Tutorial Cara Mengganti Selang Water Supply Mesin Kangen Water yang Sudah Usang

Jika anda memiliki mesin Kangen Water yang telah anda pakai bertahun-tahun lamanya, ada kalanya anda melihat bahwa selang water supply (white water supply hose) atau selang tempat masuknya air bahan baku sudah terlihat kotor, usang dan lengket. Tenang saja, selang water supply tersebut bisa diganti yang baru. Anda hanya perlu memesan selang water supply yang baru untuk menggantikannya dengan selang water supply yang sudah usang tersebut.

Setelah anda membeli selang water supply yang baru, berikut ini kami berikan petunjuk langkah demi langkah cara mengganti selang water supply mesin Kangen Water anda. Disarankan bagi anda untuk membaca tutorial ini secara keseluruhan terlebih dahulu sebelum menerapkan penggantian selang water supplynya.

1. Langkah Pertama - Siapkan Mesin Kangen Water Anda

water supply selang kangen water

Siapkan mesin Kangen Water anda dan taruh di meja. Kita akan segera mencopot selang water supply yang sudah usang ini dan menggantinya dengan yang baru (pastikan selang water supply yang baru sudah anda beli).

 

2. Langkah Kedua - Cabut Tangki Electrolysis Enhancer Terlebih Dahulu

cabut tangki electrolyisis enhancer kangen water

Sebelum mengganti selang water supply, dikarenakan kita akan membalikkan mesin Kangen Water kita nantinya, kita butuh untuk TERLEBIH DAHULU mencabut tangki electrolysis enhancer yang ada di samping kanan mesin Kangen Water. Jika tangki electrolysis enhancer anda (yang berisi cairan garam) ini penuh terisi, melepaskannya akan menghindari cairan garam ini tumpah ketika kita akan membalikkan mesin nantinya. Taruh tangki electrolysis enhancer ini di tempat yang aman untuk sementara waktu, lalu tutup kembali cover penutup tangki tersebut.

 

3. Langkah Ketiga - Balikkan Mesin Kangen Water

balikkan mesin kangen water

Kita akan mencabut sekrup selang water supply. Untuk memudahkan proses pencabutannya, balikkan mesin Kangen Water anda. Putar soket sekrup selang water supply berlawanan arah jarum jam dan selang water supply beserta soketnya pun akan terlepas dari mesin Kangen Water (Catatan: Perhatikan langkah berikutnya sehubungan "Bola Kecil").

 

4. Langkah Keempat - Perhatikan Bola Kecil

bola kecil mesin kangen water

Ketika kita mencabut selang water supply, di dalam lubang tempat masuknya selang water supply tersebut ada bola kecil yang jika kita tidak hati-hati bisa jatuh keluar dan menggelinding. Jika bola kecil ini ikut keluar dari lubang tersebut, pastikan untuk dimasukkan lagi ke dalamnya. 

 

5. Langkah Kelima - Gunakan Tang Untuk Mengendurkan Ring Pengunci

ring pengunci selang water supply

Selanjutnya kita mau melepaskan selang yang sudah usang tersebut dari soket sekrupnya. Pertama-tama kita gunakan tang untuk membantu mengendurkan ring pengunci dan menurunkan ring pengunci tersebut ke bagian bawah selang.

 

6. Langkah Keenam - Iris Ujung Selang Dengan Pisau

iris pisau

 

Selanjutnya gunakan pisau dan iriskan selang perlahan-lahan sampai selangnya terbelah dua agar kita bisa melepaskan selang yang usang tersebut dari soketnya (harap hati-hati pada bagian ini agar soketnya tidak patah). Ambil soket sekrup serta ring penguncinya yang nanti akan kita masukkan ke selang yang baru.

 

7. Langkah Ketujuh - Siapkan Selang Water Supply Yang Baru, Pasang Soket dan Ring Penguncinya  

soket pengunci  

Pada selang water supply yang baru, pertama-tama masukkan terlebih dahulu ring pengunci ke dalam selang yang baru, selanjutnya masukkan soket ke ujung selang yang baru, pastikan anda memasukkan selang ke soketnya dengan cukup dalam, kemudian gunakan bantuan tang untuk membantu menguncinya dengan ring pengunci di bagian ujung selang tersebut (lihat gambar).

 

8. Langkah Kedelapan - Pasang Kembali Soket Selang Water Supply ke Mesin Kangen Water

pasang soket mesin kangen water

Setelah selang diganti yang baru, anda tinggal memasukkan lagi soket tersebut ke mesin Kangen Water. Putar searah jarum jam untuk mengencangkan sekrupnya. Dan kini proses penggantian selang usang dengan selang baru sudah selesai.

 

9. Langkah Kesembilan - Pasang Kembali Tangki Electrolysis Enhancer dan Selesai

pasang tangki enhancer

Setelah selesai memasang selang yang baru, langkah terakhir anda tinggal mengembalikan tangki electrolysis enhancer ke tempatnya semula. Jika itu sudah dilakukan maka tutorial penggantian selang water supply (selang air bahan baku) selesai. 

 

Demikianlah tutorial ini, semoga membantu anda dalam melakukan penggantian selang water supply dengan cara yang benar. Salam Mesin Ionisasi Kangen Water Enagic Indonesia.

Tutorial written by: Dikky, Kangen Water Indonesia.