Hindari Melakukan Hal Ini Ketika Sedang Menjalankan Intermittent Fasting

intermittent fasting jangan lakukan ini 

Intermitten fasting merupakan salah satu metode diet yang bagus dalam membantu menurunkan berat badan. Namun harap diketahui ada beberapa hal yang sebaiknya jangan anda lakukan ketika sedang menjalankan intermittent fasting, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan Kelaparan

kelaparan 

Tidak makan dalam jumlah yang mencukupi merupakan kesalahan umum yang biasa dilakuan orang-orang ketika menjalankan intermittent fasting. Ketika anda makan terlalu sedikit selama "jendela" waktu makan, maka hal tersebut dapat memperlambat proses metabolisme tubuh dan anda juga dapat kehilangan massa otot. 

 

2. Jangan makan larut malam

Makan terlalu larut malam dapat mengacaukan ritme sirkadian alami anda (Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam). Hal ini penting karena siklus tidur dan bangun anda memiliki efek langsung pada penanda kesehatan vital. Jangan makan berlebihan dan kurangi sedikit porsi di malam hari serta waktu terbaik adalah ketika hari akan menuju malam, sehingga hal ini akan membawa efek positif terhadap tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular.

 

3. Jangan mengkonsumsi minuman berkalori selama waktu puasa

Teh herbal tanpa pemanis boleh saja, namun jika anda minum teh dan kopi dengan susu, krim, gula ataupun sirup, maka anda akan menyia-nyiakan usaha anda untuk mengurangi berat badan. Hal yang paling untuk diminum saat di jam puasa ketika menjalankan intermittent fasting adalah air putih. Air putih alkali Kangen Water yang kaya akan mineral-mineral esensial seperti kalsium dan magnesium serta mengandung antioksidan yang tinggi dapat membantu anda dalam menjalankan intermittent fasting. Selain itu hidrogen molekular yang juga ada pada air putih berkualitas tinggi ini dapat membantu meningkatkan energi anda, jadi sangat cocok untuk terus dikonsumsi sepanjang hari tanpa anda perlu mengemil snack-snack ringan untuk menambah energi anda.

 

4. Jangan lupa untuk minum air putih!

minum air putih kangen water 

Faktanya, minum air putih alkali misalnya Kangen Water selama anda menjalankan intermittent fasting dapat menjadi teman baik anda. Tetap terjaganya hidrasi tubuh bersifat vital. Selain itu, tubuh anda akan memecah limbah dan toksin serta mengeluarkannya dari tubuh anda. Minum cukup banyak air putih akan membantu anda mengeluarkan toksin dan membersihkan dirinya sendiri dari dalam.

 

5. Jangan terlalu memforsir tenaga

Ketika berpuasa saat intermittent fasting, jangan terlalu memforsir diri secara berlebihan untuk berolahraga yang terlalu berat. Meskipun anda ingin melihat hasilnya secepat kilat, memaksa tubuh anda secara terlalu berlebihan dalam segala sisi sepertinya malahan akan menghalangi anda untuk sukses menjalankan intermittent fasting ini.

 

6. Jangan kacaukan puasa anda seperti ini!

Oke, ayo makan salad udang dengan mayonaise, dilanjutkan dengan kerang panggang, lalu pasta dan roti-rotian. Selanjutnya untuk pencuci mulut, kenapa tidak makan es krim coklat tiga lapis?

Jika anda mengacaukan intermittent fasting anda seperti ini, pastinya anda akan merasa perut anda menjadi kembung. Dan bukan hanya itu saja, gula darah anda pun akan naik, yang membuat anda akan merasa sakit kepala. Makan terlalu banyak makanan segera setelah berpuasa akan mengakibatkan level insulin melonjak, membuat anda merasa gelisah dan bahkan mual. Intinya adalah, berbuka puasa dengan penuh kesadaran. Nikmati makanan anda namun mulailah dahulu dengan perlahan-lahan.