Lakukan 5 Rutinitas Ini di Pagi Hari Untuk Memulai Hari Yang Baik

rutinitas pagi hari 

Dari semenjak anda membuka mata di pagi hari, anda akan mulai mengatur jadwal kegiatan yang akan anda lakukan pada hari itu. Pilihan-pilihan kegiatan yang akan anda lakukan berikut ini, entah apakah itu dibuat berdasarkan kebiasaan ataupun dilakukan secara sengaja, dapat membantu anda mejadi lebih baik atau dapat membantu anda memutuskan hari apa kegiatan ini dapat dengan baik anda lakukan. 

Ketika anda mengambil alih bagaimana hari-hari anda yang anda rencanakan akan berjalan, hal ini bukan hanya baik, namun juga memiliki dampak yang positif. Penelitian menunjukkan bahwa cara yang paling baik untuk mengatur vibrasi dari keseluruhan hari adalah pertama-tama mengaturnya melalui rutinitas pagi hari agar dapat berjalan seperti yang anda inginkan.

 

Apa yang harus dilakukan di pagi hari untuk rutinitas pagi yang baik?

Berikut ini 5 kegiatan penting yang dapat anda lakukan setiap pagi agar dapat menjalani hari dengan baik dan mood yang positif:

1. Minum air putih

minum air putih pagi hari 

Sesegera setelah anda bangun pagi, segeralah minum air putih 1 atau 2 gelas. Ketika anda tidur malam selama 8 jam, tubuh anda mengalami sedikit dehidrasi. Dehidrasi dapat diatasi dengan segera dengan minum air putih yang bagus dalam melumasi otot, persendian dan menyegarkan sel-sel di dalam tubuh anda.

Jika anda memiliki pilihan, cobalah untuk minum air putih yang memiliki kualitas yang terbaik bagi tubuh anda, kaya akan hidrogen, antioksidan dan mineral-mineral esensial seperti air putih yang terkandung pada air putih Kangen Water yang diproses melalui teknologi mesin Kangen Water buatan perusahaan Enagic Jepang

Minum satu atau dua gelas air putih Kangen Water ketika bangun tidur dapat membantu "membasahi" seluruh sel-sel di dalam tubuh anda secara lebih efektif dan maksimal, sehingga anda akan merasa lebih vit dan semangat untuk memulai hari itu dengan baik.

 

2. Lewatkan sarapan

Ketika anda tidur setiap malam, tubuh anda masuk dalam kondisi ketosis alami, yang membantu mengoptimalkan kesehatan. Lanjutkan ketosis ini melalui intermittent fasting (diet puasa), dengan melewatkan makan pagi, sehingga waktu makan anda pertamakali di hari tersebut nantinya ketika anda makan siang.

Adapun manfaat dari hal ini adalah tak hanya anda akan mengoptimalkan sel-sel yang sehat, namun juga membantu dalam meregulasi berat badan anda agar tidak berlebihan. Intermittent fasting merupakan salah satu dari aksi cepat yang dapat anda lakukan bagi tubuh kala bangun di pagi hari.

Beberapa manfaat intermittent fasting diantaranya sebagai berikut:

  • Membantu dalam penurunan berat badan
  • Meningkatkan energi
  • Membantu dalam perbaikan sel dan dan autophagy (ketika tubuh anda mengkonsumsi jaringan yang tidak lagi efektif untuk membuat jaringan-jarigan yang baru)
  • Mengurangi reisten insulin dan melindungi dari diabetes tipe 2
  • Mengurangi kolesterol buruk
  • Membuat daya tahan tubuh menjadi semakin baik

 

3. Lakukan 10 jenis olahraga ringan sesuai pilihan anda

olahraga di samping tempat tidur 

Ketika anda bangun tidur di pagi hari, lakukan setidaknya 10 kali repetisi squat, pushup, ataupun situp. Olahraga singkat ini akan membantu anda untuk menjadi lebih berenergi ketika anda mulai bekerja sampai pulang kembali ke rumah di hari itu, belum lagi manfaat yang anda dapatkan dalam meningkatkan massa dan kekuatan otot anda.

Mempertahankan dan meningkatkan perkembangan otot merupakan kunci bagi sensitivitas insulin, hypoglycemia, menurunkan tekanan darah dan membuat tubuh tetap vit.

 

4. Meditasi

Jika anda pernah melakukan meditasi, anda akan menyadari bahwa anda akan memiliki tingkat kesadaran yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan pemikiran-pemikiran yang alamiah mulai bermunculan.

Meditasi membantu anda menguraikan pikiran anda dengan jalan melepaskan pemikiran yang alamiah yang muncul agar menjadi fokus kembali. Hal ini merupakan efek kumulatif mendalam terhadap kesuksesan dan kesehatan, dan ini merupakan jalan yang baru untuk memulai hari anda.

Beberapa manfaat melakukan meditasi diantaranya sebagai berikut:

  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan fokus
  • Meningkatkan memori
  • Menngkatkan relasi
  • Membantu mengatasi adiksi atau ketagihan terhadap sesuatu
  • Membantu meningkatkan dan memperpanjang Telomere (bagian ujung DNA)
  • Memperkuat imunitas tubuh

 

5. Mandi air dingin

mandi air dingin 

Berendam di air hangat dilanjutkan dengan pembilasan di shower dengan mandi air dingin di pagi hari ternyata bagus manfaatnya karena dapat membantu proses sirkulasi tubuh dan meningkatkan energi. 

Berendam di air hangat dapat melebarkan pembuluh darah dilanjutkan dengan mandi di bawah pancuran air shower dingin juga dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. 

 

Demikianlah 5 tips rutinitas baru yang anda dapat mulai lakukan di pagi hari untuk mengawali hari anda agar tubuh tetap vit dan penuh vitalitas sehingga hari yang anda jalani akan menjadi lebih positif dan menyenangkan.