara segar yang akan memenuhi seisi rumah anda.

5. Olahraga juga merupakan sebuah ritual yang sangat baik untuk meredakan rasa cemas dan gelisah, serta memelihara perasaan tenang dan kendali diri yang kuat. Yoga merupakan salah satu cara yang baik dalam memberikan fokus dan kendali terhadap diri sendiri. 

6. Berikan kesadaran penuh terhadap setiap tindakan, dan rasakan apresiasi terhadap berbagai elemen berbeda-beda di pagi hari anda: keluarga, hewan peliharaan, makanan, kenyamanan, kesehatan ataupun kegembiraan dan berbagai kemungkinan kedepan menyambut hari yang baru.

7. Apakah menetapakan goal atau tujuan untuk hari ini dapat membuat anda menjadi merasa positif? Jika ya, maka duduklah dan ambil buku catatan dan pena, dan tuliskanlah hal tersebut.

menulis jurnal harian

8. Berikan diri anda sendiri waktu yang cukup untuk memulai hari dengan sebuah cara yang tidak menjadikan anda merasa kehilanga kontrol sehingga dapat membuat anda stress. Tak seorang pun tidak akan menjadi cemas dan gelisah jika memulai hari dengan terburu-buru dan kehilangan sebelah kaus kaki, ataupun tidak sempat menyelesaikan sarapan pagi akibat takut terlambat pergi bekerja. Berantakan dan terburu-buru merupakan pencuri ketenangan, oleh karena itu bunyikan alarm anda agak lebih awal sehingga anda tidak perlu melakukan sesuatu secara terburu-buru sehingga apapun hal yang terjadi mendadak kedepan membuat anda masih punya cukup banyak waktu untuk mengatasinya.