Pengetahuan Umum Mengenai Mesin Kangen Water Anda

Selamat anda telah memiliki sebuah mesin ionisasi penghasil air alkali TERBAIK di seluruh dunia. Tak ada perusahaan lain yang dapat menyamai kehebatan, kekuatan, ketahanan dan kecanggihan teknologi Enagic dengan Mesin Kangen Water yang telah diakui oleh banyak dokter dan para ahli, serta telah mendapatkan berbagai macam sertifikat penghargaan terhadap standar mutu kualitas tertinggi Mesin Ionsiasi Air dari berbagai lembaga nonprofit dunia.

mesin kangen water leveluk sd501

Berikut ini kami akan memberikan beberapa panduan kepada anda yang telah membeli Mesin Kangen Water (LeveLuk) baik itu tipe SD501, SD501 Platinum, JRII, Kangen8, ataupun Super501 melalui kami di situs Kangen Water kami. 

 

Mari mulai dengan tips mengenai cara memasang Mesin Kangen Water anda:

Saat unit mesin anda tiba, terdapat DVD yang disertakan yang menunjukkan mengenai cara pemasangan mesin Kangen Water maupun cara memasang Diverter sesuai jenis keran air anda. (Anda juga bisa membaca artikel di blog kami mengenai tutorial langkah demi langkah pemasangan mesin kangen water melalui video yang telah kami upload di youtube, dan jika anda berdomisili di Jakarta, kami akan membantu proses instalasi pemasangan mesin Kangen Water di rumah anda secara gratis jika anda membeli Mesin Kangen Water melalui kami, untuk daerah di luar Jakarta atau luar pulau, kami akan membimbing anda mengenai proses pemasangan sampai mesin bisa digunakan, serta kami juga akan membagikan pengetahuan-pengetahuan berharga yang kami miliki agar anda mendapatkan manfaat dari Kangen Water secara maksimal).

Dalam DVD yang disertakan saat pembelian mesin kangen water juga ditunjukkan tips-tips kecil seperti mengenai cara menekan tombol reset mesin kangen water yang terdapat di balik filter kompartemen sebelum anda menggunakannya untuk pertama kali.

 

1) Terkadang, saat anda pertamakali menerima mesin kangen water anda, akan ada air yang keluar dari dalam pipa mesin kangen water. Hal ini normal karena Perusahaan Enagic Jepang sebagai produsen mesin kangen water melakukan test secara menyeluruh terhadap setiap mesin yang mereka produksi sebelum dikirimkan, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap mesin dapat berfungsi dengan baik.

 

2) Terkadang, rangkaian set default Adapter Keran yang disertakan tidak pas dengan jenis keran yang ada di rumah anda. Jika memang hal ini yang terjadi, anda dapat mengatasinya dengan mengunjungi toko peralatan pipa terdekat di tempat anda, dan mengganti kepala keran tersebut dengan jenis yang sesuai untuk adapter keran kangen water. Anda juga bisa menggunakan alat tambahan berupa Pompa Elektrik yang bisa dibeli dari pihak ketiga bernama "Flojet" jika anda menggunakan galon mineral sebagai sumber air bahan baku kangen water anda.

 

3) Setelah selesai menginstall mesin kangen water anda, pastikan untuk mengalirkan air ke dalam mesin tanpa menghidupkan tombol power dahulu. Alirkan air selama beberapa saat sampai terlihat bahwa air tersebut sudah mengalir keluar melalui pipa fleksibel (pipa atas) mesin kangen water.

 

4) Pastikan selang/pipa bawah (pipa berwarna abu-abu dengan label stiker berwarna orange bertuliskan strong acidic) mengarah ke bawah, dan pastikan selang tersebut tidak tertekuk atau terlipat. Hal ini untuk memastikan bahwa mekanisme pengeringan otomatis dari unit mesin kangen water anda akan beroperasi setiap kali anda selesai menggunakan mesin kangen water, tujuan hal ini adalah untuk mencegah kontaminasi bakteri dan kerusakan bagian dalam mesin.

 

5) Jika anda menemukan bahwa panjang selang anda terlalu pendek atau tidak sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat membeli selang alternatif di Enagic. Sebagai contoh jika anda membutuhkan pipa fleksibel yang lebih panjang atau pipa bawah yang lebih pendek. Selang/pipa dari Enagic memiliki teknologi spesial antibakteri yang membuatnya berbeda dari selang/pipa yang ada di pasaran.

 

6) Untuk menghasilkan air dengan pH 2.5 dan pH 11.5, anda terlebih dahulu harus mengisi "Enhancer Tank" (yang terdapat di sebelah kanan mesin) dengan cairan Elektrolisis Enhancer. Cairan Elektrolisis Enhancer merupakan larutan garam dan dapat merusak mesin dan mengkorosi pelat bagian dalam mesin jika cairan tersebut tumpah ke dalam mesin.

Jika anda bermaksud untuk mentransport / membawa mesin ke tempat lain, anda harus telebih dahulu mengeluarkan Enhancer Tank untuk mencegah hal tersebut di atas.

Terkadang saat anda pertamakali menggunakan tank elektrolisis enhancer saat membuat Strong Acidic Water, mesin kangen water akan mengeluarkan notifikasi "Refill Specified Solution" meskipun anda telah mengisinya dengan cairan elektrolisis tersebut. Jika hal ini terjadi, jalankan airnya dan diamkan selama beberapa saat sampai notifikasi ini ter-cancel dengan sendirinya. Jika hal ini berlangsung selama lebih dari 30 detik, kurangi kecepatan aliran air yang masuk ke dalam mesin.

Silinder yang terdapat di atas Tank Elektrolisis Enhancer (Electrolysis Enhancer Tank) merupakan Calcium Adding Cylinder. Fitur ini digunakan hanya di daerah dimana kandungan mineral di dalam air tidak mencukupi untuk menghasilkan elektrolisis. Silinder ini harus tetap dalam posisi "Closed" atau terkunci, karena jika posisinya "Open" atau terbuka, dapat menimbulkan kebocoran dari sisi sebelah kanan unit.

 

7) Untuk menggunakan prefilter, Enagic menjual tambahan prefilter yang dijual terpisah. (Anda dapat membaca mengenai 3 jenis prefilter pada artikel yang kami tulis). Penggunaan prefilter jika sumber air anda merupakan Hard Water (air yang bersifat keras), air yang memiliki kandungan mineral berlebih, air yang memiliki kandungan klorin yang tinggi dll.

Filter bagian dalam mesin biasanya diganti selama 1 tahun sekali (atau selama 6 bulan sekali jika kualitas sumber air anda sangat-sangat tidak baik). Ada notifikasi otomatis dari mesin kangen water jika saatnya filter bagian dalam perlu diganti dengan notifikasi yang berbunyi "Replace Filter".

Pastikan saat anda mengganti filter kangen water, dua buah cincin karet hitam (disebut "Ring O") tetap menempel pada bagian bawah masing-masing filter. Jika anda tidak sengaja menumpuknya menjadi 2 ataupun ada Ring O yang terlepas, maka dapat mengakibatkan kebocoran air. Setelah mengganti filter, tekan tombol Reset di bagian dalam kompartemen.

Apakah anda memiliki sistem filtrasi Reverse Osmosis ataupun sumber air bahan baku anda adalah air tanah atau air sumur?

Semua jenis mesin ionisasi air tidak cocok untuk digunakan jika sumber air bahan bakunya adalah air Reverse Osmosis ataupun air tanah / air sumur.

Reverse Osmosis (RO) adalah proses yang membuang segala jenis mineral apapun dari dalam air, termasuk mineral-mineral yang sehat, sehingga menjadikan air tersebut sebagai air yang mati. Proses ionisasi air pada mesin ionisasi air kangen water membutuhkan mineral untuk mengubah air biasa menjadi air alkali, karena itulah air RO samasekali tidak bisa digunakan sebagai bahan baku Kangen Water.

Adapun mengenai air tanah atau air sumur, sifat air tersebut sangatlah asam dan mengandung gas Karbon asam (carbon acidic gas). Sehingga air tanah atau air sumur tidak disarankan untuk digunakan sebagai sumber air bahan baku Kangen Water. Jika anda tetap menggunakan air tanah tersebut, saat mengubah airnya ke pH yang bersifat alkali (pH 8.5, 9.0 atau 9.5 dan diatasnya), saat ditest menggunakan pH tester, air tersebut akan tetap bersifat asam (berwarna kuning saat ditetesi pH tester) atau paling maksimal akan menjadi ber pH normal (pH 7.0) dan tidak bisa menjadi air ber pH alkali seperti yang kita inginkan. (catatan: air yang bersifat alkali jika ditest dengan pH tester akan berubah menjadi warna biru sampai ke warna ungu).

Jadi jika anda tidak yakin terhadap kualitas air yang akan anda gunakan sebagai bahan baku, kami sarankan agar anda membeli air mineral galon yang banyak dijual di toko-toko (seperti merk Aqua atau Vit) karena air tersebut sudah terstandarisasi sebagai air bahan baku yang bisa diproses di mesin kangen water, yaitu air mineral dan memiliki pH normal (pH 7.0).

 

8) Semua tipe Mesin Kangen Water memiliki tampilan digital dan memiliki fitur suara (kecuali tipe JRII yang tidak memiliki fitur suara). Anda dapat menyetel volume suara dengan cara menahan tombol "Kangen" selama sekitar 3 detik saat mesin dalam keadaan Off sampai jendela display memberikan anda pilihan untuk menyetel tingkat kekencangan suara.

  

Tips untuk diingat saat mengoperasikan mesin kangen water anda:

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali settingan mesin kangen water anda. Cek buklet yang disertakan saat pembelian mesin yang berjudul "The Advantages to Using Electrolytic Water" (Manfaat menggunakan air yang dielektrolisis).


1) Setiap pagi anda menggunakan mesin untuk pertama kalinya di hari itu, jalankan tombol Beauty Water (pH 6.0) selama 2 menit, setelah itu jalankan kembali setting ke Kangen Water. Hal ini untuk sedikit membersihkan bagian dalam mesin dan menjaga air tetap murni setelah dibiarkan semalaman.

 

2) Mesin kangen water memiliki siklus pembersihan otomatis. Siklus ini terjadi otomatis dengan beberapa kondisi sbb: terjadi setelah 56 liter air kangen water yang keluar (atau setara dengan 3 galon air mineral berukuran 19 liter); atau terjadi setelah 15 menit produksi air nonstop; atau terjadi setelah setiap kali anda selesai memproduksi Strong Acidic Water (pH 2.5). Mesin Kangen Water anda akan mengeluarkan notifikasi yang berbunyi "Notice Cleaning" dan yang harus anda lakukan hanyalah membiarkan air pada saat notice cleaning ini mengalir keluar (air notice cleaning anda buang saja alias TIDAK untuk diminum). Lamanya notice cleaning ini berlangsung sekitar 30 detik. Sistem pembersihan otomatis Notice Cleaning ini berbeda dengan sistem pembersihan intensif seperti Prosedur E-cleaner ataupun Deep Cleaning.


3) Setiap kali mesin berbunyi "beep-beep" saat anda memproduksi air, itu tandanya settingan air yang diproduksi tersebut adalah BUKAN air untuk diminum. Bunyi "beep-beep" ini terjadi jika anda memproduksi Beauty Water (pH 6.0), Strong Acidic Water (pH 2.5) ataupun terjadi saat NOTICE CLEANING berlangsung.

 

4) Mesin Enagic Kangen Water didesain hanya untuk air bersuhu biasa. Jangan biarkan air bersuhu panas MASUK ke dalam mesin. Jika anda melakukan hal itu, mesin akan segera memberikan peringatan otomatis agar anda segera mematikan sumber air panas tersebut agar tidak merusak bagian dalam mesin. Kerusakan yang terjadi jika ada air panas yang masuk ke dalam mesin yaitu pada High Grade Filter, tergantung lamanya filter tersebut terekspos terhadap air panas tadi.

Jika anda ingin air kangen water yang bersuhu panas/hangat, anda bisa memanaskan air kangen water yang telah selesai anda produksi (anda bisa menggunakan air kangen water untuk minum teh, kopi atupun untuk memasak). Anda juga bisa membuat es batu dari air kangen water tersebut. Saat dipanaskan, ORP dan pH kangen water akan berubah sementara saat didinginkan ORP akan berubah sedangkan pH akan tetap sama.

 

5) Sesekali test kondisi hasil pH air anda menggunakan pH tester yang disertakan saat pembelian mesin. Anda dapat menyetel pH dengan menyetel kecepatan aliran air yang masuk ke dalam mesin. Semakin pelan aliran airnya, semakin tinggi tingkat pH dan ORP nya. Setting tertentu pada mesin kangen water membutuhkan aliran air yang pelan, seperti pada Acidic Water. Jika aliran air yang masuk ke dalam mesin kangen water terlalu cepat, mesin akan memberikan peringatan berbunyi "Overflow" dan yang harus anda lakukan adalah memelankan aliran air yang masuk ke dalam mesin. Hal ini terjadi untuk memastikan bahwa proses ionsasi memiliki kesempatan untuk bekerja secara efisien.

 

Jaga mesin kangen water anda agar selalu terawat!

Perawatan mesin Kangen Water anda sangat penting untuk dilakukan agar masa pakai mesin bisa berlangsung lama (15 tahun). Saat pembelian mesin, telah disertakan E-cleaner Cleaning Cartridge (alat untuk membersihkan mesin, yang disebut juga CPU-N "Cleaning Powder Unit-New") yang berukuran 1/4 dari ukuran internal filter, dan digunakan pada lokasi yang sama dengan internal filter. 1-2 minggu sekali, lakukan prosedur e-cleaning ini dengan mengikuti instruksi yang tertulis pada kotak Cartridge tersebut (atau anda juga bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti yang telah kami tuliskan di artikel web kami ini). Semakin banyak dan sering anda memproduksi air, semakin sering pula anda harus melakukan perawatan pembersihan mesin kangen water anda.

Jika anda merasa aliran air pada pipa atas (pipa fleksible) agak tersendat, sudah saatnya anda menggunakan prosedur E-Cleaner ini. Kami juga menyarankan agar anda meninggalkan mesin semalaman saat proses ini berlangsung untuk hasil yang maksimal.

Enagic menyediakan jasa pembersihan mesin secara menyeluruh dimana mesin diperiksa, dibersihkan secara profesional oleh tenaga ahli Enagic Kangen Water. Metode pembersihan menyeluruh ini dinamakan Deep Cleaning (ada jasa service yang harus anda bayarkan untuk ini yaitu sekitar Rp 500.000). Prosedur Deep Cleaning ini dapat membantu membuang Kalsium berlebih yang menumpuk pada pelat-pelat bagian dalam mesin, dan pertanda terjadi penumpukan kalsium berlebih tersebut adalah aliran air pada pipa fleksibel (pipa atas) menjadi lebih lambat daripada biasanya.


Demikianlah artikel mengenai panduan kepada anda yang telah membeli mesin Kangen Water. Banyak artikel-artikel lain yang telah kami tulis mengenai berbagai hal tentang mesin Kangen Water, silakan anda browsing situs kami untuk menambah pengetahuan anda.  Jika anda memiliki pertanyaan ataupun jika anda belum memiliki Mesin Kangen Water dan ingin membelinya melalui kami, anda bisa menghubungi kami melalui nomor kontak yang tersedia.