Jaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Menjadi Asidosis

 asidosis

Sifat asam yang berlebihan di dalam tubuh atau biasa disebut sebagai asidosis, berpotensi menimbulkan kondisi kesehatan yang berbahaya karena ia dapat melemahkan sistem pertahanan atau sistem imunitas tubuh. Kondisi asidosis ini berkebalikan dengan lingkungan tubuh dengan pH seimbang yang menjadikan fungsi-fungsi organ berjalan dengan baik sehingga memiliki ketahanan terhadap penyakit. Tubuh yang sehat mempertahankan cadangan-cadangan alkali yang mencukupi agar dapat digunakan sewaktu-waktu ketika dalam kondisi yang berbahaya. Ketika di dalam tubuh terdapat terlalu banyak kelebihan asam, maka cadangan-cadangan persediaan alkali ini dapat habis dengan cepat sehingga membuat tubuh menjadi lebih lemah dan rentan terkena penyakit.

Sebagian besar orang yang tidak memiliki keseimbangan pH pada tubuhnya cenderung memiliki tubuh yang bersifat asam. Kondisi ini pada akhirnya dapat memaksa tubuh untuk meminjam mineral-mineral alkali seperti kalsium, sodium, potasium dan magnesium, dari organ-organ vital serta tulang untuk membuffer atau menetralsir kelebihan asam tersebut sehingga dapat dibuang keluar tubuh. Dikarenakan tekanan yang berlebihan dari sifat asam ini, tubuh dapat menderita kerusakan akut dalam jangka waktu yang panjang secara berangsur-angsur tanpa kita sadari. 

 

Asidosis tingkat menengah dapat menimbulkan masalah kesehatan tubuh seperti berikut ini:

  • Kerusakan kardiovaskular, termasuk peyempitan pembuluh darah dan berkurangnya asupan oksigen.
  • Naiknya berat badan, obesitas dan diabetes.
  • Masalah pada kandung kemih dan ginjal, termasuk batu ginjal.
  • Melemahnya sistem imun.
  • Perecepatan kerusakan akibat radikal bebas, berpotensi terhadap terjadinya mutasi sel yang bersifat kanker.
  • Penuaan dini.
  • Osteoporosis, tulang rapuh dan mudah retak atau patah maupun terjadinya taji tulang.
  • Sakit pada persendian dan otot, serta penumpukan asam laktat.
  • Mudah lemas, kurang bertenaga dan rasa lelah yang berkepanjangan.

Tubuh manusia menghasilkan asam setiap hari, sepanjang hari sebagai bagian dari sisa hasil metabolisme. Sebagai tambahan, asam masuk ke dalam sistem tubuh melalui makanan dan proses pencernaan. Banyak asam yang disekresikan dan dicerna kemudian dibawa oleh aliran darah, difilter oleh ginjal, kemudian dilepaskan keluar dari tubuh melalui urin. Limbah asam lainnya dikeluarkan dari tubuh melalui perspirasi. Tubuh sendiri mampu untuk menetralisir dan membuang limbah asam ini dalam batas-batas tertentu, namun jika sudah terlalu berlebihan limbah asam yang ada di dalam tubuh akibat pola makan dan pola hidup yang salah, maka tubuh sendiri akan kewalahan sehingga terjadilah kondisi asidosis (asam berlebihan di dalam tubuh).

 

Pola makan zaman sekarang didominasi oleh makanan yang bersifat asam

daging asam

Perhatikan contoh-contoh pola makan modern yang sangat mudah kita temui dimana-mana saat ini. Makanan-makanan jenis ini memiliki sifat asam bagi tubuh.

  • Daging-dagingan, seperti sapi, kambing, dan daging unggas (ayam, bebek).
  • Produk-produk berbahan susu, mentega dan keju.
  • Nasi.
  • Kopi, soda, soft drink, minuman kalengan berpemanis dan berpengawet.
  • Makanan olahan dengan karbohidrat tinggi serta junk food seperti burger, pizza, donat, kentang goreng, roti.

 

Sifat asam berlebihan pada tubuh atau asidosis biasanya berhubungan dengan masalah-masalah berikut:

  • Acid reflux yaitu suatu kondisi yang menganggu dimana cairan asam lambung naik ke kerongkongan mengakibatkan iritasi atau peradangan pada lapisan kerongkongan.
  • Kolesterol tinggi terjadi ketika tubuh memproduksi jumlah kolesterol yang berlebihan untuk menetralsiri sejumlah besar asam di dalam aliran darah sebelum ia merusak sel-sel yang hidup.
  • Penyakit jantung merupakan akibat dari penumpukan kolesterol pada arteri koroner yang mengurangi aliran darah pada otot-otot jantung.
  • Lemak diproduksi oleh tubuh untuk menjebak dan menetralisir limbah asam di dalam tubuh. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Robert O. Young, ahli nutrisi sekaligus penulis buku The pH Miracle for Weight Loss, mengatakan sebagai berikut: "Tubuh mempertahankan lemak sebagai bentuk perlindungan dari produksi berlebihan asam yang berasal dari pola diet zaman modern... lemak tersebut sebetulnya sedang berusaha melindungi nyawa anda."
  • Peradangan atau inflamasi seperti alergi, arthritis atau radang sendi, fibromyalgia, psoriasis dan stroke berhubungan dengan terjadinya asidosis metabolik tingkat rendah.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi ataupun diabetes.

Sebuah studi selama 7 tahun yang dilakukan oleh Universitas California, San Fransisco, Amerika dengan sampel 9000 orang wanita, menyebutkan bahwa wanita yang mengalami asidosis tingkat kronis akan jauh lebih rentan kehilangan kepadatan tulang dibanding wanita yang memiilki level pH yang normal. Ilmuwan yang melakukan eksperimen ini menyakini bahwa banyaknya kasus patah tulang pinggul pada wanita paruh baya berhubungan dengan tingkat asam yang tinggi pada tubuh yang diakibatkan oleh konsumsi makanan berbahan dasar daging secara berlebihan dan kurangnya makan sayur-sayuran. Hal ini menyebabkan tubuh "meminjam" kalsium dari tulang untuk menyeimbangkan pH dan menetralisir sifat asam dari diet tinggi protein tersebut.

diet alkali salad sayur

Menjaga pH tubuh untuk dapat selalu seimbang dengan menjalankan pola makan yang sehat seperti memperbanyak konsumsi sayuran dan buahan serta mengurangi konsumsi daging-dagingan dan dibantu dengan minum air putih yang bersifat alkali setiap hari seperti air putih Kangen Water, dapat membantu menambahkan cadangan mineral-mineral alkali pada tubuh sehingga tubuh dapat tetap sehat dan mencegah terjadinya asidosis alias sifat asam berlebihan.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar Kangen Water dan ingin melakukan pembelian mesin Kangen Water yang original, hubungi kami segera pada kontak yang tersedia, kami siap membantu anda! Kangen Water BSD siap memproses order mesin Kangen Water untuk area BSD Tangerang demikian juga untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia. Chat kami pada nomor WA yang tersedia sekarang juga.

Salam, Mesin Ionisasi Air, Kangen Water Indonesia - Change Your Water, Change Your Life!