Lakukan 6 Prinsip Dasar Pola Makan Ini Agar Tubuh Ideal dan Terhindar Dari Berat Badan Berlebih

prinsip makan sehat 

Berat badan berlebih kini semakin menjadi hal yang umum di zaman modern ini. Hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah konsekuensi dari terlalu banyak beredarnya makanan hasil olahan industri yang tinggi lemak dan tinggi kalori. Konsumsi jenis makanan industrial ini secara berlebihan dapat mengakibatkan kelebihan penyimpanan lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, semakin banyak pula orang-orang yang mencari metode-metode untuk menurunkan berat badan secara cpat dan efektif. Untuk memperoleh berat badan yang anda inginkan, anda haruslah melakukan olahraga untuk membakar lemak dan merubah pola diet atau pola makan anda agar sesuai dengan rencana penurunan berat badan anda.

 

6 Prinsip Dasar Makan Agar Terhindar Dari Berat Badan Berlebih

Berikut ini 6 prinsip sederhana pola makan yang baik yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga agar berat badan anda tetap ideal serta menghindari berat badan berlebihan.

1. Jangan lewatkan sarapan

sarapan pagi 

Hasil dari penelitian para ahli nutrisi menunjukkan bahwa sarapan pagi memiliki efek yang baik dalam mengontrol berat badan. Kebanyakan orang mengira bahwa melewatkan sarapan pagi dapat membantu mereka mengurangi konsumsi kalori sehingga dapat menurunkan berat badan ternyata salah. Pada kenyataannya sarapan pagi dapat mengontrol dan menjadwalkan pola makan anda menjadi lebih teratur serta memberikan energi untuk beraktifitas di pagi hari, selain itu sarapan membuat anda tidak makan berlebihan di siang hari.

 

2. Pastikan menu utama anda saat makan

Studi juga menunjukkan bahwa makan makanan utama yang mencukupi di waktu yang tepat sesuai jadwal dapat membantu membakar kalori ketimbang makan-makanan secara random dan sembarang waktu. Selain itu, makan makanan yang benar dapat membantu membatasi keinginan untuk mengkonsumsi junk food di hari tersebut sehingga hal ini dapat membantu anda menjadi disiplin dalam memasukkan makanan yang baik ke dalam tubuh.

 

3. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

makan buah sayuran 

Buah-buahan dan sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin dan serat. Selain itu, kandungan kalori yang rendah pada buah dan sayur membuat mereka menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan untuk orang yang berencana menurunkan berat badan. Nutrisi yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran tak hanya dapat bekerja dalam mendukung untuk mengurangi berat badan, namun juga memberikan kondisi yang positif bagi tubuh untk melakukan pembakaran kalori.

 

4. Jangan menyimpan junk food

Selama rencana anda untuk menurunkan berat badan demi memperoleh bentuk tubuh yang ideal ingin anda jalankan, sangatlah penting untuk tidak mengkonsumsi yang namanya junk food apapun jenisnya. Cara terbaik untuk tidak tergiur untuk mengkonsumsi junk food adalah tidak membelinya dan menyimpannya sama sekali. Jika anda menyimpan snack-snack atau makanan ringan di lemari, akan timbul godaan untuk mengkonsumsinya sehingga pada akhirnya akan menstimulasi nafsu makan anda dan membuat anda tidak dapat berhenti makan-makanan snack ini.

 

5. Gunakan piring atau mangkuk yang berukuran kecil

orang jepang makan mangkuk kecil 

Pernahkan anda melihat orang Jepang makan menggunakan mangkuk yang kecil? Berdasarkan studi, orang-orang yang memiliki kebiasaan menggunakan mangkuk kecil seringkali merasa lebih cepat kenyang dengan porsi-porsi makanan yang kecil. Oleh karena itu penggunaan piring ataupun mangkuk yang berukuran kecil ketika makan memiliki efek signifikan dalam membatasi dan mengontrol jumlah makanan yang anda konsumsi saat sedang makan, sehingga dapat membuat proses penurunan berat badan untuk menjadi ideal akan lebih efektif. Tak heran rasanya jarang sekali kita melihat orang obesitas di negara Jepang.

 

6. Banyak minum air putih dapat mengurangi nafsu makan berlebihan

Pastikan anda banyak minum air putih setiap harinya. Banyak minum air putih dapat membantu mengontrol nafsu makan berlebihan. Keunggulan dari banyak minum air putih juga adalah air putih tidak mengandung kalori sehingga tentu saja tidak membuat anda menjadi lebih gemuk. 

Hal positif lainnya dari banyak minum air putih adalah ia dapat memperlancar proses metabolisme tubuh anda serta membantu dalam membuang limbah-limbah yang menumpuk di dalam tubuh. Minum air putih memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan yang anda pikirkan selama ini, tak terkecuali bagi orang-orang yang ingin mengontrol berat badan mereka.

air putih kangen water 

Air putih yang berkualitas tinggi tentu juga akan menjadi sebuah pilihan ekstra yang bagus untuk anda konsumsi setiap hari. Air putih Kangen Water yang diproses melalui teknologi mesin air hidrogen Kangen Water teknologi perusahaan Enagic Jepang menjadikan air putih yang anda minum terasa lebih nikmat dan kaya manfaat karena air tersebut mengandung antioksidan yang tinggi. 

Perbanyakalah konsumsi air putih setiap hari untuk mendukung program anda dalam menjaga bentuk tubuh yang lebih sehat dan ideal.