Bagaimana Cara Membuat Anak Anda Jadi Suka Makanan Sehat?

anak makan sehat 

Mengkonsumsi makanan yang sehat memiliki manfaat bagi anak-anak (maupun orang dewasa) baik secara fisik, psikologi, dan secara mental. Berikut ini beberapa cara untuk membantu anak anda membuat pilihan agar mengkonsumsi makanan yang sehat.

 

Tips Konsumsi Makanan Sehat Bagi Anak-Anak dan Orangtua

1. Atur Ulang Sarapan Pagi

Tak ada hukum atau aturan yang mewajibkan sarapan pagi haruslah dengan sereal dan susu. faktanya, banyak sarapan pagi tradisional kaya akan kandungan gula refinasi yang berkontribusi terhadap obesitas.

Catatan: Gula refinasi adalah gula yang telah mengalami proses kimiawi beberapa kali untuk mengekstrak hanya sari gulanya saja dan membuang hal-hal lain seperti kandungan nutrisinya.

Menemukan keseimbangan nutrisi yang tepat adalah kuncinya. Cobalah bereksperimen dengan makan malam untuk sarapan pagi. Panaskan sisa makanan tadi malam.

Cobalah memberikan sayuran segar dengan telur orak-arik dan sosis. Campurkan berbagai variasi makanan untuk membuat anak anda tertarik dan mengajarkan mereka untuk menikmati berbagai variasi makanan.

 

2. Jangan Melarang Junk Food

Hamburger, kentang goreng, dan es krim merupakan beberapa jenis makanan enak (meskipun tidak bisa dikatakan sehat) yang membuat orangtua yang peduli pada kesehatan membuat anak-anak menjauh darinya. Namun, menganggap bahwa junk food adalah "monster," mungkin saja dapat membawa kepada hasil yang tidak diinginkan.

Baik anak-anak (maupun orang dewasa), selalu tertarik terhadap hal-hal yang dilarang dan pasti akan menemukan cara untuk makan makanan junk food ketika orangtua mereka tidak melihatnya. Mengajak anak anda untuk sesekali makan pizza atau es krim dapat membantu memuaskan rasa penasaran mereka dan membatasi konsumsi makanan manis dan berlemak secara keseluruhan.

Selama anda memimpin dengan memberikan contoh dan tetap konsisten dengan kebiasaan konsumsi makanan sehat di sebagian besar waktu, anda akan menjaga anak-anak untuk tetap berada di jalur yang benar.

 

3. Menyiapkan makanan bersama-sama

anak memasak 

Menyiapkan makanan bersama-sama merupakan cara yang bagus dalam membuat anak-anak tertarik terhadap makanan dan menjadi perhatian terhadap apa yang mereka makan.

Melibatkan anak anda dalam menyiapkan tumpukan sandwich dengan berbagai variasi isi ataupun meminta pendapat mereka dalam merencanakan apa yang akan dimasak untuk makan malam dan meminta mereka membantu di dapur merupakan salah satu cara yang dapat menarik bagi anak-anak. Bahkan anak TK pun dapat diajarkan untuk memasukkan bahan-bahan sayuran untuk dibuat menjadi salad.

Saat anak anda mulai beranjak dewasa, biarkan mereka bereksperimen dengan berbagai jenis bahan dan metode memasak yang berbeda-beda.

Peralatan memasak yang baik seperti slow cooker dan air fryer dapat mengubah bahan-bahan yang sederhana menjadi makanan yang enak dan bernutrisi. Anda juga dapat mencoba menyiapkan makanan ala buffet, memberikan anak-anak anda kebebasan untuk menyiapkan makanan di piring mereka sendiri tanpa tekanan.

 

4. Siapkan cocolan dan saus

anak makan cocolan saus 

Jarang-jarang ada anak-anak yang suka diajak makan brokoli. Namun dengan pendekatan yang benar, hampir semua makanan dapat menjadi sesuatu yang diinginkan. 

Salah satu cara dan pendekatan yang baik adalah membuat cocolan untuk anak anda menikmati makanan mereka. Hal ini tak hanya akan mengubah rasa makanan yang tawar namun juga membuatnya terasa lebih lembut dan lebih mudah dicemil.

Cocolan biasanya cocok dengan jenis sayuran yang kriuk seperti seledri dan baby carrots (wortel bayi), dan menggunakan cocolan dari yogurt dan saus apel umumnya cocok terhadap hampir semua makanan kering. Anak-anak tetaplah anak-anak, jadi jangan menceramahi mereka ketika mereka mencocol potongan buah apel ke saus kecap. Biarkan mereka menikmatinya dengan cara mereka sendiri.

Selain itu rebusan dan sup juga merupakan cara yang baik dalam menyelipkan sayuran bersama dengan bahan-bahan lain yang anak-anak anda sukai.

 

5. Coba digoreng

Menggoreng makanan dapat membuat hampir segala jenis makanan menjadi enak.

Bereksperimenlah dengan nasi goreng gandum utuh, fillet ikan goreng, zucchini goreng, dan kentang goreng. Gunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun untuk menambahkan cita rasa dan lemak esensial ke dalam makanan anak-anak anda.

 

6. Coba dibekukan

Bekukan buah-buahan dan yogurt menjadi es potong yang enak untuk dimakan di siang hari yang terik. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan smoothies, atau coba lakukan hal yang sederhana dengan menyajikan buah-buahan beku yang langsung dibeli di toko buah.

Faktanya dikarenakan buah-buahan beku dipak dan dibekukan pada titik saat panen, seringkali mereka mengandung lebih banyak nutrisi jika dibandingkan buah-buahan yang dipajang di rak. Buahan beku seperti peach, mangga, nanas dan berries, umumnya kaya akan cita rasa dan vitamin C.

 

7. Ubah makanan menjadi karya seni

karya seni makanan 

Anak-anak suka menggunakan imajinasi mereka. Brokoli dapat dijadikan pohon kecil, wortel yang dipotong zigzag dapat menjadi petir, dan daging ayam dapat dibentuk menjadi apapun yang bisa diimajinasikan. 

Memberikan berbagai variasi warna tak hanya sehat namun juga menyenangkan untuk dilihat. Ceritakalah sebuah kisah tentang makanan tersebut. Misalnya kismis dapat diumpamakan sebagai prajurit kecil yang menjaga harta karun dalam bentuk telur rebus. Jadilah kreatif dan doronglah anak anda untuk mendesain makanan mereka sendiri yang dapat dipamerkan.

 

8. Jadilah fleksibel

Jika ada satu hal yang tidak disukai anak-anak (ataupun orang dewasa), adalah memaksa mereka melakukan suatu hal yang tidak mereka sukai.

Untuk beberapa anak, hal ini bisa jadi seperti memaksa mereka memakan suatu makanan tertentu, memaksa mereka menghabiskan seluruh makanan di piring mereka, atau memaksa mereka makan ketika mereka tidak lapar.

Menjadi fleksibel dan adaptif merupakan kunci untuk membuat anak-anak makan makanan yang sehat. Jika mereka tidak suka paprika dan wortel, mereka mungkin suka kacang hijau dan ubi jalar. Jika sandwich atau ikan goreng terasa membosankan, cobalah daging ayam atau taco daging giling.

Sama seperti tak ada hukum yang mengatur mengenai sarapan pagi, demikian juga tak ada aturan yang membatasi makan sebanyak 3 kali sehari. Beberapa anak ada yang senang dengan makan sebanyak 4 kali atau mengkonsumsi snack-snack kecil di sepanjang hari..

Bekerjalah bersama anak anda untuk menemukan apa, kapan, dan bagaimana mereka mau makan dan kembangkanlah kebiasaan yang sehat dari sana.

 

9. Menjadi aktif

Kebiasan makan yang tidak sehat dan pola hidup yang jarang menggerakan tubuh biasanya seringkali menjadi kombinasi yang seringkali dilakukan orang. Sebaliknya, anak-anak yang aktif cenderung untuk makan lebih sehat. Dan itu merupakan suatu hal yang alamiah. 

Setelah menghabiskan banyak energi, tubuh butuh untuk konsumsi protein, vitamin dan mineral. Entah apakah itu bermain dengan anjing di belakang rumah ataupun mendaftarkan anak anda untuk mengikuti kegiatan olahraga, membakar kalori memberikan kelonggaran untuk apa yang anak anda makan dan mendukung dalam pola hidup yang sehat secara keseluruhan.

 

Demikianlah tips untuk membuat anak anda agar dapat membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan lupa untuk turut memberi mereka air minum yang berkualitas tinggi setiap hari. Air putih Kangen Water yang dihasilkan dari mesin Kangen Water Leveluk JRIV dapat menjadi pilihan agar air putih sehat ini diberikan untuk menyertai anak-anak anda dalam mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari.