Manfaat Mengkonsumsi Makanan Yang Bersifat Alkali

manfaat makanan alkali 

Setiap hari, tubuh kita dikelilingi oleh berbagai jenis makanan yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara positif maupun negatif. Kita sering mendengar tentang makanan yang mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, dan lemak, tetapi bagaimana dengan aspek pH makanan? Seiring dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan, makanan yang bersifat alkali menjadi semakin populer. Artikel ini akan membahas tentang peranan, fungsi, manfaat, serta contoh makanan yang bersifat alkali bagi tubuh kita terutama bagi kesehatan.

 

Apa itu makanan alkali?

Sebelum membahas manfaat dan contoh makanan alkali, kita harus memahami apa itu makanan alkali. Setiap makanan memiliki pH yang berbeda-beda, yang mencerminkan apakah makanan tersebut bersifat asam atau alkali. pH diukur dalam skala 0 hingga 14, di mana 0-6,9 menunjukkan tingkat keasaman dan 7,1-14 menunjukkan tingkat alkalinitas. Sebagai contoh, jeruk memiliki pH sekitar 3,0, yang menunjukkan bahwa jeruk bersifat asam.

Makanan yang bersifat alkali adalah makanan yang memiliki pH lebih dari 7,0. Konsumsi makanan yang bersifat alkali dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu menyeimbangkan pH tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah berbagai penyakit.

 

Peran dan Fungsi Makanan Alkali

Tubuh kita memiliki keseimbangan pH alami yang dipertahankan melalui sistem homeostasis yang kompleks. Keseimbangan pH tubuh yang sehat penting untuk berbagai fungsi tubuh yang optimal, termasuk sirkulasi darah, fungsi saraf, dan metabolisme. Ketidakseimbangan pH tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan sel dan jaringan tubuh, penurunan fungsi organ, dan penurunan kekebalan tubuh.

Konsumsi makanan yang bersifat alkali dapat membantu mempertahankan keseimbangan pH tubuh yang sehat. Makanan alkali membantu menetralkan kelebihan asam dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Makanan alkali juga membantu membentuk mineral yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi, seperti kalsium dan magnesium.

 

Manfaat Makanan Alkali

Konsumsi makanan alkali dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi makanan alkali adalah sebagai berikut:

1. Menyeimbangkan pH tubuh

Konsumsi makanan alkali membantu menyeimbangkan pH tubuh dan mempertahankan kondisi lingkungan internal yang sehat. Hal ini dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan ketidakseimbangan pH tubuh.

 

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Makanan yang bersifat alkali seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian, memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium. Kalsium dan magnesium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi makanan yang bersifat alkali dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis

 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

makan alkali sehat jantung

Konsumsi makanan yang bersifat alkali dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan alkali seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian, kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Makanan alkali juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi.

 

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Makanan alkali dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Makanan yang bersifat alkali seperti sayuran hijau, buah.

 

Iringi mengkonsumsi makanan alkali dengan minuman alkali yaitu Kangen Water

manfaat alkali kangen water air

Menerapkan pola hidup sehat alkali dengan memperbanyak konsumsi buahan dan sayuran akan menjadi lebih lengkap jika kita juga minum air alkali. Kangen Water merupakan air putih yang bersifat alkali yang sangat bagus manfaatnya bagi tubuh kita.

Air alkali Kangen Water dihasilakan melalui mesin Kangen Water teknologi Jepang yang mengubah air biasa menjadi air dengan pH tinggi dengan proses bantuan listrik yang disebut elektrolisis. 

Simak penjelasan lebih lengkap mengenai APA ITU KANGEN WATER?

Jagalah selalu kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan memiliki manfaat baik bagi tubuh kita. Terapkan pola hidup alkali dan anda akan merasakan sendiri kebaikan pola hidup alkali ini bagi tubuh anda. Salam Kangen Water Indonesia.