Tips Mencegah Bau Mulut

tips mencegah menghlilangkan bau mulut 

Mungkin saja anda ingin melewatkan membaca artikel ini karena anda tidak memiliki masalah dengan bau mulut. Namun bagaimana jikalau *sambil bebisik* anda memilikinya?

Banyak orang yang memiliki masalah dengan bau mulut bahkan sama sekali tidak menyadari kalau mereka memiliki problem ini. Lagipula, berapa banyak anda mengatakan kepada seseorang bahwa bau nafas mereka... sedikit terlalu kuat?

Ada beberapa gaya hidup dan kondisi-kondisi lainnya ayng dapat mengakibatkan halitosis, yaitu bau mulut dalam istilah medis. Bau mulut atau halitosis ini terjadi pada sekitar 25% orang, yang umumnya ada dalam kategori berikut:

  • Perokok
  • Orang yang memiliki tingkat kebersihan oral yang buruk
  • Orang yang mengkonsumsi obat-obatan
  • Orang yang memiliki masalah atau penyakit gusi dan gigi
  • Orang yang melakukan diet ekstrim dengan asupan kalori yang sangat rendah
  • Mulut kering
  • Konsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang beraroma kuat

Bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan bau mulut ini, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan secara rutin agar dapat mengurangi masalah bau mulut anda, yaitu sebagai berikut:

1. Rajin menyikat gigi

sikat gigi mencegah bau mulut

Anda harus rajin menggosok gigi, paling minimal 2x sehari. Pastikan membeli sikat gigi yang baru jika sikat gigi lama anda sudah usang. Menggunakan sikat gigi yang bagus dapat mencegah terjadinya kerusakan gusi saat menggosok gigi.

2. Lakukan dental floss pada sela-sela gigi

Pastikan anda membuang semua sisa-sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi anda untuk mencegah bakteri berkembangbiak.

3. Kunjungi dokter gigi secara rutin untuk pemeriksaan gigi anda

Mengunjungi dokter gigi secara regular dapat memantau kesehatan gigi dan mulut anda. Bicaralah dengan dokter gigi terhadap masalah-masalah kesehatan yang berkenaan dengan gigi dan gusi yang anda alami agar dokter gigi dapat membantu memberikan solusinya.

4. Sikat lidah anda

sikat lidah mencegah bau mulut

Tahukah anda, putih-putih pada permukaan lidah yang menumpuk seringkali merupakan biang keladi penyebab bau mulut? Belilah alat pembersih lidah atau sikat lidah, dan gunakan alat ini setelah anda selesai menggosok gigi. Sikatlah lidah anda dari ujung bagian dalam keluar selama beberapa kali untuk mengangkat semua residu putih-putih pada permukaan lidah penyebab bau mulut tersebut.

5. Jika anda merokok, berhentilah

Beberapa hal dapat meningkatkan kesehatan mulut dan nafas anda misalnya menghentikan kebiasaan merokok. Makan permen mint setelah merokok tidaklah membantu sama sekali. Hentikan kebiasaan merokok jika anda peduli pada kesehatan mulut, nafas, dan tentu saja kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Minum banyak air putih

Ini juga merupakan salah satu hal yang penting. Minumlah air putih dalam jumlah yang mencukupi setiap harinya untuk mencegah mulut menjadi kering, dimana mulut kering juga dapat menyebabkan nafas menjadi bau. Selain itu air putih juga dapat membantu mendorong sisa-sisa makanan yang kerap menyempil di sela-sela gigi. Minum air putih yang berkualitas baik seperti Kangen Water tentu saja manfaatnya sangat bagus bagi tubuh anda secara keseluruhan.

7. Berkumurlah sehabis makan

kumur kumur mencegah bau mulut

Kumur-kumur sehabis makan juga sangat baik untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut anda. Jika anda memiliki mesin Kangen Water di rumah, anda dapat berkumur menggunakan air Strong Acidic pH 2.5 untuk membantu membunuh kuman dan bakteri di mulut.