30 Kebiasaan Kecil Baru Yang Dapat Mengubah Hidup Jadi Lebih Baik

memulai kebiasaan baru  

Pernahkah anda merasa gagal menjalankan komitmen jangka panjang terhadap resoulsi kesehatan namun tidak dapat melaksanakannya atau berhenti di tengah jalan? Berhentilah menyesali diri dan cobalah melakukan kebiasaan baru yang dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Berikut ini kami berikan beberapa perubahan kebiasaan kecil harian namum memiliki dampak besar untuk jangka panjang.

1. Kapanpun anda bisa, berjalan kakilah. Setelah anda sampai, pilihlah naik tangga ketimbang menggunakan eskalator atau lift.

2. Temukan jenis olahraga yang sangat anda sukai dimana ketika anda melakukannya anda begitu senang dan bersemangat.

3. Singkirkan makanan olahan atau kalengan dan gantilah dengan sayur-sayuran yang paling anda sukai.

4. Jika anda kurang suka makan buah-buahan, maka masukkanlah buahan tersebut ke blender, jadikan jus buah ataupun buatlah smoothies.

5. Jika anda membuat sandwich, gantilah mayonaise dengan alpukat, daun selada bayi dan coba tambahkan irisan pepaya untuk cita rasa yang baru.

6. Makanlah dalam porsi kecil dan sedikit-sedikit. Jangan langsung ambil dari porsi yang besar. Makan dari porsi kecil yang sedikit-sedikit (diamana anda dapat menambah jika belum cukup kenyang), dapat lebih mengontrol nafsu makan anda.

makan dalam porsi kecil

7. Makan menggunakan peralatan makanan terbaik yang anda punya dan sajikan makanan anda semenarik mungkin.

8. Jika anda melihat daftar bahan makanan dari makanan siap saji, makanan olahan atau makanan kalengan dimana nama-nama bahan makanan tersebut bahkan tidak bisa anda lafalkan dengan baik, atau tidak tahu itu jenis bahan makanan seperti apa, berpikirlah ulang untuk mengkosumsi makanan tersebut.

9. Minumlah air putih lebih banyak setiap hari. Minum air putih alkali yang dihasilkan dari mesin air alkali Kangen Water dapat menjadi pilihan terbaik untuk meredakan haus dan menghidras seluruh seli tubuh secara lebih maksimal.

10. Sedang ingin mengemil makanan tinggi lemak atau kaya kandungan gula? Cobalah berhitung 1 sampai 20 secara perlahan-lahan sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi makanan tersebut, mungkin saja hal ini dapat membuat anda berubah pikiran.

11. Tak perlu menolak makanan-makanan atau sajian unik khas daerah-daerah tertentu yang belum pernah anda cicipi. Nikmati setiap suapnya ketika anda disajikan makanan unik dan khas yang belum pernah anda coba tersebut.

12. Temukan hobi baru yang akan membuat tangan anda terus sibuk bekerja sehingga melupakan kegiatan ingin mencomot suatu cemilan.

13. Jika anda memiliki kebiasaan makan makanan fast food, cobalah untuk mulai berhenti.

14. Singkirkan soda dari daftar minuman anda.

15. Berhenti mengkonsumsi alkohol atau setidaknya batasilah maksimal 1 atau 2 gelas perminggunya jika anda belum bisa berhenti seutuhnya.

16. Beralihlah ke susu skim (susu yang dibuat dengan menghilangkan kandungan lemaknya) ketimbang susu full cream.

17. Jika anda suka makan daging, pilihlah potongan yang lebih ramping.

18. Cobalah bermeditasi. Menyendirilah di tempat yang tenang dan biarkan pikiran anda merasakan kesunyian dan ketenangan.

19. Tidak punya waktu untuk pergi ke gym? Cobalah berolahraga kecil yang bisa anda selipakan sepanjang hari seperti push-up 10x ketika jeda iklan saat sedang menonton televisi, melakukan plank ketika menunggu air panas matang saat hendak menyeduh kopi, dll.

20. Jika berolahraga di gym atau berlari bukan jenis olahraga yang anda sukai, mungkin anda bisa mencoba berenang. Ia akan membakar kalori anda, dan berenang bagus dalam menggerakan persendian dan seluruh bagian tubuh anda.

21. Selalu hindarilah trans fat (lemak trans alias lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat). 

22. Ikutlah rencana makan mingguan yang didalamnya terdapat berbagai makanan sehat yang anda sukai.

23. Tak perlu menyelesaikan makanan di piring anda, jika tubuh sudah mengatakan cukup dan anda sudah kenyang, maka berhentilah makan.

24. Gantilah yang putih menjadi yang coklat. Gandum utuh dan nasi coklat, roti gandum dan pasta merupakan pilihan yang lebih sehat.

25. Jangan lewatkan jadwal makan secara teratur, dan selalu cobalah untuk sarapan setiap paginya.

26. Kurangi konsumsi kafein.

27. Pastikan anda tidur dalam rutinitas tidur yang sehat karena ia memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan dan kesehatan anda.

28. Temukan podcast yang anda pikir dapat menstimulasi mental positif atau yang dapat menenangkan anda.

mendengarkan podcast

29. Belajarlah sesuatu yang baru, bahasa baru, kerajinan tangan, musik, dll. Mempelajari sesuatu yang baru dan menarik sebagai orang dewasa dapat membuat diri menjadi terasa merdeka serta dapat memupuk rasa percaya diri.

30. Selalu ingatkan diri akan hal-hal luar biasa yang ada dalam diri anda. Kebaikan, kasih sayang, selera humor anda dll. Keunikan yang anda miliki yang tidak dimiliki orang lain. Apapun itu, anda adalah pribadi yang luar biasa, jangan pernah lupakan hal tersebut.